Trending
Rabu, 18 Juli 2018

Wahyu Ichwandardi, Animator yang Terus Banggakan Indonesia

  • Share

Urbaners, meski profesi animator kurang begitu dilirik di Indonesia, Wahyu Ichwandardi yang juga akrab disapa Pinot ini membuktikan diri kalau profesi tersebut cukup menjanjikan karir yang cemerlang. Terbukti beberapa waktu lalu pria berusia 46 tahun ini sukses remake trailer Star Wars: The Last Jedi ke versi piksel dan berlanjut dengan karya terbarunya pada video animasi klip lagu berjudul This is America yang dinyanyikan Donald Glover. Penasaran seperti apa?

 

Sempat terhalang keterbatasan modal

Jauh sebelum sukses seperti sekarang ini, Pinot sama seperti lo yang juga terkadang ingin berkarya tapi terhalang keterbatasan modal. Pinot sempat membuat remake untuk trailer Star Wars: A New Hope, tapi pria yang sekarang berdomisili di New York ini nggak punya modal buat beli komputer dan alat gambar mahal jadi proyek itu pun terpaksa dihentikan. Bahkan, komputer Apple IIc keluaran 1984 miliknya dibeli di sebuah pasar loak Kuwait.

 

Dibuat dengan komputer kuno

Siapa bilang kalau video animasi kekinian harus dibuat dengan peralatan serba canggih? Pinot mengakui bahkan untuk pembuatan video animasi klip This is America ia justru menggunakan komputer Apple lawas. Alat gambar yang digunakan hanya berupa Macintosh 128K + MacPaint dan animasi Macintosh SE + MacroMind VideoWork, kedua perlatan itu terhubung dengan LocalTalk. Jadi, nggak harus mahal buat menghasilkan karya hebat kan?

 

Garap video klip populer

Urbaners, This is America merupakan salah satu lagu yang cukup populer di tahun ini. Video klip asli lagu tersebut memiliki tarian yang unik dan menarik. Sejak diunggah pada Mei 2018, video tersebut sudah ditonton lebih dari 300 juta orang. Video animasi garapan Pinot ini sengaja dibuat mirip aslinya, mulai urutan koreografi hingga ekspresi penyanyinya, Glover, hampir identik. Pembuatannya sendiri berlangsung di sebuah kantor agensi digital bernama Grape Story.

 

Jadi konten kreator di Netflix

Nggak berhenti hanya dengan dua karya animasi yang memukau, berkat bakatnya yang begitu mengagumkan Pinot juga diajak bergabung sebagai konten kreator di Netflix. Proyek iseng Star Wars membawa nama Wahyu Ichwandardi dikenal dunia sehingga animator berkebangsaan Indonesia itu bisa terjun secara langsung membuat konten kreatif serial Stranger Things pada saluran Netflix.

 

Urbaners, cerita sukses animator asal Indonesia seperti Wahyu Ichwandardi ini semoga bisa menginspirasi lo semua ya!

 

Source: mashable.com

Comments

Yay keren abizz
Mantap kereeennnn