Inspiring Productss
Selasa, 22 Juni 2021

Mini Album ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’: Ketika Arsip Bisa Dinikmati Kembali

  • Share

Apa yang ada di benak lo ketika mendengar kata “arsip”? Tumpukan dokumen-dokumen yang udah ada dari kapan tahu? Atau data-data yang berkaitan dengan suatu sejarah? Lo nggak salah, Arsip adalah catatan rekaman yang berisi kegiatan atau sumber informasi yang dibuat oleh pihak tertentu. Bentuk arsip nggak melulu berupa dokumen aja, tapi bisa berupa film atau audio.

Pengarsipan itu penting agar suatu karya bisa terus dilihat dan rantai sejarahnya nggak putus. Berkat pengarsipan, lo akan bisa tau kayak gimana sih musik Indonesia di tahun 80-an atau bahkan di zaman penjajahan? Inilah yang jadi misi utama teman-teman Irama Nusantara, sebuah lembaga  yang ingin terus melacak dan mengarsipkan musik-musik yang ada di Indonesia.

Sejauh ini, Irama Nusantara berhasil mengarsipkan lagu-lagu Indonesia dari tahun 1920-an. Mereka rajin mengumpulkan kaset hingga piringan hitam untuk diarsipkan dalam format digital. Lama kelamaan, muncul keinginan untuk mengolah arsip tersebut agar bisa dinikmati banyak orang. Hasil pemikiran itu lah yang menghasilkan Inspiring Product kali ini: mini album ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’.

Mini album ini merupakan hasil kolaborasi MLDSPOT dan Irama Nusantara yang berisikan lagu-lagu Indonesia dari tahun 80-an yang dibawakan kembali oleh musisi generasi sekarang. Musisi  yang terlibat adalah Andien, Mondo Gascaro, Vira Talisa, Kurosuke, Parlemen Pop, Aya Anjani, Dhira Bongs, dan MLDJAZZPROJECT.

Indonesian City Pop, Kultur Lama yang Dekat Sama Anak Muda

Seperti banyak badan usaha lainnya, Irama Nusantara termasuk yang ikut terdampak secara finansial ketika pandemi menghajar Indonesia di awal tahun 2020. Irama Nusantara pun membuka donasi melalui crowdfunding. Dari sini beberapa pihak tergerak untuk membantu Irama Nusantara, salah satunya adalah MLDSPOT.

Setelah melalui proses diskusi yang panjang, MLDSPOT dan Irama Nusantara sepakat untuk membuat sebuah mini album yang bertajuk ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’. Nama mini album ini dipilih mengingat banyak lagu-lagu lawas Indonesia yang belum mendapatkan eksposur ke generasi muda. Sehingga apabila didengarkan akan menjadi sebuah lagu yang “baru” buat pendengarnya.

Dari sekian banyak era dalam dunia musik, Irama Nusantara memilih untuk mengangkat Indonesian city pop yang lahir dari era 80an. Hal ini disebabkan oleh maraknya kultur 80an dan Japanese city pop yang digandrungi anak muda dalam beberapa tahun terakhir. Nuansa musik pop 80an yang khas dengan unsur jazz, funk, hingga latin membuat istilah “city pop” muncul secara organik di masyarakat.

Untuk pemilihan musisi dalam ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’, tim Irama Nusantara langsung memasangkan antara musisi dengan lagu yang dianggap cocok.

“Kita memilih musisi yang kira-kira memiliki kemampuan, karakteristik, dan style musikal yang seragam.” ujar Koben, project manager ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’.

‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’ Ingin Edukasi Soal Pengarsipan dan Hak Intelektual

Lagu Baru Dari Masa Lalu

Tantangan tidak hanya datang buat para musisi yang harus unjuk gigi di mini album ini. Pengurusan hak intelektual dan legal lagu-lagu yang akan dibawakan menjadi pelajaran tersendiri untuk Irama Nusantara. Tantangan utamanya adalah sistem database untuk kekayaan intelektual di Indonesia belum terpusat.

“Jadi kita harus melacak satu-satu ke pemilik hak ciptanya. Entah itu dimiliki perorangan atau bahkan publisher yang ditunjuk oleh pencipta lagu.” terang Gery, project manager ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’ ketika ditemui di kantor Irama Nusantara.

Dari sini semakin terlihat soal pentingnya pengarsipan karya bagi musisi. MLDSPOT dan Irama Nusantara ingin merayakan kembali kejayaan musik Indonesia di era 80an sambil mengingatkan secara halus soal pentingnya mengarsipkan dan mengurus hak intelektual karya musik.

Jangan lupa dengerin mini album ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’ di semua layanan streaming dan dapatkan versi fisiknya di toko musik terdekat!

Cerita soal mini album ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’ yang merupakan hasil kolaborasi MLDSPOT dan Irama Nusantara bisa lo tonton lebih lengkap di episode ‘Lagu Baru Dari Masa Lalu’ di YouTube channel MLDSPOT TV. Subscribe juga YouTube channel MLDSPOT TV dan follow @mldspot di Instagram. Get yourself inspired by MLDSPOT.

Comments

Kerennnnnnnn....
Keren artikelnya