• Buzz
  • Go-Viet, Cabang Go-Jek Pertama di Luar Indonesia

Go-Viet, Cabang Go-Jek Pertama di Luar Indonesia

Fri, 06 July 2018
Go-Viet, Cabang Go-Jek Pertama di Luar Indonesia

Pada awal 2018 kemarin, Go-Jek secara mengejutkan mengatakan siap merogoh kocek 500 juta dolar atau sekitar 7 triliun rupiah untuk melakukan ekspansi ke Asia Tenggara. Pada bulan Juni 2018 kemarin, Nadiem Makariem merealisasikan targetnya tersebut. Go-Jek secara resmi akan menggunakan nama Go-Viet di Vietnam dan meluncurkan aplikasi beta testing di bulan ini.

 

Mencoba mendobrak dominasi Grab

Seperti banyak dibahas di media, Grab mungkin kalah di Indonesia dengan Go-Jek. Tetapi jika dijumlah secara keseluruhan di Asia Tenggara, Grab sangat menang telak karena Grab hampir ada di seluruh negara berkembang Asia Tenggara. Salah satunya di Vietnam, Grab sangat dominan di beberapa kota seperti Hanoi dan Ho Chi Minh City. Dengan masuknya Go-Viet nanti, Go-Jek berusaha mendobrak dominasi tersebut.

Di Vietnam sendiri sebenarnya Grab dan Go-Jek nggak sendirian. Sekarang sudah ada beberapa aplikasi ride-hailing lokal seperti Vivu dan Mai Linh Bike. Sebelumnya, Uber di Asia Tenggara diakusisi oleh Grab. Jadi persaingan antar Grab dan Go-Jek ini bakal makin sengit, Urbaners.

 

Sempat ditentang oleh masyarakat Indonesia

Dilansir dari cnnindonesia.com, nama Go-Viet ini sempat ditentang oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya nama Go-Viet ini nggak Indonesia banget. Padahal sekarang Go-Jek menjadi salah satu perusahaan teknologi kebanggaan Indonesia. Bayangkan beberapa perusahaan besar seperti Astra, JD.com, Tencent, dan bahkan Google yang rela mengucurkan dana ke Go-Jek.

Setelah banyak polemik nama Go-Viet, VP Corporate Communication Go-Jek, Michael Say mengatakan bahwa keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Ini merupakan cara Go-Jek untuk bisa membaur dengan masyarakat lokal.

“Saat ekspansi internasional, pendekatannya harus lokal. Di Indonesia kita berhasil karena menggunakan local approach,” ujar Michael Say, seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

Sekarang Go-Viet sedang meluncurkan aplikasi beta-testing walaupun masih belum terlalu jelas bagaimana reaksi dari masyarakat di Vietnam, apakah senang dengan masuknya Go-Viet. Masyarakat Indonesia patut bangga dengan ekspansi Go-Jek ini.

 

Source: cnnindonesia.com

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose