Rama Tribudiman: Hidup dari dan untuk Balapan Remote Control

Beberapa tahun yang lalu, hobi mungkin hanya sekadar kegiatan untuk mengisi waktu luang. Tapi seiring berjalannya waktu, hobi akhirnya berkembang menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari dengan passion sebagai landasannya. Nggak ada lagi tuh yang namanya melakukan hobi karena ‘kurang kerjaan’. Yang ada malah hobi itulah yang jadi pekerjaan lo.

Lantas apa saja sih hobi yang bisa menghasilkan uang? Well, salah satunya adalah balapan remote control. Mulai dari ikutan kompetisi sampai merancang dan menjual perangkat maupun komponennya, semua bisa jadi sumber pemasukan yang menjanjikan. Nggak percaya? Ada kok yang sudah berhasil membuktikannya, Urbaners. Dia adalah Rama Tribudiman.

Rama merupakan seorang kolektor perangkat remote control. Koleksinya antara lain meliputi RC Car, drone berbaling-baling, dan drone sayap. Dia cukup populer sekaligus aktif di scene balapan drone dan komunitas serta sudah menyabet sejumlah penghargaan. It’s cool, right?

Rama Tribudiman sedang menjelaskan tentang drone yang berukuran besar

So far, Rama sudah pernah menerbangkan dua drone berukuran besar. Yang pertama, ada X8 dengan ukuran 1,2 meter. Sedangkan yang kedua, ada Heli JRPropo GSR260Z dengan ukuran yang lebih besar lagi, yakni 1,785m.

Khusus untuk drone racing, Rama mengakui kalau dirinya tertarik karena merasa mendapat dorongan adrenalin. Menurutnya, drone racing jauh lebih menantang dan berbeda dari balapan remote control pada umumnya. “Dengan adanya drone racing, kegunaan drone menjadi lebih luas lagi,” tambahnya.

Serunya lagi, Rama ternyata nggak hanya menjadikan perangkat drone sebagai bagian dari koleksi dan olahraga semata. Berkat kepiawaiannya dalam melihat celah bisnis, dia juga mendesain sekaligus menjual drone melalui kolaborasi dengan brand Alpha Squad Multirotor. “Kalau drone racing biasanya hanya menggunakan kamera GoPro kecil. Di sini yang kita develop, desain, dan manufacturing sendiri bisa mengangkat kamera mirrorless ataupun cinema camera.”

Nggak berhenti sampai di situ, Rama pun menggabungkan hobi balapan remote control dengan kegemarannya di bidang sinematografi. Hal itu diwujudkannya dengan mendirikan tim aerial videography Sukaterbang dan tim key grip Nusa Indonesia. “Sukaterbang hanya fokus di aerial, bisa kamera jenis apapun. Kalau Nusa Indonesia lebih ke special film rigging equipment. Motion-motion yang agak sedikit aneh di dunia perfilman akan kita coba support,” jelasnya.

Rama Tribudiman tampak fokus mengotak-atik remote control-nya

Untuk target ke depannya, Rama masih akan terus mendalami teknologi dalam kaitannya dengan perangkat remote control. “Yang pasti gue into it banget sama teknologi. Gue ingin membuat suatu perubahan dengan teknologi, terutama remote control, yang bisa digunakan oleh banyak orang.”

Anyway, masih banyak keseruan lainnya seputar perangkat remote control dan drone racing yang kami bahas bareng Rama. Penasaran, Urbaners? Langsung cek YouTube Channel MLDSPOT TV dan tonton obrolan kami selengkapnya di MLDSPOT TV Season 5 episode 10 dengan tema “Remote Racing”. Pastikan lo sudah subscribe channel-nya, and get yourself inspired!