Inspiring Communities
Jumat, 22 Desember 2023

ARCANUM HOBBIES, DARI MAIN DI GARASI SAMPE JADI PINTU BOARD GAME LOKAL KE LUAR NEGERI

  • Share
  • fb-share
ARCANUM HOBBIES, DARI MAIN DI GARASI SAMPE JADI PINTU BOARD GAME LOKAL KE LUAR NEGERI

Bikin seru staycation sambil mabar online sama temen? Udah biasa! Sekali-sekali main board game dong! Lagi hype kan tuh. Lagian biar fresh juga tongkrongan lo, nggak monoton ngelakuin keseruan yang itu-itu aja. 

Nah, ngomong-ngomong soal board game, baru-baru ini gue abis ngobrol sama Galih Aristo. Dia ini founder dari Arcanum Hobbies, komunitas yang sekarang juga jadi sebuah brand yang ngejual berbagai produk board game lokal, Bro. Awalnya sih pengen minta rekomendasi board game yang seru buat gue mainin sama inner circle, eh malah keterusan ngobrol panjang lebar soal Arcanum Hobbies. 

Menurut gue kisahnya inspiratif deh. Penasaran gimana Galih ngebangun Arcanum sampe bisa segede sekarang? Gas baca sampe abis! Sekalian gue kasih bonus rekomendasi board game lokal paling wajib lo coba di bawah. 

Jadi Galih memulai perjalanan inspiratif ini pada tahun 2013 lalu. Pecinta sejarah dan mitologi Yunani ini emang udah cinta banget sama board game. Cuma karena nggak bisa dimainin sendiri, dia pun manggil beberapa temennya ke rumah untuk main board game bareng. 

Nah ternyata keisengan itu jadi sebuah rutinitas tiap Jumat malam, Bro. Mereka pun sampe ngasih nama kegiatan mereka dengan sebutan: Friday Night Board Game. Dari yang tadinya cuma berdelapan, nambah terus orang-orangnya jadi belasan, puluhan, bahkan sampe keterusan hingga jadi sebuah komunitas. 

"Semua itu bener-bener jadi kegandrungan sama board game. Dari sini mereka mulai ngajak temen-temennya lagi, akhirnya nyebar deh Friday Night Board Game ini. Kita jadi terus-terusan dapet temen baru, berkegiatan baru, bahkan traveling bareng," kata Galih. 

Pada satu momen, Galih lalu bertemu sama teman baru yang ternyata seorang importir yang memang suka masukin barang, termasuk board game. "Dia nanya ke gue, 'eh lo kenapa nggak jualan aja? Lo kan udah punya massa. Nah akhirnya gue mulai jualan kemudian bikin nama Arcanum Hobbies di tahun 2015," kata pemuda yang sebenernya berprofesi sebagai desain grafis ini. 

Galih memulai usaha ini tanpa toko fisik. Konsep jualannya nomaden. Dia datang ke kafe-kafe, termasuk kerja sama dengan mal-mal yang ngadain bazaar dan semacamnya. "Kita juga pernah kerja sama dengan South Quarter Dome di Jakarta Selatan. Sama pihak Dome kita dikasih lapak untuk bikin kegiatan main board game bareng. Akhirnya jadi deh tuh kumpul-kumpul board game setiap Rabu yang diadain rutin selama 2 tahun. 

Intermezzo dikit, nama Arcanum diambil dari bahasa latin "Arcanus" yang bisa diartikan "hidden knowledge". Kemudian masuk ke dalam kosakata bahasa Inggris "arcana" yang bisa diartikan "rahasia" ketika Zaman Kegelapan digantikan Zaman Renaisans. Nah, di benak Galih, membuka kotak board game itu ibarat membuka 'hidden knowledge'. "Kita pasti akan mempelajari ceritanya, cara mainnya, intinya selalu ada pengetahuan baru di tiap board game," terangnya.

 

Arcanum Academy

Nah, balik ke cerita Arcanum Hobbies, seiring komunitas ini terus berkembang pesat dan besar, Galih kepikiran untuk gimana cara membuatnya jadi lebih dari sekadar inspiring community. Kemudian lahirlah Arcanum Academy! 

Arcanum Academy ini didirikan atas dasar permintaan banyak member dan konsumen yang punya minat tinggi sama board game. Galih kemudian kerja sama dengan expertise di bidang yang berkaitan untuk ngadain semacam workshop atau kelas buat mereka yang mau belajar ngedesain board gamenya sendiri. "Sesuai perkiraan, beberapa yang ikut kelas ini bahkan ada yang berhasil ngejual board game buatannya sendiri hingga ke luar negeri," ungkap Galih. 

Yes, memang se-inspiring itu komunitas ini, Bro! Nggak cuma bisa belajar bikin atau ngedesain, lo juga bisa mempelajari gimana berbisnis board game. Entah menjualnya sebagai produk sampe bikin board game cafe yang sekarang makin ngetren juga bisa! Jadi pengen ikutan kelasnya nih, hehehe!

Bagi Galih dan teman-teman komunitasnya, board game lokal saat ini udah nggak bisa lagi dipandang sebelah mata. Ambil contoh Waroong Wars (WW). Juara kompetisi Board Game Challenge yang pernah diadain Kompas ini nggak cuma populer di level dalam negeri aja, tapi juga udah merambah pasar internasional. Padahal board game berupa permainan kartu ini sederhana banget loh, Bro. 

Kalo belum tau, WW ngambil tema makanan khas Nusantara. Tiap player akan bangun sebuah warung makanan untuk bersaing sama warung-warung lain. Mekanisme permainannya pake sistem card drafting. Jadi lo ngambil kartu bergantian dari dek kartu milik masing-masing player, dan memberikannya ke player lain. Nanti tiap player akan masak tuh bahan-bahan makanan yang mereka dapet dari kartu bahan makanan untuk jadi hidangan buat pengunjung. Seru deh!

Selain WW, ada juga Balap Kuliner, Candrageni, Celebes, Kakak Teladan, dan masih banyak lagi game lokal yang udah populer. Intinya bisa dibilang, industri board game sekarang emang udah semenarik itu. Ditambah lagi dengan munculnya banyak kompetisi-kompetisi board game yang membuat tren ini jadi makin menjanjikan.

 

Arcanum Publishing

Nah, fenomena itu pula yang mendasari Arcanum Hobbies juga ngembangin Arcanum Publishing. Galih dan teman-teman percaya kalo banyak anak muda bertalenta di Indonesia yang punya bakat ngedesain board game sendiri. Mereka mau bantu para talenta ini bisa nerbitin karya-karya mereka hingga jadi inspiring products yang ngebanggain nama Indonesia tentunya. 

Gimana-gimana? Jadi tertarik nyemplung di dunia board game? Untuk tahap awal, makanya lo coba main board game dulu, Bro. Kalo bingung mau beli yang mana, lo bisa kok nyoba main dulu di Arcanum Hobbies. Mereka udah punya dua store sekarang, satu di Kuningan City Mall, satu lagi di Taman Puring. Dengan sekali bayar, lo bisa main sepuasnya sampe jago di sana! Hahaha! 

Gaslah! Ada board game populer juga kayak Dungeon, Zombie Side, Splendor, dan lain-lain. Tapi gue lagi ketagihan board game lokal sih kayak WW atau Super Foods. 

Kalo lo suka board game yang mana, Bro? Spill dong di komen! Siapa tau rekomendasi lo dibutuhin temen-temen MLDSPOT lainnya yang lagi cari ide permainan seru buat ngeramein staycation. Biar #FreshForward ygy? Gak monoton gitu-gitu aja, hehehe!



Comments
Radhitya
Mantap bro
Kania Kristi
seru banget