Inspiring People
Rabu, 29 Juni 2016

Rio Sidik: Musisi Internasional Bernasionalisme Tinggi

  • Share
  • fb-share
Rio Sidik: Musisi Internasional Bernasionalisme Tinggi

Perjalanan Rio Sidik dalam bermusik patut diacungi jempol, Urbaners. Berbagai belahan dunia pernah dijelajahinya untuk bermusik, mulai dari negara-negara Asia, Eropa, bahkan Afrika! Rio Sidik juga sharing tentang pengalamannya mengadakan tur di Afrika yang sangat berkesan. Disana ia melakukan kolaborasi dengan musisi lokal dan juga alat musik tradisional Afrika. Ia merasa sangat senang, bisa berkesempatan bermain ditempat kelahiran musik soul dan jazz! Saat itu, Rio Sidik adalah orang Indonesia pertama yang mengadakan turnya di Afrika. Wow! Faktor lain keberhasilannya adalah keterbukaan Rio Sidik pada semua orang. Karena dengan terbuka, akan selalu ada pengetahuan baru yang didapatkan, dan tentunya juga kesempatan baru.

Rio Sidik sering banget ditawarin untuk tinggal di luar negeri dan berkarya disana, tetapi semua ditolak olehnya. Kecintaan Rio Sidik akan Indonesia lebih besar daripada egonya. Rio Sidik lebih memilih untuk tinggal di Indonesia, dan mengajarkan keahliannya dengan orang-orang Indonesia. Karena ia melihat banyak sekali musisi berbakat Indonesia yang bisa sepertinya atau bahkan lebih, tinggal bagaimana niat dan tekadnya saja.

Meskipun Rio Sidik sering disebut-sebut sebagai musisi Jazz, tapi ia mengaku tidak mau untuk di beri 'label' seperti itu. Rio Sidik lebih memilih untuk dipanggil hanya sebagai musisi Indonesia. "Because i love world music", ujar Rio Sidik. Ia menyukai semua jenis musik mulai dari pop, rock sampai trance. Dan Rio Sidik juga sering melakukan kolaborasi dengan DJ. Nggak nyambung? Tidak untuk Rio Sidik. Dua jenis musik yang berbeda dapat ia fushion menjadi musik yang sangat menarik! So, yang menganggap terompet adalah alat musik jazz, salah banget!

Comments
Riyanti Rostiana
bagus infonya
Sukamto
Yauwww keren bro