Inspiring People
Rabu, 25 Januari 2023

Bene Dion dan Sastra Silalahi Spill Cara Eksplorasi dan Belajar Hal Baru di Dunia Kerja

  • Share
  • fb-share
Bene Dion dan Sastra Silalahi Spill Cara Eksplorasi dan Belajar Hal Baru di Dunia Kerja

Ngobrolin soal karir dan pekerjaan di zaman sekarang tuh enggak ada habisnya. Pasti enggak jauh dari pencapaian apa yang lo pengen dalam jangka waktu ke depan, pengalaman baru apa saja yang sudah lo dapetin, serta beberapa hal menarik lainnya.

Dari sekian lama lo bekerja di satu tempat atau berbagai tempat perusahaan, sudah terlihat mana saja ilmu baru yang bisa lo asah terus untuk jauh lebih berkembang. Merujuk tentang belajar dan eksplorasi tentang hal baru di dunia kerja, di MLDPODCAST episode 83 akan ngebahas bareng topik tersebut dengan Oza Rangkuti (OR) selaku host ditemani dua narasumber, Bene Dion (BD) dan Sastra Silalahi (SS).

(OR) Nah, pernah ada tuntutan dari atasan manajemen atau dari followers untuk coba hal yang baru. Misalnya aja dari followers kayak “Bang, lo coba bikin lagu dong” atau “Bang, coba bikin video tentang ini gitu”.

(SS) Kalo aku pribadi ya pernah, bikin kaos. Ya, aku pancing “Emang ada yang mau beli?”. Minimal ada yang mau beli sampai 12 kaos, aku jadiin biar pas selusin. Jadi ya udah akhirnya dapet premis atau insight dari followers atau teman-teman yang komen gitu. Mereka mengarahkan kita untuk bisa dapat peluang lain.

(OR) Bener sih, kadang topik-topik yang mau dibahas juga orang suka DM ke kita bahas ini, ini, ini.

(SS) Iya, tapi lebih banyak yang sotoy ya buat bahas gini, gini, gini. Abang pernah enggak di DM ada yang tiba-tiba bilang “Bang, bikin film soal ini lah.”

(BD) Kalo kayak gitu mah ada saja. Tapi kalo di film kan proses pembuatan dan segala macam itu kan panjang dan ribet, jadi ada komen gitu tuh enggak terpengaruh karena banyak sekali faktor terutama soal produser dan investasi kan. Jadi ketika misal followers ngomong gitu mah enggak ngaruh apa-apa. Kecuali dia “Bang, bikin film, gue biayain”. Itu baru beda tuh.

(OR) Nah, itu bener-bener haha..

(BD) Iya, itu baru terpengaruh. Itu sih baru agak-agak beda.

(SS) Berarti beda sama kreator konten, soalnya malah kebanyakan 80% kontennya banyak dari ngejawabin pertanyaan penonton.

(OR) Perkara bales komen aja bisa jutaan. Giliran kita yang niat bikin “Kok yang nonton cuma 14 ribu” hahaa.. Tapi memang rata-rata misalnya public figure atau orang yang bekerja di dunia kreatif tuh enggak cuma satu bidang doang ya. Kayak misalnya penyanyi tuh maen film juga, terus komedian bikin konten juga. Nah, itu gimana menurut kalian?

(BD) Menurutku sih semua lahan pekerjaan itu karena sudah ada irisannya. Dan semua bidang pekerjaan bidang ini tadi tuh, sedetail-detail itu enggak ada kuliahnya. Jadi enggak ada hirarki yang jelas untuk masuk ke sana. Kayak misalnya penyanyi terus dia jadi aktor, enggak ada kayak “Oke, kalo dia mau jadi aktor, dia harus sekolah gini gini gini”. Semua orang bebas mencoba kan dan ada irisan di sana kan. Misalnya orang nyanyi butuh kepercayaan diri, butuh gerak tubuh, butuh menguasai panggung dan ilmu ini ketika akting juga bisa dipakai kan. Jadi ada irisan-irisan itu ketika career shifting gitu tuh enggak dari nol.

Sudah mulai seru nih obrolan mereka bertiga dan masih banyak lagi pembahasan lainnya yang bisa lo dengerin sampai tuntas. Mulai dari bagaimana pengaruh lingkungan terhadap kerjaan, harus totalitas dalam berkarir, sampai munculnya godaan opportunity baru.

Simak versi penuhnya di sini, hanya di channel YouTube MLDSPOT TV. Dengerin juga versi audionya di akun Spotify MLDPODCAST. Cek di sini untuk tautan selengkapnya, Bro!

Biar lo enggak ketinggalan berita paling fresh dari MLDSPOT, lo cukup kepoin terus mldspot.com dan follow Instagram @mldspot. Pengen dapetin iPhone sampai PS5 gratis? Kumpulin MLDPOINTS lo sebanyak-banyaknya mulai sekarang juga, serta jangan kelupaan untuk ikutin caranya di sini.

Comments
Ade Purnomo
Nah gini dong, harus tau potensi
DESTI IFANNI SARI
Mantap kamg, thx sharing2 nya. Sukses selalu