Terinspirasi Buat Eksplor Kuliner Lokal Dari si Culinary Storyteller: Ade Putri

Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari cerita-cerita menarik si Culinary Storyteller: Ade Putri! Penasaran ada cerita menarik dan seru apa saja dari cewek inspiratif ini? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

Siapa di antara lo semua yang baca artikel kali ini, kalau lagi mau makan, mesti lihat food vlogger review makanan dan lo berharap makanan yang lo makan juga seenak yang lagi di-review sama food vlogger itu?

Makan sembari nonton food vlogger me-review makanan itu bukan hal yang salah, sih. Jadi ya tidak apa-apa dan sah-sah saja. Memangnya, siapa sih food vlogger yang biasanya lo tontonin? Sebutin dong di kolom komentar di bawah nanti!

Nah, di antara food vlogger yang suka lo tonton, di bahasan kali ini, gue juga mau ngajak lo kenalan sama sosok cewek yang sudah terjun di dunia kuliner cukup lama. Bahkan, cewek yang satu ini sudah hampir keliling ke pelosok-pelosok Indonesia buat tahu bagaimana tradisi kuliner nusantara.

Bro, tanpa berlama-lama dan berbasa-basi lagi, kenalin: Ade Putri Paramadita! Buat lo yang langsung kepo, nih akun Instagramnya: @misshotrodqueenby the way, jangan lupa pantengin Instagram @mldspot karena bakal ada Ade Putri di Instaclass yang siap cerita pengalaman inspiratifnya buat lo semua!

Bentar-bentar, lo sudah tahu belum nih apa hubungannya Ade Putri sama bahasan soal makanan di artikel kali ini? Spoiler sedikit nih buat lo – di bahasan kali ini, ada beberapa pertanyaan yang sudah dijawab sama Ade Putri sebagai gambaran soal dirinya.

Penasaran pertanyaan apa saja yang sudah dijawab sama Ade Putri? Gini bro, daripada lo nebak-nebak sendiri pertanyaan kaya apa yang sudah dijawab sama cewek inspiratif yang satu ini, sila simak artikel ini sampai habis ya!

 

Tahu Lebih Dekat Dengan Ade Putri

Sang Culinary Storyteller

Ade Putri si Culinary Storyteller lagi cerita siapa dirinya

Dari istilah yang ada di atas, sebenarnya sudah sedikit tergambarkan sih siapa si Ade Putri ini. Bro, di antara lo yang lagi baca artikel ini, ada yang bisa kasih tahu nggak ap aitu Culinary Storyteller? Kalau ada yang bisa, langsung gas aja apa pendapat lo di kolom komentar di bawah nanti ya!

Culinary Storyteller ini julukan yang cukup mengandung banyak arti, lho. Tim MLDSPOT beberapa waktu kemarin sudah sempat ngobrol-ngobrol sama Ade Putri nih. Ada beberapa pertanyaan yang sudah dijawab sama Ade Putri dengan lugas:

 

Tim MLDSPOT: Sebenarnya, ada proses apa sih sampai lo dapat label atau julukan sebagai seorang Culinary Storyteller?

Ade Putri: Sebenarnya label atau julukan Culinary Storyteller ini gue sendiri yang bikin. Ketika gue lagi mencoba self positioning atau self branding – gue tahu gue bisa nulis, gue bisa berkisah dan akhirnya gue rasa Culinary Storyteller adalah julukan yang tepat untuk menggambarkan siapa Ade Putri.

 

Tim MLDSPOT: Kalau dilihat dari label atau julukan lo sekarang ini yaitu Culinary Storyteller, emangnya ada faktor apa saja sih yang bisa lo certain dari sebuah kuliner? Apakah berkaitan sama sejarahnya, atau banyak faktor lainnya?

Ade Putri: Banyak banget sih yang bisa diceritain dari sebuah kuliner. Kalau dari penampilannya ya, lo bisa ceritakan soal bahan baku yang digunakan itu apa saja, proses memasaknya itu bagaimana, terus presentasi atau penampilan dari makanannya itu seperti apa, sampai ke aroma – bisa lo ceritakan semua. Terlebih ya, ini bakal semakin menarik kalau dari kuliner tersebut ada nilai sejarah dan budaya, sampai mungkin ada cerita bagaimana makanan itu bisa diterima di sisi kehidupan.

