Inspiring People
Rabu, 20 April 2022

Cancel Culture Juga Bisa Fail

  • Share
  • fb-share
Cancel Culture Juga Bisa Fail

 

Pernah nggak lo nyimak orang ribut-ribut di sosial media, nge-cancel satu pihak, tapi pas lo telusuri lagi masalahnya tuh gak jelas? Yak, cancel culture juga bisa fail kok, bro.

 

Istilah cancel culture yang semakin ke sini makin sering lo denger emang jadi semacam senjatanya netizen jaman sekarang. Nggak suka dikit sama seseorang, pasti larinya nge-cancel, sampe beneran nge-judge orang tersebut dengan komentar pedas yang berlebihan. Padahal kadang-kadang yang jadi akar masalahnya tuh sepele, dan cenderung nggak perlu buat dibikin rame.

 

Oza Rangkuti (OZ) selaku host MLDPODCAST, menyebutkan bahwa pernah ada kejadian artis antagonis asal Korea yang diserbu komentar negatif dari netizen lokal sampe artis tersebut beneran pensiun medsos. Asli serem banget nggak sih bro!?

 

Dari sinilah Oza jadi ngebahas soal cancel culture juga bisa fail. Pastinya Oza nggak sendirian, dia ngebahas fenomena ini bareng Cania Citta (CC) dan Karin Novilda (KN) atau yang biasa disebut Awkarin di episode ke-75 MLDPODCAST. Berikut beberapa kutipan obrolannya.

 

(CC) Ya memang seperti yang gue jelasin tadi kayak cancel itu sebenarnya kan permasalahannya apa dan kenapa cancel-nya ya. Kalo pemikiran kita agak kurang cerdas dan jadi salah kaprah kan jadinya nggak jelas.

 

(KN) Kalo masalah-masalah receh gitu harusnya sih ya nggak usah diterusin kan.

 

(CC) Dan tadi salah kaprah juga nggak sih, maksudnya ini kan artisnya memeranin film sebagai antagonis, dan itu kan namanya akting ya jadinya kenapa lo meng-cancel.

 

(OR) Dan orang Korea maksudnya ya tolong dong ya netizen lokal, orangnya juga nggak ngerti bahasanya kan, Tiba-tiba tiap hari si artis ini dapet notif ratusan “pelakor pelakor pelakor” kan ya nggak ngerti juga tapi lama-lama kan risih.

 

(KN) Ohh gue ada sih satu case kebetulan temen gue meninggal, terus habis itu tiba-tiba netizen lokal rame banget aja di account orang luar yang nama orangnya sama. Sumpah bener komennya nih dari orangnya masih hidup nih, ada tiga orang nih di negara berbeda terus kayak dikomenin sama netizen tanpa ngecek fakta dulu siapa orangnya. Kan ini lo bisa buka google gampang kan dan lo bisa ngeliat wajahnya. Orang-orang itu dikomenin bilang “RIP”.

 

(OR) Iya sih itu serem banget sih.

 

(CC) Sama pernah kan juga ada franchise kena gitu. Jadi misalnya ada franchisenya dia di Cinere nah itu yang bermasalah, tapi yang kena cancel di google tuh semua cabang. Jadi malah kena di Surabaya, Malang, semua di-cancelin. Ini kan yang ngelakuin yang sono, kenapa sini yang kena.

 

Nggak habis di sini aja obrolannya bro, banyak keseruan lainnya yang bisa lo simak langsung di sini, di channel Youtube MLDSPOT. Lo juga bisa dengerin versi audionya di sini, di MLDPODCAST via Spotify. Jadi, apa pendapat lo soal cancel culture? Tulis di bawah ya.


Pengen dapetin hadiah Lebaran dari MLDSPOT? Sign up sekarang juga di sini dan share artikel-artikel menarik MLDSPOT di semua akun media sosial lo. Pilihan hadiah iPhone 12 Pro, PS5, dan banyak lainnya sudah nungguin lo nih bro. Gas lah nggak pake lama!

Comments
Kania Kristi
cancel the cancelled
WILDA NOVITA
mantap.........