Trending

Fear from Female: Film-film mencekam yang disutradarai Wanita

Buang jauh anggapan bahwa wanita adalah makhluk lemah yang perlu dilindungi saat nonton film horor. Well, mungkin nggak semua wanita adalah seorang pemberani, tapi setidaknya 4 wanita ini telah membuktikan bahwa bukan cuma pria saja yang bisa bikin film ber-genre horor. Ini dia film-filmnya:

1. Freddy’s Dead: The Final Nightmare (1991)

Penyuka film horror klasik pasti nggak akan lupa dengan Freddy Krueger, sosok jahat dengan luka bakar di seluruh wajah ini menjadi ikon horor ternama setelah debutnya pada film A Nightmare on Elm Street. Freddy’s Dead: The Final Nightmare adalah salah satu judul yang seharusnya menjadi film terakhir untuk Freddy Krueger. Uniknya, The Final Nightmare malah mendulang sukses sehingga teror makhluk bertangan gunting ini kembali diperpanjang. Sosok di balik film yang dirilis tahun 1991 ini adalah Rachel Talalay, sutradara wanita asal Amerika yang juga menyutradarai Ghost in the machine (1993) dan The Wind in the Willows (2006).

2. Soulmate (2013)

Soulmate adalah film misteri bertema gothic yang ditulis dan disutradarai oleh Axelle Carolyn. Film ini bercerita tentang seorang janda yang mengasingkan diri ke rumah berhantu setelah depresi karena kematian suaminya. Axelle Carolyn sang sutradara adalah penggemar berat film horor yang berdarah-darah, tapi film horor besutannya ini justru malah menyajikan drama supranatural yang gelap sekaligus. Soulmate juga banyak menampilkan adegan-adegan percobaan bunuh diri yang membuat film ini dilarang beredar di Inggris.

3. The Countess (2009)

The Countess adalah film tentang Countess Bathory, istri bangsawan Hungaria di abad ke-17 yang punya ritual mistis untuk menjaga kecantikannya, yaitu dengan cara mandi darah wanita. Kisah horror gothic yang penuh dengan drama ini disutradarai oleh Julie Delpy, seorang aktris kelahiran Paris yang sebelumnya bermain dalam film drama romantis Before Sunset. Di film The Countess ini, Julie juga memainkan tokoh utama yaitu Countess Erzsébet Báthory sendiri.

4. Pathogen (2006)

Pathogen sebenarnya bukan film layar lebar, melainkan sebuah film indie yang dibuat oleh Emily Hagins pada tahun 2006. Pathogen bercerita tentang umat manusia yang menjadi zombie setelah terinfeksi bakteri pada air minum. Tidak ada yang spesial dari film ini, benar-benar film indie dengan kualitas gambar dan efek yang seadanya. Uniknya, film ini ditulis dan disutradarai sepenuhnya oleh Emily Hagins saat ia masih berusia 12 tahun, dan nggak ada yang lebih seram daripada anak 12 tahun yang udah berpikir soal zombie.

Judul-judul di atas memang bukan film horor yang berhasil menembus box office. Tapi sebelum mencibir, coba cari dan tonton dulu filmya. Lo akan merasakan sensasi seram yang benar-benar berbeda. Hati-hati kalo nontonnya ngajak pacar, bisa jadi malah lo yang sembunyi ketakutan dibalik si pacar.