Inspiring People
Rabu, 02 November 2022

Gelora Ragam, Hasil Warna-warni Karya Mural Stereoflow Menghiasi Taman Menteng

  • Share
  • fb-share
Gelora Ragam, Hasil Warna-warni Karya Mural Stereoflow Menghiasi Taman Menteng

Gimana sih kalo ruang publik sekarang lebih bagus diwarnai dengan hasil-hasil karya para street artist Indonesia? Pasti sudah kebayang kerennya kayak gimana kan, Bro.

Di Jakarta sendiri, sebelumnya lo pasti sudah melihat karya mural dari berbagai street artist menghiasi kolong jembatan di perbatasan jalanan antara Stasiun MRT Dukuh Atas BNI dan Stasiun KRL Sudirman, serta beberapa kolaborasi mural yang tersebar di berbagai sudut Jakarta.

Saat ini, street artist bernama Adi Dharma yang lebih dikenal sebagai Stereoflow, baru saja mengeksekusi salah satu taman legenda di Jakarta, yaitu Taman Menteng. Tempat ini diubah menjadi terlihat jauh lebih hidup dan semakin eksploratif. Stereoflow dipercaya sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menampilkan daya tarik yang ikonik di Taman Menteng. Proyek besar yang dinamakan “Gelora Ragam” ini juga didukung penuh oleh Pop Mie, Matrix NAP Info, Disparekraf DKI Jakarta, dan beberapa pihak lainnya.

Stereoflow atau Adi Dharma mengungkapkan bahwa dirinya senang sekali dengan kolaborasi kali ini bersama Pemprov DKI Jakarta yang cukup seru dan terbilang menantang di lapangan Taman Menteng. "Semangat Jakarta Kota Kolaborasi serta keberagaman menjadi ilham yang kuat bagi saya untuk mewujudkan karya mural dalam kesempatan istimewa ini,” katanya lagi.

Ada empat lapangan berhasil disulap Stereoflow bersama 10 orang dari rekan satu timnya. Rencana awal lama pengerjaan bisa diselesaikan hanya 10 hari saja, namun semua di luar kendali karena Jakarta sedang dilanda cuaca ekstrim hingga mundur sampai 17 hari. Tantangan besar dalam memproduksi karya ini memang hanya mengandalkan cuaca saja.

Stereoflow menggunakan komposisi 11 warna yang menghabiskan 64 pail cat atau setara dengan 1.280 liter cat. Bayangin aja panjang dari empat lapangan ini kalo lo samain dengan gedung, sudah setara 32 lantai, Bro. 

Hasil karya "Gelora Ragam" bisa mewakili sebuah statement bahwa ruang kreatif bisa ditemukan di mana saja. Penggambaran lugas Stereoflow akan pandangannya terhadap keberagaman warna senantiasa menjadi satu keselarasan komposisi warna yang saling melengkapi satu sama lainnya. Hal tersebut terinspirasi dari masyarakat Jakarta yang sangat beragam dan dinamis tapi hidup berdampingan dengan damai.

Lewat karakteristik Stereoflow yang bertemakan keceriaan dan memainkan elemen-elemen pop art, karya muralnya ini juga diharapkan membawa pesan positif bagi semua kalangan yang pengen berolahraga di sana ataupun sekadar nongkrong saja.

Kepoin di sini untuk hasil karya-karya luar biasa lainnya yang dihasilkan Stereoflow. Intip juga proyek "Gelora Ragam" yang sudah dirangkum dalam sebuah video. Cek di sini, Bro!

Menurut lo selain Taman Menteng ruang publik mana lagi nih yang bisa dijadikan tempat eksplorasi para street artist Indonesia? Bagikan komentar lo di bawah ya.

Pantengin terus website mldspot.com atau follow Instagram @mldspot untuk keseruan aktivitas paling fresh dari MLDSPOT. Jangan ketinggalan juga tonton Webseries Stage Bus Jazz Tour 2022 hanya di MLDSPOT TV.

Pengen dapetin gratis iPhone, PS5, E-gift Voucher, dan official merchandise MLDSPOT? Kumpulin MLDPOINTS lo sebanyak-banyaknya!

Comments
Rahmat Sujati
Emang orang kita, lebih suka tampilan dari pada fungsi. Sungguh...
Sandi prasetiyo
Terus lah berkarya Lo keren