• Buzz
  • Startup Austria Bakal Bikin Vinyl High Definition

Startup Austria Bakal Bikin Vinyl High Definition

Thu, 19 April 2018
Startup Austria Bakal Bikin Vinyl High Definition

Urbaners, dalam 12 tahun terakhir penjualan vinyl atau piringan hitam terus meningkat. Bahkan, tercatat oleh Billboard sebanyak 14,32 juta total album vinyl yang terjual sepanjang tahun 2017 kemarin. Di tengah popularitas layanan streaming musik yang kini mendominasi perkembangan musik dunia, sebuah startup yang berbasis di Austria justru bakal memproduksi vinyl high definition. Biar lo nggak penasaran, yuk simak!

 

Terobosan baru yang diciptakan oleh Rebeat Innovation

Inovasi terbaru yang bakal menghasilkan vinyl dengan kualitas jauh lebih baik dibandingkan dari yang sudah ada sebelumnya ini diciptakan oleh Rebeat Innovation, sebuah startup Austria yang bergerak di bidang teknologi. Hadirnya vinyl high definition ini tentunya menjadi angin segar bagi para penggiat musik, mengingat bahwa mereka tetap bisa menjual album fisik di tengah gempuran skema bisnis layanan streaming musik yang mulai menjamur.

 

Dipatenkan sejak tahun 2016

Meski vinyl high definition ini baru bisa diproduksi secara massal di tahun mendatang, teknologi mutakhir ini ternyata sudah dipatenkan oleh Rebeat Innovation sejak 2016 kemarin. Vinyl yang ini dibuat dengan menggunakan metode baru pressing vinyl yang memanfaatkan laser untuk menciptakan matrix audio master high definition (HD), sehingga memungkinkan sebuah plat mencapai potensi maksimalnya dan meningkatkan kenikmatan mendengarkan musik.

 

Reproduksi kualitas suara yang lebih baik

Urbaners, penemuan teknologi vinyl high definition yang sudah menelan dana hingga Rp62,5 miliar ini diklaim mampu mengemas durasi musik 30% lebih panjang dengan volume yang lebih keras. Pasalnya, piringan hitam HD ini dibuat dengan pemetaan topografis berbasis 3D yang dipadukan dengan teknologi goresan laser untuk membentuk guratan yang bisa menghasilkan suara definisi tinggi.

 

HD Vinyl nggak perlu pakai Turntable

Selain menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan lebih keras, memutar musik melalui HD Vinyl nggak perlu pakai Turntable layaknya piringan hitam yang sudah ada. Jadi, boleh dibilang kalau vinyl high definition ini nggak memerlukan pemutar khusus. Tapi, kalau lo ingin mendapatkan kualitas suara terbaik pastikan juga melengkapi HD Vinyl ini dengan headphone yang berkualitas baik.

 

Nah, saat ini vinyl high definition buatan Rebeat Innovation masih dalam tahapan uji coba. Kalau semua proses berjalan lancar, startup asal Austria ini menjanjikan launching produk ini sesegera mungkin di tahun 2019 mendatang. Tertarik memiliki HD Vinyl ini di rumah lo, Urbaners?

 

Source: theverge.com

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose