Inspiring People
Senin, 22 November 2021

Adaptasi Musisi di Era Pandemi Bareng Barry Likumahuwa, Basboi, dan Roy Sungkono

  • Share

 

Pandemi emang bikin semua terdampak tanpa terkecuali, termasuk para musisi yang nggak bisa ngadain konser dan kehilangan pendapatannya. 

 

Mungkin lo bertanya-tanya, gimana caranya para musisi ini bertahan dan terus berkarya. Nah, MLDPODCAST kali ini bakalan ngebahas gimana cara musisi tetap berkarya dan menghasilkan cuan bareng Barry Likumahuwa, Basboi, dan Roy Sungkono.

 

Buat lo yang kangen dengan konten-konten dari MLDPODCAST, kali ini kami hadir di season baru dengan layout studio yang baru juga. Pastinya tetap dengan host kesayangan kalian dan narasumber-narasumber yang pastinya akan selalu menginspirasi lo. Kali ini barengan Ryo Wicaksono (RW), dengan narasumber Barry Likumahuwa (BL), rapper muda Basboi (BB), serta Roy Sungkono (RS) vokalis dari Arah Band, membahas adaptasi para musisi di era pandemi ini.

 

(RW) Di Instagram MLDSPOT kita ngajakin para followers buat ceritain apa yang mereka kangenin dari nonton konser. Salah satunya nih ‘pada saat acara selesai seketika kaya otomatis dapet banyak temen, foto sama orang yang gak kenal, tukeran foto, tukeran nomer’ setuju gak?

 

(RS) Gue sih ngalamin pertama kali konser waktu SMA yang gue kangenin sih jalan sama pacar. Waktu itu gue inget banget pertama kali nonton konser tuh Bung Glenn, waktu jaman pensi tuh. Itu tuh pulang rasanya beda, vibe nya enak banget.

 

(BB) Kalo gue yang paling gue kangenin tuh biasanya kalo dateng ke gigs lo bisa jingkrak-jingkrak, lo bisa moshing sama orang-orang. Beres dari situ lo pasti ngobrol, jadi bisa meluaskan silaturahmi lo juga. Terlepas itu mau jadi koneksi profesional atau sekedar jadi kawan. Tapi memang interaksi antar manusia tuh ada kenikmatan yang gak bisa diganti.

 

(BL) Kalo gue sisi backstage sangat dikangenin kan, ketemu temen-temen musisi, bisa nonton temen sendiri, itu momen-momen yang lo bisa dapet inspirasi dari mereka. Dan gue pribadi kehilangan dan kangen banget momen seperti itu, jadi kalo nanti akhirnya bisa pasti bakal yang seneng banget.

 

(RW) Kalo kalian ngakalin keadaan sekarang ini gimana nih?

 

(BB) Kebetulan gue bulan Juni kemarin rilis album, dan gak sah rasanya album itu kalo gak ada experience langsungnya. Ada banyak pihak yang menawarkan konser virtual, tapi gue sendiri bukan orang yang menikmati konser virtual. Jadi gue mencoba untuk deliver album gue lewat experience baru, yaitu gue sampaikan melalui buku. Karena kebetulan orang gak bisa keluar rumah, karena tema album gue adulting for dummies, jadi bukunya kemaren gue deliver kaya buku anak kecil. Jadi mereka bisa menikmati experience baru menikmati album musik, sambil baca tulisannya dan ada ilustrasi-ilustrasi yang bisa mempertebal feel-nya. Gue yakin itu emang gak akan ngegantiin experience manggung, tapi bisa jadi opsi lain lah. Karena kebetulan salah satu hobi gue adalah baju dan sepatu, jadi gue coba deliver musik gue dalam wujud pakaian, makanya gue banyak merchandising dan colab sama brand-brand pakaian.

 

(RW) Gue sering liat lo bikin crowdfunding nih, itu gimana tuh?

 

(BL) Buat gue salah satu yang paling terimbas kan sebenarnya orang-orang yang penghidupannya dari panggung, dan menurut gue itu bukan cuman yang on stage. Temen-temen crew misalnya, kan gak ada yang mikirin mereka gimana, jadi pertama kali this whole thing hits, yang pertama kali gue lakuin adalah gue bikin crowdfunding buat mereka dulu. Tapi akhirnya kita harus tetap adapting juga sih, mau berapa lama kita nunggu ‘belas kasihan’ orang. Pada akhirnya gue cuma jadiin ini cuman buat bantuin untuk beberapa saat, tapi we should start to think kita mau bikin apa nih, karena kita semua juga adapting nih.

 

(RW) Ngomongin soal project nih Roy, lo kan ada project SBJT 2021 (Stage Bus Jazz Tour), certain dong apa sih itu?

 

(RS) Ini adalah project virtual konser yang menceritakan kegelisahan anak muda yang gak mau nyerah dengan keadaan pandemi ini, sampai akhirnya dia memutuskan untuk mencari jalan dia sendiri, dia mengadakan konser virtual keliling bersama temen-temen.

 

(RW) Nah jadi buat lo yang belum nonton episode-nya, lo bisa nonton SBJT 2021 ada di Youtube nya MLDSPOT TV. Lo sempat ikut juga kan ya, Bar?

 

(BL) Yang pasti itu pengalaman yang beda tapi nyenengin, karena jujur gue seneng banget tur dan gue kangen banget suasana bangun pagi-pagi ke bandara, packing dan lain-lain. Cuman satu yang gue belajar adalah ternyata bisa kok kita adaptasi dengan cara baru, salah satunya lewat SBJT 2021 ini. Buat gue itu pengalaman yang penting dan jujur kangen banget sih suasana seperti ini, gue hanya membayangkan seandainya ada penonton pasti seru banget, cuma ini juga udah seru banget. 


Dan masih banyak lagi obrolan seru Ryo Wicaksono bareng tiga musisi dari genre berbeda Barry Likumahuwa, Roy Sungkono, dan Basboi kali ini ngebahas adaptasi para musisi di masa pandemi. Simak keseruan lengkapnya di Youtube MLDSPOT di sini, atau simak versi audio nya di sini

Comments

Kreatif full...
SBJT mantep sihh