Inspiring People
Senin, 21 November 2022

Apakah Quiet Quitting Jadi Budaya Baru Atau Akal-akalan Aja? Bahas Bareng Pangeran dan Eza

  • Share
  • fb-share
Apakah Quiet Quitting Jadi Budaya Baru Atau Akal-akalan Aja? Bahas Bareng Pangeran dan Eza

Pernah enggak selama lo kerja ngerasain burnout sampai penat bikin kepala lo pecah? Hal-hal seperti ini sudah jelas hadir di kehidupan lo ataupun di sekitar. Meskipun enggak sering banget tapi sesekali mengalami kejadian itu.

Berbagai pengalaman dalam dunia kerja memang selalu ada saja yang enggak terduga. Cerita suka duka itulah terkadang membuat lo senang ataupun sebaliknya, terutama dalam case lo sedang burnout tiba-tiba kesal enggak berpikir panjang terus ngajuin resign. Namun ada juga ketika masih ada yang berpikir positif agar bisa meredam emosinya sendiri.

Nah, lo pasti akhir-akhir ini sering dengar istilah gaul terbaru yang dinamakan quiet quitting. Istilah tersebut viral kali pertama muncul dari akun TikTok asal Amerika Serikat, @zaidleppin, yang menyebutkan “bekerja bukanlah kehidupanmu”.

Menangkap fenomena tentang quiet quitting, Sastra Silalahi (SS) selaku host MLDPODCAST sudah siap ngobrol bareng dua narasumber untuk ngebahas hal tersebut. Ada Pangeran Siahaan (PS) sang enterpreneur yang sibuk juga dalam ranah media, kemudian Eza Hazami (EH), kreator konten sekaligus bekerja dalam bidang human resource.

Simak keseruan obrolan mereka bertiga di bawah ini!

(SS) Ngebahas quiet quitting ya, kayak gue gak tau ya ini tuh semacam istilah baru ya. Gue pengen tau lo berdua nih ini baru denger atau sebelumnya sudah tau?

(EH) Gue mungkin ngerasa pas pandemi banyak istilah baru ya kayak Hustle Culture, Quiet Quitting, dan lain sebagainya. Karena kan kita kaget ya ada pandemi terus kerja di rumah. Terus ya udah gara-gara kerja di rumah nih, ya ini penyakitnya. Jadi kayak kita kerja di rumah terus orang-orang ngerasa kerja gak mengenal waktu. Rasanya tuh kerja tapi dikerjain, dari situlah muncul banyak istilah baru.

(SS) Jadi memang adanya pandemi nih muncul istilah baru. Dan jujur gue pas pandemi nambah pengetahuan baru, gue baru tau kayak Dalgona.

(EH) Haha bener bener, gue juga sih.

(SS) Nah, kalo lo bang gimana udah denger belum?

(PS) Dari semua terms yang tadi lo sebutin gue udah denger semuanya kecuali quiet quitting sih. Gue actually baru denger beberapa hari yang lalu. Setelah gue liat definisinya, oh menarik juga, ternyata ini ada istilahnya gitu. Secara definisi sendiri gini deh lo kan banyak yang berurusan dengan work forces, lo tuh mendefinisikannya kayak gimana sih?

(EH) Sebenarnya orang yang ibaratnya lo tuh kerja pake argo bang. Ibaratnya kalo misalnya jam lo udah habis gitu ya, lo gak bakal willing to do anything for their lah. Itu sih gue bisa bilangnya, dan itu cukup menjadi fenomena yang meresahkan karena ibaratnya kita kerja harus ada satu target kan atau bahkan kalo bisa melebihi target. Apalagi lo CEO kan bang pasti pengennya growth terus. Cuma at same point, karyawan ini bayar minimum semua jadinya kayak melakukan sesuatu yang seharusnya, habis itu ya udah. Harusnya kan ada inisiatif, ada effort yang memang kita pengen nih kalo perusahaan kita lebih tumbuh. itu sih bang.

(PS) Ini suatu hal yang sudah ada dari dulu ya. biasanya mungkin ada persentase yang sekian banyak yang gitu. Cuma kalo gue melihat tadi lo nyebutin ini ada gara-gara karena pandemi, dan orang-orang merasa ruang privat yang diinvasi oleh lingkungan kerjanya. Menurut lo berdua nih, ini jadi gue yang interview gapapa gak ya..

(SS & EH) Aman, aman bang.

(PS) Kalo misalnya gak ada pandemi kemarin, gak ada WFH, ini tuh bakal jadi sesuatu gak sih?

(EH) Buat gue mungkin ada ya, tapi gak akan jadi sesuatu terms yang gak dibesar-besarkan gitu sih bang. Karena balik lagi banyak istilah baru gara-gara pandemi.

Cukup dari sini sudah lebih mengerti tentang quiet quitting? Tenang saja, kalo merasa masih kurang paham akan pembahasan mereka bertiga, lo bisa tonton selengkapnya MLDPODCAST episode 87 di MLDSPOT TV. Cek di sini untuk link videonya, Bro. Dengerin juga versi audionya di sini.

Menurut definisi versi lo sendiri, apa sih quiet quitting? Bagikan di kolom komentar ya!

Kepoin artikel-artikel paling fresh dan menginspirasi melalui mldspot.com  dan follow Instagram @mldspot biar lo enggak kelewatan aktivitas paling up to date dari MLDSPOT.

Comments
Fitra Abimanyu
topik mebarik
Rohmah Trilaelati
Seru banget pembahasan nya