• Fashion
  • Rock n' Roll (Fashionably) Not Dead Yet!

Rock n' Roll (Fashionably) Not Dead Yet!

Mon, 05 January 2015

Zaman sekarang, nggak perlu jadi rockstar buat tampil ngerock. Cukup mix and match yang tepat, lo bisa tampil bak rockstar yang siap 'membakar' pentas.

Lupakan rambut gondrong megar, vest tanpa kaos dalam, dan celana kulit super ketat. Sekarang bukan lagi zamannya long-haired metal rockstar. Mundur lebih jauh dari era rocker gondrong tersebut, lo bakal menemukan sensasi fashion yang bisa diajak kompromi  baik itu untuk sekedar chill-out bareng temen, nge-date, bahkan bekerja—di industri tertentu pastinya.

Ya, ketika tampil ngerock ala long-haired metal hanya bisa diaplikasi di acara konser musik rock dan perkumpulan komunitas sejenis, style yang disebut rockabilly ini lebih mengacu pada era pertama kalinya musik rock n' roll eksis di planet bumi. Tepatnya era 1950-an, di mana saat itu rocker juga tampil 'hillbilly' alias bersahaja bak pemuda lugu yang piawai bermain gitar yang dipengaruhi music country yang menjadi sub-genre rock n' roll.

Padu padan rockabilly ini pertama kali dipopulerkan beberapa legendaris di music rock n' roll seperti Elvis Pressley dan Jerry Lee Lewis, yang memberikan pengaruh sepanjang tahun 1960-an dan berkali-kali bangkit setiap dekadenya. Di era 2010-an seperti sekarang ini, disebut-sebut menjadi kebangkitan untuk kesekian kalinya rockabilly style merasuk dalam dunia fashion dengan membawa pengaruh rock n' roll.

Dalam fashion show bertitel AW14 di yang digelar di Paris Fashion Week beberapa waktu lalu, tercatat rumah mode besar, seperti Saint Laurent, Ovadia & Sons, DSQuared2, dan Lou Dalton,  berhasil menghentak catwalk dengan menghadirkan rockabilly vibe yang kental seolah ingin membawa pengunjung ke era retro yang erat dengan rock n' roll. Elemen-elemen yang ditampilkan di ajang tersebut antara lain jaket kulit, jaket denim, jins skinny, dan sepatu boot kulit.

Dari apa yang dipamerkan di AW14, rockabilly stle ini seolah mengingatkan lo supaya nggak perlu terlalu ribet memilih paduan yang tepat buat jaket yang dikenakan. Kaos oblong atau kemeja formal tetap oke melekat erat di baliknya. Begitupun dengan bahan celana yang digunakan, tidak harus jins. Sejauh itu skinny, berbagai jenis bahan bisa diaplikasi dengan sepatu yang berwarna gelap.

So, udah siap mengubah jalanan menjadi pentas lo dengan rockabilly style yang keren ini, Urbaners?

 

 

Rebel Without a Cause
Film rilisan tahun 1955 ini dianggap sebagai karya yang memiliki pengaruh dalam rockabilly style. Penampilan James Dean di film tersebut berhasil membuatnya sebagai fashion icon sepanjang masa yang terus menginspirasi dunia fashion masa kini.

Brandon Flower of The Killers
Jaket kulit, kemeja slim-fit, dan celana skinny adalah tiga item yang kerap tertampil pada sosok pentolan The Killers ini. Tidak hanya terlihat maskulin, Brandon juga mampu membuat siapa saja terkesima dengan tuksedo klasik bergaya pejudi Las Vegas, tempat dia berasal.

Adam Levine, The Sexiest Man on Earth
Pentolan Maroon 5 ini mampu membuat sebuah tatto di sekujur tubuh serta janggut dan kumis yang tumbuh di sekitar wajah terlihat begitu fashioanable. Tidak hanya mematahkan anggapan bahwa tatto itu kriminal, sosok yang dinobatkan sebagai pria terseksi di dunia ini juga dianggap memiliky rockabilly style yang paling ideal.

