Inspiring People
Kamis, 19 Januari 2023

Networking adalah Kunci! Michael ‘Zodiac’ dan DJ Ninda Kasih Paham Buat Lo

  • Share
  • fb-share
Networking adalah Kunci! Michael ‘Zodiac’ dan DJ Ninda Kasih Paham Buat Lo

Tren nightlife shifting itu memang benar-benar nyata dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Lo pasti ingat zaman dulu kalo mau dugem aja ribet banget, kayak lo harus all out soal outfit yang super rapi. Saat ini, semuanya berubah drastis ketika dunia entertainment di malam hari teracuni oleh tren berkaraoke ria, yang bisa lebih diterima dengan format yang lebih santai dan casual.

Konotasi nightlife shifting kini bukan hanya tentang hal-hal negatif saja, justru dari situlah lo juga bisa mendapatkan networking tambahan untuk memperluas relasi kuat di luar circle tongkrongan lo sendiri.

Kembali di MLDPODCAST episode ke-86, Sastra Silalahi (SS) selaku host bakal mengupas tuntas tentang hal tersebut. Sastra bakal ditemenin oleh dua narasumber yang sudah banyak makan asam garam di kehidupan malam, yaitu founder dari Zodiac, Michael Kilian (MK), dan Ninda Felina (NF), salah satu DJ keren di ibukota.

(SS) Gue pengen tahu nih. Lo berdua pernah gak sih, pernah dapat inspirasi, link kerjaan mungkin, atau lo emang niatin ngobrolin kerjaan di tempat tongkrongan malam?

(NF) Sering lah, sering banget. Jadi ya seperti yang sudah kita bahas, kayak memang konteks gue mau pergi makan terus mau lanjut ke mana. Jadi kayak memang biar suasananya lebih santai, lebih kekeluargaan, ya udah lanjut kali ya sambil nge-wine, sambil nge-cocktail lebih chill aja.

(MK) Gue juga ketemu klien ataupun kayak teman mau dikenalin ke siapa ya gitu juga sih, gue lebih lepas juga kan. Reasonable juga kalo lo habis minum terus ngobrolin yang lebih lepas lebih luas gitu. Itu mungkin salah satunya brad, dibanding meeting sore-sore gitu kayak yak elah.

(SS) Kalo bisa dihitung, lo lebih dari 10 gak dapat job dari situ?

(MK) Bisa dibilang iyes.

(NF) Gue bisa lebih dari 10 banget sih.

(SS) Lo biasanya dapat job apa?

(MK) Kalo gue kan backgroundnya graphic design, branding, dan lain-lain, jadi dapat banyak kerjaan gue dari situ. Project-project misal orang bahas kayak ngajakin kerja ikut project dan lain-lain gitu, banyak di situ sih.

(SS) Berarti lo open juga gitu misalnya gue punya tempat nih, kayak “Eh lo bantuin gue design segala macem?”

(MK) Iya, gue open. Banyak yang kayak gitu, itu macem-macem industrinya juga misalkan dari fashion dan lain-lain. Cuma kadang-kadang selain itu orang banyak nawarin “Eh lo mau buka di tempat ini gak?” atau “Eh lo suka sama bisnis ini gak?”. Itu benar-benar di situ banget.

(SS) Nah, kalo lo gimana, Nin?

(NF) Ya sama ya kurang lebih kayak Michael. Kayak memang jadi luas kan, misal seumpama gue ketemu Michael terus nanti Michael punya teman ini lagi dikenalin juga, terus kita jadi hangout minum bareng. Sudah jadi bagian dari hidup, bagian dari pekerjaan. Dan gini, ketika gue ada di satu momen pernah mager banget bisa sebulan di rumah terus gue kayak “Gue gak boleh kayak gini nih, gue harus networking”. Terus gue pergi aja ke satu tempat pasti ada aja yang kenal kan “Hei Nin, nih kenalin ada ini nih nih nih…” jadi berlanjut gitu loh. Tiba-tiba nanti dia nawarin kerjaan gue DJ di sini, atau dia akan ada event di mana, jadi kayak momen-momen kayak gitu gue appreciate banget.

Sampai sini saja obrolan mereka bertiga sudah seru banget nih, Bro. Masih banyak pembahasan lainnya yang ada dalam MLDPODCAST episode-86 seperti memilih dugem atau karaoke night, menelusuri nightlife yang ideal dan bebas stigma negatif, dan banyak lainnya.

Tonton versi lengkap MLDPODCAST episode 86 di sini, hanya di channel YouTube MLDSPOT TV. Lo juga bisa dengerin versi audionya langsung dari akun Spotify MLDSPOT. Cek di sini ya!

Pengen dapetin iPhone, PS5, E-gift voucher ratusan ribu rupiah secara gratis? Kumpulin MLDPOINTS lo sebanyak-banyaknya, karena nantinya lo cukup tukerin MLDPOINTS dengan hadiah-hadiah keren tersebut.

Comments
Mushoni nur hidayat
thhanks ilmunya bang
Ade Purnomo
Tuh dengerin, "jaringan"