Inspiring Places
Senin, 28 Juni 2021

Level-up Dengerin Musik di Subo Jakarta

  • Share

Musik dan lagu udah jadi teman yang menemani lo di setiap saat. Mulai dari bangun tidur sampai bahkan mau tidur lagi, hidup lo nggak bisa terlepas dari musik deh. Nggak banyak dari lo yang menyadari – kalo mendengarkan musik udah jadi hal yang biasa dilakukan, nggak jarang dari kita jadinya menganggap mendengarkan musik udah bukan jadi hal yang istimewa lagi – karena udah jadi sebuah kebiasaan.

Dengerin lagu emang hal yang biasa, tapi dengerin lagu dengan experience yang berbeda – apakah udah pernah coba?

Di Inspiring Places kali ini, MLDSPOT mau mengajak lo ke sebuah listening bar yang membuat lo bisa dengerin lagu dengan experience yang berbeda dan level-up dari musik yang biasa lo dengar sehari-hari.

Berkesempatan untuk main ke Subo Jakarta, MLDSPOT juga ngobrol banyak dengan owner-nya nih, bro. Bukan cuma tempatnya yang keren, cerita di balik Subo juga inspiratif banget, bro!

Daripada penasaran, langsung aja simak cerita selengkapnya ya!

Berawal dari Kecintaannya Terhadap Musik

Kesempatan ngobrol dengan owner dari Subo sendiri pastinya jadi hal yang istimewa banget. Subo sendiri dimiliki dan dikelola oleh 3 orang, yaitu Intan, Aria, dan Arif. Namun pada kesempatan kali ini, MLDSPOT berkesempatan untuk ngobrol dengan Intan.

Pada perbincangan awal, Intan menceritakan bahwa sebelum menjadi Subo seperti sekarang, basement rumah yang digunakan menjadi Subo sekarang awalnya merupakan tempat yang digunakan oleh Intan untuk masak dengan teman-teman komunitasnya bernama Dapur Bersama.

Dalam perjuangannya membangun usaha di 2015, Intan dan Aria – yang merupakan sejoli ini membangun sebuah toko musik yang bernama Substore. Awalnya hanya berada di Jakarta, tepatnya Pasar Santa, akhirnya Intan dan Aria berhasil membuka Substore di Tokyo.

Tentunya hal itu juga bukan perjalanan mudah, banyak rintangan yang dialami oleh keduanya. Atas kecintaannya akan musik, kedua sejoli ini berencana untuk membangun basement dan rooftop di rumahnya untuk menjadi sebuah hal yang menarik dan bisa dimanfaatkan oleh keduanya dalam bermusik.

Selang beberapa tahun berlalu, akhirnya rooftop dan basement berhasil dibangun dengan jerih payah yang dilakukan. Pada awalnya, rooftop dan basement ini hanya dimanfaatkan oleh keduanya untuk berkumpul dengan kerabat dan saudara.

Namun di suatu kesempatan di tahun 2019, ada satu media yang mengatakan bahwa basement ini harus dikomersialkan. Karena experience yang di dapatkan di tempat ini ketika mendengarkan lagu di sini nggak akan di dapatkan di tempat lain.

Untuk pendapat ini, MLDSPOT setuju banget nih, bro. Karena ketika masuk ke Subo dan mendengarkan lagu lewat vinyl yang udah disediakan dan bisa lo putar sesuai dengan keinginan lo ini punya vibes dan menimbulkan vibrasi yang berbeda deh!

Laboratorium Kuliner dan Bermusik

Subo Jakarta

Nama Subo sendiri diambil dari nama Sum-Mum Bo-Num yang memiliki arti kasta tertinggi dari sebuah kebaikan atau nilai barang. Nama ini sendiri diambil dari bahasa latin yang juga lagu dari Sunset Rollercoaster, band asal Taiwan.

Seperti yang udah di sebutkan di atas, Subo dibentuk berdasarkan kecintaan Intan dan Aria dalam bermusik. Sedangkan Arif sendiri memiliki kegemaran pada dunia kuliner. Hal ini yang akhirnya menyatukan ketiganya dalam konsep keren dari Subo ini.

Melihat konsep homey yang dimiliki oleh Subo, Intan, Aria, dan Arif yang dipertemukan di masa sulit ini mencoba untuk menciptakan tempat yang senyaman mungkin bagi siapapun yang berkunjung. Subo diibaratkan sebagai laboratorium – dengan makanan yang disajikan berbeda setiap harinya.

Para juru masak dibebaskan untuk membuat menu makanan setiap harinya yang berbeda dari hari sebelumnya. Begitu juga dengan barista yang bebas berkreasi membuat minuman dalam menu yang disajikan.

Dengan menu yang berbeda ini, ketiganya mencoba menciptakan Subo sebagai seakan pengunjung datang untuk berkunjung ke rumah kerabatnya. Dengan makanan yang disediakan selalu berbeda, lo pasti pengen main ke rumah temen lo ini setiap hari deh!

Uniknya lagi, menu yang ada di Subo ini mengambil nama berdasarkan human design – yaitu sebuah konsep yang mengambil pola dan perilaku manusia lewat vibrasi yang dihasilkan. Unik banget nggak sih, bro?

New Experience of Music

Subo Jakarta

Seperti yang udah disebutkan di atas juga, Subo memiliki konsep listening bar. Karena interiornya yang juga bikin nyaman, lo serasa nggak lagi di Jakarta deh, bro!

Di tempat yang hangat ini, lo bisa memilih lagu sendiri dengan vinyl-vinyl yang tersedia. Dengan konsep private, lo benar-benar bisa merasakan Subo sebagai rumah yang lo kunjungi untuk ngobrol dengan kerabat dekat dan mendengarkan musik yang lo suka.

Dengan perlengkapan yang juga high class dan hindangan yang juga menarik ini bikin lo merasakan experience yang nggak akan terlupakan deh!

Tertarik banget nggak sih ke tempat yang bisa menjadi sumber inspiratif ini? Kalo mau berkunjung, lebih baik lo hubungi dulu @subo.jkt di Instagramnya deh, bro. Karena konsepnya yang private, lo baru akan menemukan tempat ini setelah melakukan reservasi. So, enjoy dengerin musik dengerin new experience ini ya, bro!

Comments

Gokkkkkksss
keren banget