5 Pemain Bola yang Menjadi Fashion Icon Dunia

Wed, 03 June 2020
David Beckham dalam kampanye produk pakaian dari brand H&M

Bukan hanya memiliki reputasi di dunia sepak bola saja, beberapa pemain bola juga menjadi fashion icon karena gaya berpakaiannya yang memiliki kelas tersendiri. Sepak bola dan fashion dari dulu memang nggak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, berikut beberapa pemain bola yang menjadi fashion icon dunia yang bisa dijadikan role model lo dalam berpakaian.

 

Cristiano Ronaldo

Mengenakan kemeja hitam, Cristiano tampak tersenyum dalam salah satu pemotretan

Nama pemain bola yang pertama ini memang terkenal sangat menjaga penampilannya sebaik mungkin. Nggak hanya saat harus menghadiri acara-acara yang dihadiri berbagai kalangan penting, Cristiano Ronaldo juga selalu memastikan bahwa ia selalu good looking saat berada di lapangan.

Cristiano Ronaldo memang sering bekerja sama dengan brand fashion ternama seperti Louis Vuitton, Dolce & Gabbana, Dsquarred2, dan juga Gucci. Tampilan elegan CR7 bisa lo lihat dalam unggahan foto paparazzi, fotografer di red carpet, atau official photo shoot dari brand-brand tersebut.

 

Jérôme Boateng

Jérôme Boateng dengan tuxedo di GQ Men Year Award tahun 2016

Jérôme Boateng, pemain bola asal Jerman ini akan selalu dikenal sebagai pemain sepak bola paling modis sekaligus seorang fashion icon. Nggak heran kalau Boateng sempat masuk nominasi Germany’s Best Dressed Man di tahun 2015 dan nominasi Man of The Year versi GQ Jerman, sebuah majalah pria di Jerman.

Untuk brand-brand fashion yang kerap dikenakan oleh Boateng, ia memilih yang dapat mengeluarkan gaya dan karakternya yang manly. Beberapa yang kerap Boateng kenakan adalah Balenciaga, Balmain, Buscemi, termasuk juga Givenchy dan Zanotti. Boateng bahkan punya line eyewear sendiri.

 

Keisuke Honda

Salah satu gaya airport fashion dari Keisuke Honda

Nggak hanya pemain bola asal Eropa, pemain bola asal Jepang, Asia pun memiliki style yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah Keisuke Honda. Honda lebih sering mengenakan pakaian yang cenderung minimalis, sederhana, namun tetap terlihat stylish.

Lo bisa cek sendiri seberapa kerennya Honda dalam berpakaian, terutama dalam beberapa potret airport fashion yang ia kenakan. Selera fashion Honda yang baik juga pernah membawa ia terlibat dalam salah satu kampanye dari jam tangan ternama, Gaga Milano.

 

Neymar Jr.

Neymar Jr mengenakan brand fashion ternama dunia, Balmain

Neymar da Silva Santos Junior atau yang lo lebih kenal dengan nama laganya Neymar Jr. ini juga masuk jajaran pesepakbola dengan selera berpakaian terbaik. Neymar sendiri bahkan sering terlihat menghadiri beberapa peragaan busana dari brand fashion ternama dunia, jadi sah-sah saja kalau ia dinobatkan sebagai salah satu fashion icon dunia.

Beberapa penampilan modis Neymar sendiri tercatat saat ia menghadiri Paris Fashion Week di tahun 2018 untuk melihat show dari Louis Vuitton, dan di perhelatan yang sama setahun sebelumnya, Neymar juga menghadiri show dari Balmain.

 

David Beckham

David Beckham dalam pemotretan untuk produk H&M

Belum lengkap kalau belum menyertakan David Beckham ke dalam daftar pemain sepak bola yang menjadi fashion icon dunia. Semenjak ia debut Manchester United (MU), Beckham selalu berhasil mencuri perhatian, baik dari skill sepak bolanya hingga style-nya yang keren.

Nggak heran juga, kalau deretan brand fashion yang pernah bekerja sama dengan Beckham juga nggak sedikit. Mulai dari brand sport fashion seperti Adidas, sampai pakaian dalam dari Emporio Armani, kacamata dari Police, lalu H&M, termasuk juga jadi brand ambassador global untuk Tudor Watches.

 

 

 

Sources: HarpersBazaar, Kumparan, Okezone