5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise - MLDSPOT
  • Buzz
  • 5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise

5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise

Sat, 31 October 2020
5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise

Kondisi new normal untuk beberapa kalangan membuat segalanya berubah. Untuk beberapa kalangan, new normal benar-benar membuat semuanya jadi berbeda, termasuk di pekerjaan. Banyak kalangan yang akhirnya dirumahkan karena perusahaannya mesti melakukan efisiensi.

Well, tidak ada orang yang ingin seperti itu sebenarnya. Tapi keadaan membuat berbagai pihak mesti melakukan itu agar ‘kapal’ mereka tidak karam atau tidak tenggelam semuanya. Bro, tidak ada yang perlu lo sesalkan, apapun itu. Lo mesti percaya, kalau lo tetap bisa mencukupi segala kebutuhan.

Masih banyak cara, salah satunya adalah membangun bisnis. Ini yang terjadi di banyak kalangan saat new normal. Munculnya banyak pebisnis baru dengan model bisnis yang bermacam-macam. Kalau menuruti idealisme lo, tentu lo bakal membangun bisnis yang sesuai dengan keinginan.

Apakah ada bisnis yang instan? Jelas ada, tapi memang tidak begitu sesuai dengan idealisme lo. Model bisnis seperti ini adalah franchise. Tentu lo sudah dengar istilah ini. Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa model ini termasuk ke kategori bisnis yang instan?

Hal ini terkait dengan definisinya sendiri, bro. Secara hukum, bisnis franchise adalah keterikatan bisnis di mana salah satu pihaknya (yaitu diri lo) akan diberikan hal untuk memanfaatkan segala asset yang ada, tentu dengan segala persyaratan yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Kedua belah pihak yang dimaksud adalah diri lo dan si yang punya bisnis besar dan mau di-franchise ini. Dari definisi ini, jelas kenapa lo dengan mudah melihat bisnis minuman kopi, misalnya, yang bisa langsung berada di mana-mana. Seakan perkembangannya pesat sekali, bisa jadi itu hanya franchise, bro.

Bisnis franchise jadi salah satu model bisnis yang cukup mudah dijalankan. Bisnis franchise juga bisa jadi open book yang bisa lo pelajari dengan cepat sebelum lo mengutamakan idealisme lo dalam membangun bisnis yang lain.

Nah, di bahasan kali ini, ada berbagai tips dan trik menarik biar bisnis franchise lo berjalan lancar. Jelas tips dan trik ini perlu lo ketahui kalau supaya proses belajar lo semakin cepat. Daripada penasaran sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Fokus di Bidang Tertentu

5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise

Credit Image: businesspartnermagazine.com

Bidang untuk franchise itu banyak sekali bro. Dari food and beverages, clothing apparel bahkan sampai ke bengkel motor atau mobil – semua ada franchise-nya. Mungkin yang paling terlihat adalah bisnis kafe kopi bro.

Nah, langkah pertama yang bisa lo lakukan adalah menentukan fokus untuk bidang tertentu. Hal ini bakal membuat lo makin mudah mengurus hal-hal terkait, misalnya pengurusan izin atau legalitas, tahu bagaimana pemasarannya seperti apa, dan hal lainnya.

Menentukan bidang apa yang bakal lo geluti dan lo tekuni juga bisa memprediksikan bagaimana bisnis lo akan berkembang di masa depan. Ini penting bro. Lo mau bisnis lo akan terus berjalan sampai seterusnya, kan?

 

Perhatikan Standar Perlengkapan Kerja

5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise

Credit Image: pawoon.com

Hal kedua yang bisa lo lakukan untuk memulai bisnis franchise adalah menentukan perlengkapan dan peralatan kerja.

Contohnya begini, bro – misalnya usaha atau bisnis franchise lo ada di sektor food and beverages, lo mesti mengetahui apakah standar perlengkapan kerjanya sudah sesuai. Mulai dari perlengkapan masak, perlengkapan untuk bersih-bersih, meja dan kursi dan hal terkait lainnya – semua mesti lo perhatikan.

Semua hal itu biasanya akan lo dapatkan terkait persetujuan yang sudah lo sepakati dengan si empu bisnis franchise yang utama, bro. Tapi tetap lo perhatikan standarnya – hal ini berpengaruh kepada pengalaman konsumen yang mau membeli produk atau jasa yang lo tawarkan, bro.

 

Bagaimana Soal Strategi Branding?

Semua asset akan bisa lo gunakan untuk strategi pemasaran, pertanyaannya adalah, bagaimana cara memanfaatkan semua hal tersebut dengan baik ya? Di kondisi new normal seperti ini, #MauLagiDimanapun – semua kalangan tentu pegang dan main di sosial media.

Sehingga sosial media jadi salah satu field yang memiliki potensi yang tinggi untuk lo mendapatkan konsumen, bro. Lo bisa kenali, branding produk atau jasa yang lo tawarkan di sosial media. Ditambah kalau lo mengetahui bagaimana cara mengiklankan di sosial media, tentu lo bakal dapat kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan konsumen lebih banyak.

Aset yang ada, terutama yang bentuknya digital, seperti foto, video atau hal lainnya – bisa banget lo mainkan di sosial media sehingga semakin banyak orang yang bakal dengan mudah tahu bisnis lo seperti apa, dan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang lo tawarkan.

 

Kemudian Soal Manajemen

5 Tips dan Trik Menarik Atur Bisnis Dengan Model Franchise

Credit Image: pikist.com

Ini mesti di bawah kendali lo, bro. Karena ini franchise dan lo sudah menentukan akan di bidang apa bisnis lo berjalan – lo akan dengan mudah merekrut orang yang mau kerja dan membantu lo menjalankan bisnis tersebut.

Perhatikan bagaimana kualitas dari calon karyawan lo, beri pelatihan ketrampilan dan lainnya sehingga mereka bisa berkembang untuk jadi tenaga terampil dalam waktu singkat. Yang jelas, hal ini bakal jadi asset yang berharga buat kelangsungan bisnis lo bro!

 

Standar Kerja atau SOP

Model bisnis franchise tentu mengacu kepada sebuah standar. Oleh karena itu, lo mesti perhatikan segala standar kerja atau SOP yang ada agar bisnis franchise lo semakin lancar.

Manfaat memerhatikan standar kerja atau SOP adalah yang paling jelas untuk terus menjaga kualitas produk atau jasa yang lo tawarkan dari bisnis franchise itu bro. Misalnya, franchise di sektor food and beverages – semua proses pengerjaannya mesti ada standar sehingga makanan atau minuman yang lo jual, kualitasnya terus terjaga dan konsumen suka hal tersebut.

Wah bagaimana nih bro? Dari segala penjelasan di atas soal tips dan trik bisnis franchise di atas, apakah lo sudah paham semua dan siap lo terapkan? Begitu lo sudah lancar jaya mengoperasikan franchise seperti ini, lo bakal semakin mudah untuk mengaplikasikan idealisme lo ke bisnis yang lain. Lo pasti paham akan hal ini, kan?

 

Feature Image – merchantmaverick.com

6 Deretan Game Jadul yang Serunya Masih Bisa Lo Nikmati

Fri, 26 February 2021
Game Jadul

Buat anak tahun 90an – memainkan game jadul baik melalui PlayStation, arcade, hingga Nintendo pasti jadi rutinitas yang nggak boleh dilewatkan ya. Berbagai permainan, mulai dari Crash Bandicoot, Tekken, hingga FIFA pun jadi favorit banyak anak muda.

Tapi sayangnya, sejumlah permainan yang hits di tahun 90an tersebut sudah jarang ditemui – Bahkan, justru sudah tergantikan dengan permainan yang memiliki grafis serta gameplay lebih modern. Namun, hal ini justru membuat orang makin merindukan berbagai game jadul, lho!

Nggak bisa dipungkiri, bermain game jadul memang bisa memberi rasa kebahagiaan tersendiri. Setuju kan, bro? Untungnya, sekarang game 90an tersebut sudah bisa dimainkan kembali nih. Sudah siap bernostalgia?

Di ulasan kali ini, MLDSPOT bakal kasih 6 rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Simak ulasannya sampai habis ya, bro!

 

Mega Man

Game Jadul

Credit Image - awn.com

Mega Man merupakan video game jadul asal Jepang yang memiliki genre Sci-Fi – nggak diragukan, permainan ini sangat diminati pada masanya! Dulunya, Mega Man dapat dimainkan melalui Nintendo, tapi sekarang sudah cukup banyak mobile game yang mirip dengan permainan ini.

Di sini, para pemain diminta untuk menjelajahi berbagai tempat, mengumpulkan poin, dan melawan semua monster yang ada. Dalam versi modern, Mega Man tersedia dalam berbagai seri yang bisa lo download lewat Play Store dan App Store ya.

 

Scrabble

Kalau lo suka bermain boardgame, salah satunya seperti Scrabble – permainan ini sudah bisa kembali dinikmati nih. Scrabble sendiri merupakan game jadul yang mengharuskan pemainnya untuk menyusun kata. Sudah populer sejak dahulu, lho!

Nggak lagi harus repot menyiapkan papan permainan – Scrabble sudah bisa dimainkan melalui aplikasi yang bisa didownload langsung melalui smartphone. Biar makin seru, langsung aja ajak teman untuk bermain Scrabble.

Tertarik memainkan game jadul ini, bro?

 

Sonic the Hedgehog Classic

Game Jadul

Credit Image - gameinformer.com

Wah, game jadul dan klasik yang satu ini – juga nggak kalah hits di tahun 90an. Yakin deh, lo pasti mengenal bahkan pernah memainkannya. Yup, apalagi kalau bukan Sonic The Hedgehog Classic – salah satu game keluaran SEGA yang populer.

Jika dahulu Sonic dapat dimainkan melalui PlayStation aja – kini, game jadul tersebut dapat diakses melalui iPhone dan Android. Lebih mudah kan, bro? Nah, yang bikin makin terasa nostalgianya, versi Sonic modern masih sama dengan yang dahulu – baik dari segi grafis maupun gameplay.

 

Street Fighter IV Champion Edition

Apakah lo seorang pecinta arcade game di tahun 90an? Pasti mengenal game jadul yang satu ini, yaitu Street Fighter IV Champion Edition. Di sini, para permain diharuskan untuk bertanding melawan berbagai macam karakter. Habiskan energi lawan – dan, lo pun dapat memenangkan permainan!

Buat yang kangen dengan game Street Fighter, nggak perlu bersedih – karena, game ini sudah bisa dimainkan kembali melalui smartphone secara gratis. Bermainnya juga lebih praktis, nggak memerlukan controller lagi.

 

PAC-MAN

Game Jadul

Credit Image - bobo.grid.id

Anak tahun 90an juga pasti sering memainkan game jadul ini – PAC-MAN merupakan permainan yang cukup populer pada masanya. Bahkan, game ini sudah ada sejak tahun 80an! Wah, udah lama banget ya?

Sekarang, PAC-MAN kembali hadir di layar smartphone, baik Android maupun iPhone. Tampilan game-nya pun nggak ada yang berubah, baik dari sisi pengaturan, grafis, konsep, hingga tantangan dalam permainannya. Dijamin, makin berasa nostalgianya, bro!

 

Mario Kart Tour

Jadi salah satu racing game yang paling populer di awal tahun 90an – lebih tepatnya di tahun 1992, Mario Kart menjadi game jadul terfavorit nih. Dahulu, permainan ikonik ini dapat diakses melalui Nintendo.

Kembali hadir, sekarang Mario Kart sudah bisa dimainkan melalui smartphone – lo hanya perlu download aplikasinya melalui Play Store atau App Store saja ya! Jika dibandingkan dengan versi original, Mario Kart masa kini hadir dengan rute baru dan grafis yang makin apik.

Itulah ketujuh rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Kalau lo paling rindu game yang mana nih, bro?

 

Featured Image - theverge.com