Trending
Rabu, 01 Juli 2015

Cara Baru Berpetualang di Bawah Laut

  • Share
  • fb-share
Cara Baru Berpetualang di Bawah Laut

Ada kabar gembira buat Urbaners yang ingin mengenal lebih dalam tentang dunia di bawah permukaan laut! Tanpa harus membuang banyak waktu, biaya, dan tenaga untuk menyelam ke berbagai samudra, sekarang lo bisa mengamati kehidupan bawah laut dengan satu kali “klik”. Well, thanks to Google Street View for making this possible.

Dalam rangka merayakan World Oceans Day yang jatuh pada tanggal 8 Juni, Google Street View semakin memantapkan komitmen untuk menjelajah dan melestarikan kehidupan bawah laut. Bekerja sama dengan XL Catlin Seaview Survey, NOAA’s Office of National Marine Sanctuaries, dan Chagos Conservation Trust, Google Street View menampilkan panorama bawah laut di lebih dari 40 lokasi di seluruh dunia.

Penyajian panorama ini juga berfungsi sebagai “pemetaan” yang dapat menjadi kunci bagi kelestarian laut itu sendiri. Hal ini dikarenakan setiap gambar yang ada di Google Maps merupakan catatan digital yang berdasar pada GPS bawah laut. Jadi, lo bisa memantau pergerakan atau perubahan kondisi bawah laut dari waktu ke waktu.

Lebih dari itu, lo bisa melihat keindahan ekosistem laut dan berbagai ancaman yang umum terjadi, seperti badai di sekitar Great Barrier Reef dan peningkatan suhu air yang memutihkan terumbu karang. Lo juga berkesempatan untuk melihat makhluk-makhluk air yang langka dan menakjubkan, mulai dari penyu laut di Solomon Island, humpback whales di Cook Island, great white sharks di Australia, sampai sunfish (Mola mola) misterius di Bali!

Untuk memaksimalkan usaha pemetaan dan pelestarian laut ini, Google Street View dan XL Catlin Seaview Survey mengumumkan bahwa mereka membutuhkan mitra baru di berbagai lembaga, tepatnya di NOAA’s Office of National Marine Sanctuaries, Reef Check, Blue Ventures, Our World Underwater Scholarship Society, dan GUE’s Project Baseline. Setiap lembaga itu memiliki fokus bidang masing-masing, namun mereka tetap berpedoman pada satu tema yang sama, yaitu pelestarian dan perlindungan laut.

Kalau lo penasaran dengan inovasi dari Google Street View ini, lo bisa cek langsung maps.google.com/ocean. Tinggal pilih lokasi yang lo inginkan, dan lo pun udah siap untuk menikmati pengalaman “menyelam” dari balik monitor laptop!

Source : www.nbcnews.com, i.huffpost.com 

 

 

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Susiana Saputri
Mantap banget