 

Tim MLDSPOT: Wah banyak juga ya yang bisa diceritakan dari sebuah kuliner. By the way, lo sudah expert nih di kuliner, ada passion lain nggak yang lagi lo kejar, atau ada hal baru yang lain nggak yang sedang curi perhatian lo buat dikulik lebih dalam?

Ade Putri: Gue sendiri sebenarnya tidak pernah mengejar apapun, passion itu rasanya nggak gue kejar karena rasanya itu datang sendiri. Mungkin ini karena sambil berjalan ya, jadi gue tahu oh ini nih passion gue which is culinary.

Kalau ditanya ada yang lagi curi perhatian buat dikulik lebih dalam, menurut gue, tradisi budaya kuliner Indonesia aja gue belum selesai kok. Lagipula gue juga belum expert kaya yang lo bayangin. Hal ini terkait sama masih banyak lho budaya serta tradisi kuliner Indonesia yang baru dan masih bisa gue kulik terus nantinya bisa gue ceritakan lagi ke publik. Contohnya aja, gue belum selesai juga buat eksplor lebih dalam soal tradisi kuliner Indonesia di wilayah timur. 

 

Tim MLDSPOT: Oh iya, coba kasih tahu kita 3 kata yang merepresentasikan siapa sih Ade Putri ini?

Ade Putri: Kuliner, Beer, Sepeda

 

Tim MLDSPOT: Kita percaya nih sama taste yang lo punya. Buat kita yang ada di Jakarta dan mau kulineran, coba sebut 5 tempat yang perlu kita datengin.

Ade Putri: Kalau ditanya harus ke mana, menurut gue nggak ada tempat wajib seperti itu. Kalau ngomongin Jakarta, percaya atau tidak ya, orang itu cenderung akan tetap datang ke tempat yang nggak jauh dari di mana mereka tinggal.

Kalau misalnya ditanya, eh tempat sate yang enak di mana? Bubur ayam yang enak di mana? Atau mie ayam yang enak di mana, mungkin jawabannya akan mengacu ke tempat-tempat yang jauh. Tapi yang bakal didatengin pasti yang masih mudah dijangkau pas lagi berkendara.

Jadi gue sendiri akan menyarankan cobalah eksplor tempat-tempat di sekitar lo. Gue aja yang tinggal di Jakarta Selatan, baru tahun lalu gue nemuin spot makanan Betawi yang menarik dan WOW UNIK sekali di mana salah satu menunya adalah opor ayam kuning tanpa santan!

Dan ternyata spot tersebut masih sekitaran tempat tinggal gue juga. Jadi gue akan selalu bilang ke kalian kalau nggak ada tempat yang wajib banget buat didatengin. Karena kadang kok kita jadi ngejar yang tempatnya jauh padahal di sekitar kita itu ada yang bisa kita perhatikan juga.

Nah, kebetulan karena gue suka banget naik sepeda, jadinya gue akan lebih mudah menemukan tempat-tempat yang seru buat didatengin. Jadi gue bisa dengan gampang berenti, minggir, cobain dulu, dan bisa gue ceritain kepada siapapun!

 

Ade Putri si Culinary Storyteller lagi cerita siapa dirinya

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai jawaban atau cerita-cerita yang Ade Putri sudah utarakan, tentu lo jadi tahu bagaimana cara soal mengejar passion, tahu bagaimana untuk stay humble dan tahu juga nih bagaimana buat jadi seorang inspirator!

Thank you banget nih Ade Putri udah cerita-cerita seru soal siapa diri lo. Kita jadi tahu dan terinspirasi buat eksplor tempat-tempat yang ada di sekitar saja dulu, karena bisa jadi kita bisa nemuin yang enak kaya yang Ade Putri sudah temukan sebelumnya!

Buat lo yang pengin keep in touch sama Ade Putri, langsung aja follow Instagramnya di @misshotrodqueen – dan jangan lupa get yourself inspired with MLDSPOT!

Time Spent
3