Inspiring People
Kamis, 23 Juni 2022

Langsung Kasih Inspirasi, Biar Meeting Gak Basi

  • Share
  • fb-share
Langsung Kasih Inspirasi, Biar Meeting Gak Basi

Sebagian besar sesuatu yang seru dalam bekerja terjadi ketika lo meeting bareng sama tim dari divisi lo sendiri atau bareng sama tim besar lainnya. Diskusi yang membicarakan project penting, brainstorm, atau pemecahan sebuah masalah, yang bisa diselesaikan dengan baik.

Ada dampak positif dan negatif. Kalo ambil sisi positifnya diskusi dalam sebuah meeting tuh sangat penting sebagai keseimbangan dalam bekerja serta membantu tiap individu lebih dekat untuk mendapatkan chemistry yang kuat dengan tim. Namun, bisa berbalik arti juga kalo terlalu sering meeting dan masih banyak yang bercanda atau nggak fokus, maka feedback negatifnya jauh lebih besar, karena membuang waktu, tenaga, dan akhirnya nggak membuahkan hasil.

Buat lo karyawan in house ataupun internship yang sekiranya masih dalam masa probation, pasti ada yang merasa canggung ketika ikut meeting. Bingung karena nggak tahu mau ngapain itu pasti sering terjadi, apalagi sebagai anak baru masih butuh adaptasi dulu. Merasa takut salah adalah kendala paling utama buat lo menyampaikan pendapat di saat meeting.

Situasi seperti itu wajib lo hilangkan. Meskipun nggak bisa cepat tapi setidaknya lo harus berusaha selangkah lebih baik untuk berkontribusi dalam meeting. Nggak ada salahnya kok, misal lo memberikan pendapat karena semua input akan ditampung lalu didiskusikan kembali. Biar bisa melanjutkan langkah-langkah yang gue maksud, lo bisa cek beberapa tips ringan ini.

Hal yang paling dasar adalah lo harus fokus atas apa yang lagi dibahas. Coba untuk menelaah terlebih dahulu pembahasannya dari awal agar tahu arahnya menuju kemana. Selain itu, lo harus menjadi seseorang yang lebih santai, karena ketika pembahasan meeting terlihat semakin tegang, di situ lah tantangan lo untuk bisa membawa diri agar pikiran tetap calm down.

Sudah memasuki pertengahan meeting pasti sudah muncul dari tiap individu memberikan pendapatnya masing-masing. Pada situasi ini waktunya lo berani untuk kasih pendapat dan inspirasi terkait dalam pembahasan pada saat itu. Ada tapinya lagi nih Bro, sebelum lo mau memberikan input lo harus bangun kepercayaan diri, lalu mencatat dulu akar dari segala inti yang mau lo ungkapkan dan mengatur bahasa yang akan lo kasih. Hal itu sepele namun kalo lo terapin pasti membuat lo lebih lancar untuk menjelaskannya.

Yakin deh Bro, kalo inspirasi-inspirasi yang ada di otak lo berhasil dijelaskan secara baik, lo bakal diterima dengan baik pula oleh lingkungan kerja. Di sisi lain ketika lo menjelaskan pendapat dan inspirasi tersebut, lo bisa memecahkan hal-hal yang basi dan membosankan pada saat meeting. Pasti senang banget nggak sih kalo suasana jadi cair dengan segala inspirasi lo, yang akhirnya bisa berlanjut membahas atas apa yang lo kasih.

Dari situ lah awal buat lo bisa dipercaya dalam tim untuk memberikan pendapat dan inspirasi lainnya di meeting selanjutnya. Yah, intinya lo harus punya konsistensi dalam diri sendiri untuk tetap produktif dalam bekerja agar bisa memberi kontribusi lebih ke perusahaan.

Ada yang sedang dalam posisi seperti ini sekarang? Nah, saatnya lo berubah dan coba terapin semua tipsnya, Bro. Pelan tapi pasti juga it’s okay lah.

Reminder lagi kalo tiap lo membagikan semua artikel-artikel MLDSPOT di akun media sosial, lo bakal dapetin banyak MLDPOINTS dan bisa dapetin hadiah iPhone 12 Pro sampai PS5 nih, Bro. Ada yang belum tahu caranya? Cek di sini, jangan lupa sign up juga ya.

Comments
Muhammad Alwi Hasan
okedeh bagus banget
Agus mustofa
71106081388930479