Inspiring People
Rabu, 18 September 2019

Mengembangkan Seni dan Desain Lewat Ruang Kreatif Bersama Jacob Gatot Sura dan Ruth Onduko

  • Share
  • fb-share
Mengembangkan Seni dan Desain Lewat Ruang Kreatif Bersama Jacob Gatot Sura dan Ruth Onduko

Berkunjung ke Bali, belum lengkap rasanya kalau belum mampir ke daerah Seminyak. Dikenal sebagai kawasan yang menawarkan lifestyle ‘penuh gaya’, Seminyak menjadi rumah bagi banyak tempat yang berorientasi pada seni dan desain. Sebagian tempat bahkan telah menjadi ikon Pulau Dewata bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Menariknya, kemunculan tempat-tempat ikonis di Seminyak ternyata nggak lepas dari peran anak muda lokal dengan visi dan gagasan mereka yang luar biasa. Mereka sekaligus menjadi penggerak scene seni dan desain Bali dengan menciptakan ruang kreatif untuk saling berbagi pengalaman dan belajar bersama. Dua di antaranya adalah Jacob Gatot Sura dan Ruth Onduko.

Jacob merupakan seorang arsitek, sedangkan Ruth sudah lebih dari 10 tahun menjadi manajer galeri seni. Kontribusi nyata keduanya antara lain dapat dilihat melalui Uma Seminyak. Tempat yang berdiri sejak tahun 2016 itu merupakan lifestyle center dalam balutan ruang kreatif, soalnya terdiri dari café, restoran, dan beberapa toko unik serta bisa dijadikan venue untuk beragam event seni dan desain.

David John Schaap sedang mengobrol dengan Ruth Onduko

Di Uma Seminyak, Jacob bertindak sebagai founder dan pengelola. Sebaliknya, Ruth baru mulai bergabung pada Februari 2018 sebagai Community Manager. Specifically, Ruth bertugas mengurus dan mengkurasi pameran maupun event di sebuah ​space​ di Uma Seminyak.

Berselang tiga bulan setelah Ruth jadi bagian Uma Seminyak, dia dan Jacob pun membuat gebrakan lainnya, yakni Seminyak Design Week 2018. “Bali memiliki banyak seniman, namun tidak memiliki profesional di bidang manajemen seni dan organisasi event. Dibutuhkan pula tempat khusus untuk acara berskala besar,” kata Ruth.

Melalui Seminyak Design Week, Jacob dan Ruth menghadirkan festival seni dan desain pertama di Indonesia, khususnya di Bali. Acara tersebut menjadi meeting point bagi para desainer dalam dan luar negeri untuk berkolaborasi sekaligus platform bagi para pengunjung dan siapa saja yang terlibat untuk semakin memahami pentingnya seni dan desain melalui kegiatan yang menyenangkan. Kebetulan banget, MLDSPOT turut terlibat mengadakan kompetisi desain poster, Urbaners.

 

Terus Berkembang, Terus Memberi Ruang

Selain aktif terlibat di Uma Seminyak dan Seminyak Design Week, Jacob dan Ruth masing-masing juga punya kesibukan lain yang masih nggak jauh-jauh dari seni dan desain. Aktivitas Jacob nggak hanya terpusat di Bali, sementara Ruth lebih banyak menghabiskan waktunya di Pulau Dewata.

Salah satu tenant di Seminyak Design Week 2018

Belakangan ini misalnya, Jacob bersama biro arsitektur Arcadia Architect tengah disibukkan dengan penggarapan M Bloc, sebuah ruang kreatif di tengah Jakarta. Jacob dan pelaku kreatif lainnya dalam Ruang Riang Milenial menggagas M Bloc melalui kerja sama dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang RI. Direncanakan dibuka pada September 2019, M Bloc diharapkan dapat menjadi penggerak kreativitas kaum milenial di Jakarta, dengan menampung pelaku kreatif di bidang kuliner, musik, film, animasi, seni rupa, dan kriya serta menyediakan co-working space, venue multifungsi, dan ruang publik.

Sementara itu, kembali ke tahun 2016 silam, Jacob pun pernah ikut ambil bagian dalam kegiatan MLDSPOT di Java Jazz Festival. Dia mewujudkan gagasan Handoko Hendroyono, seorang creative storyteller dan content creator, ke dalam karya instalasi berbentuk labirin unik yang dipamerkan selama event musik itu. Dia bekerja sama pula dengan beberapa visual artist seperti Hari Prast, Darbotz, dan Farid Stevy untuk mengisi ruang kosong dalam labirin tersebut.

Nah, lain halnya dengan Ruth. Dia memiliki peran penting dalam pembuatan Art Bali, sebuah pameran seni kontemporer kelas dunia yang diadakan tahunan. Belum lagi ada Futuwonder—sebuah kolektif yang mendukung seniman wanita Bali—dan Senidibali—proyek media sosial berupa portal informasi yang mempromosikan event di Bali.

Disamping itu, Ruth memiliki ketertarikan di bidang fotografi lho, Urbaners. Dari yang semula hanya salah satu kelas semasa berkuliah di Yogyakarta, fotografi perlahan menjelma menjadi hobi yang ditekuninya dengan serius. Semenjak di Bali, dia juga mengenal lebih banyak fotografer sampai akhirnya ikut memamerkan karyanya dalam pameran fotografi.

Anyway, kayaknya nggak akan ada habisnya nih kalau cuma membahas kiprah Inspiring People kali ini lewat tulisan. So, nggak usah tunggu lama, tonton MLDSPOT TV Season 4 episode 10 dengan tema “Bali from Another Side” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Langsung subscribe our channel, and get yourself inspired!

 

Comments
Nasiban
Good info..
Muntakhimah
Good information...top