Inspiring People
Senin, 18 Juli 2022

Menetapkan Standar Baru di Industri Musik

  • Share
  • fb-share
Menetapkan Standar Baru di Industri Musik

Tantangan musisi tuh sebenarnya enggak cuma bikin musik ataupun lirik yang bagus aja, tapi mereka juga punya tantangan ketika sedang tampil. Contoh besarnya misal lo jadi musisi, lo harus bisa membangun vibes di atas panggung bisa membawa ambience yang enak buat penonton. Lalu lo harus siapin daftar lagu khusus biar flow-nya enak dan ada emosional tersendiri dari satu lagu sebelumnya ke lagu selanjutnya serta masih ada beberapa hal lainnya.

Kebayang kan gimana caranya para musisi idola lo butuh aura yang humble dan fun ketika on stage? Alasan kuatnya yah biar penonton bisa lebih nyaman ngeliat musisi tersebut. Lo pasti sudah umum dengan band-band berkostum unik, memakai  make up dan punya perform yang liar banget. Semuanya balik lagi karena band tersebut ingin menjalin relasi kuat dengan penonton.

Di episode ke-79 dari MLDPODCAST sempat ngobrol santai tentang musik bareng Basboi (BB) selaku host dengan dua tamu sekaligus musisi, ada Baskara Putra (BP) vokalis .Feast, yang punya nama panggung sebagai solois, yaitu Hindia. Kemudian satu lagi ada member dari Lomba Sihir dan Mantra Vutura, Tristan Juliano (TJ). Basboi melempar pertanyaan untuk mereka berdua yang bikin lo penasaran juga. Simak dulu bro!

(BB)  Gimana cara lo berdua buat menjalin relasi dengan audiens?

(BP) Wah kalo dia mah suka nge-dm orang. Dia secara bisnis bener-bener bisa nge-convert audiens bisa jadi sales.

(TJ) Hahahaa..

(BB) Direct marketing nih ya?

(BP) Gimana nggak laku, dia tuh gini “kalo lo beli sekarang, gue samperin”. Buset deh.

(TJ) Tapi memang media sosial diciptakan untuk bersosial, tapi balik lagi ke personalnya masing-masing ya misalkan Mantra Vutura atau Lomba Sihir.

(BP) Gue nggak tau malahan sama gue di Hindia ya. Gue ngerasa tuh suka lalai di marketing, banyak checklist sebagai musisi yang seharusnya nggak gue kerjain. Gue kayak mikir ya udah lah karena gue energinya kadang-kadang habis gitu.

(BB) Tapi sebelum lo lanjut nih, lo sadar nggak bahwa musisi-musisi tuh makin banyak checklist karena marketing move lo.

(BP) Hah, apaan coba? 

(BB) Iya, menurut gue sebelum lo dengan your marketing move apapun di .Feast dan Hindia tuh musisi-musisi tuh nggak gitu-gitu amat dan nggak se-effort itu marketingnya.

(BP)  Kalo gue yang bikin itu bukan checklist orang-orang sebelumnya as in kayak gue tau harus ada press release, tapi gue effortnya gede banget buat kontak media dan gue di momen itu beberapa tahun lalu banyak yang nggak kenal. Jadi cara gue adalah let the audiens come to me, jadi bikin sesuatu dimana ini cukup besar ini tuh bisa nge-bypass press release. Jadi kadang-kadang yang gue kerjain nggak ada di checklist orang-orang, karena gue ngerasa yang sudah ada di checklist musisi terlalu berat buat gue. Gue nggak ada dana, waktu, energi, jadi ya udah lah bikin kayak gini aja. Misalnya video lirik gimana ya gue nggak punya footage, videografer, ya udah adsense kita matiin, gue nggak cari duit juga terus kan pendengar lo banyak terus kumpulin punya apaan bikin video bareng-bareng, namanya gue tulis ternyata jadi sesuatu. Itu yang sering gue lakukan, karena gue nggak pernah mau karya gue jadi kerjaan

Segitu dulu aja nih cuplikan dari MLPODCAST-nya. Udah kebayang kan gimana keseruan obrolan mereka bertiga di episode terbaru. Penasaran sama pembahasan lainnya? Cek di sini, atau bisa juga dengerin versi audionya di sini. Setelah elo menyimak semua episode MLDPODCAST, jangan kelupaan juga buat share di semua akun media sosial lo.

Sudah cek MLDPOINTS lo bro? Kalo belum coba buruan deh cek di sini. Dari semua poin lo nantinya bakal dapet kesempatan bawa pulang iPhone 12 Pro sampai PS5 secara gratis.

Comments
Geraldo Timbun Hamonangan
Keren banget
Dede Kuswara
Sangat bermanfaat