• Movie
  • Alasan Hantu Asia Lebih Seram Dibanding Hantu Barat

Alasan Hantu Asia Lebih Seram Dibanding Hantu Barat

Tue, 31 March 2015

Film horor memang genre film yang paling laris dan diminati oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Entah kenapa, tapi banyak orang yang rela mengeluarkan uang cuma untu ditakut-takuti. Nggak heran kalau tiap tahun ada saja film horor terbaru yang menempati posisi top di Hollywood.

Meski begitu, kalau ada perbandingan tingkat keseraman antara film horor asia dan barat, maka sudah jelas film horor asia lebih seram dan lebih membuat kita, penonton Indonesia merinding. Terutama jika berbicara soal film horor Jepang dan Thailand.

Mengapa begitu? Menurut para ahli, wujud hantu pada film horor asia mengingatkan orang akan kematian, inilah yang ditakuti oleh banyak orang. Hantu-hantunya pun tampak lebih sederhana, pucat, dingin dan meneror dengan cara berjalan perlahan-lahan. Teror semacam ini yang justru malah menciptakan kesan mistis yang mencekam secara alami.

Seperti yang kita tahu, film horor Jepang dan Thailand sangat kental aura mistisnya. Kisah-kisahnya biasa diangkat dari legenda masyarakat setempat yang memang tabu untuk dibahas. Eksplorasi cerita dan wujud hantu asia juga lebih menyeramkan dibandingkan hantu barat yang biasanya nggak jauh-jauh dari monster-monster, zombie atau drakula.

Kebudayaan Asia pun lebih banyak terpengaruh urband legend dan hal-hal klenik sehingga memperkuat bagian cerita dan adegan dalam film horror asia, berbeda dengan kebudayaan barat yang lebih modern dan jauh dari unsur supranatural sehingga kurang mengena bagi masyarakat asia. Fakta ini pun nampaknya juga di-amini oleh produser-produser film Hollywood, buktinya banyak film horor Asia seperti the Ring dan Ju-on yang di remake menjadi film Hollywood dan sukses menjadi box office. 

Kalau dalam hal eksplorasi cerita dan wujud hantu, Indonesia pun nggak kalah dari Jepang dan Thailand, bahkan Indonesia kaya akan ragam wujud hantu yang seram, tapi sayangnya belakangan ini film horror Indonesia sudah disabotase aura mistisnya dan lebih cenderung kepada genre komedi yang diselimuti perempuan-perempuan seksi. Sayang sekali ya Urbaners!

 

 

 

Tradisi Pemakaman Unik
Warga pinggiran Accran di Teshi, Ghana, mempunyai kebiasaan menguburkan jenazah yang telah meninggal kedalam sebuah peti mati fantasi, yaitu peti mati yang menggambarkan profesi dan kesenangan almarhum. Bentuknya ada yang seperti botol minuman, buah-buahan, gadget, dan sebagainya

 

Alasan nama orang Thailand buruk
Disaat orang lain ingin menggunakan nama dan julukan yang baik, orang Thailand justru memberikan julukan yang buruk untuk bayinya seperti Lek (kecil), Nakliat (jelek) atau Ouan (gendut) karena konon menurut kepercayaan masyarakat Thailand roh jahat seringkali tertarik pada anak yang cantik dan nama yang bagus

 

Kebun Raya Orang Jepang
Di Indonesia, ada mitos kalau sepasang kekasih ke Kebun Raya Bogor maka hubungan tersebut akan kandas, sama seperti di Indonesia di Jepang juga ada namanya Taman Inokashira, kalau berpacaran di jembatan merah Kebun Raya konon akan kandas, berpacaran di danau yang ada di Taman Inokashira juga akan kandas

 

Tom Holland Dirumorkan Muncul di Venom 2

Tuesday, December 31, 2019 - 15:28
Tom Holland berperan sebagai Spider-Man dalam kostum merah-biru, berdiri di dekat kereta api

Berkat karakter Spider-Man yang dimainkannya, Tom Holland sukses menjadi salah satu fan favorite di Marvel Cinematic Universe (MCU). Untungnya Sony dan Marvel berhasil mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga Spider-Man pun bakal tetap bisa muncul di film-film MCU berikutnya.

Tapi ternyata ada film lain yang rumornya juga bakal “didatangi” oleh Tom Holland, yaitu Venom 2. Saat ini, sekuel dari Venom tersebut memang sedang dalam masa produksi. Tom Holland dikabarkan bakal muncul sebagai cameo.

 

Bagian dari Kesepakatan Sony dan Marvel

Ilustrasi Spider-Man yang sedang melawan Venom. Tampak Venom sedang mencekik Spider-Man

Pada bulan Agustus 2019 lalu, Sony dan Marvel sempat mengalami konflik yang membuat fans Spider-Man cukup was-was. Mengingat pengembangan film Spider-Man versi 2012 dan 2014 yang dinilai kurang berhasil, Sony pun memutuskan buat “meminjamkan” Spider-Man kepada Marvel. Namun, karena isu pembagian keuntungan, deal tersebut pun sempat bermasalah.

Untungnya, sekitar dua bulan kemudian, telah dikonfirmasi bahwa Sony dan Marvel telah mencapai kesepakatan. Spider-Man pun bisa muncul di film-film Marvel berikutnya! Nah, sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, kabarnya Spider-Man bakal muncul di film Venom 2.

 

Masih dalam Tahap Awal Negosiasi

Dikutip dari situs Cinemags.co.id, kabarnya saat ini Tom Holland masih dalam tahap awal negosiasi untuk membahas kemunculannya di Venom 2. Jadi, belum bisa dipastikan 100% apakah pria asal Inggris tersebut bakal benar-benar menjadi cameo. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinannya cukup besar. Apalagi saat ini memang Venom 2 masih memasuki tahap produksi dalam pengerjaannya. Everything can happen!

 

Belum Pasti Tom Holland Bakal Muncul Seperti Apa

Tom Holland sebagai Spider-Man, dalam kostum merah-biru, berjongkok di dekat pesawat

Walaupun kemungkinan Tom Holland muncul di Venom 2 cukup besar, belum diketahui juga secara pasti bentuk kemunculannya. Maksudnya, sampai sekarang pun belum ada bocoran apakah Tom Holland bakal muncul sebagai Spider-Man atau justru tanpa kostum. Tapi sepertinya fans nggak terlalu memperhatikan hal tersebut. Selama Sony nggak melepaskan ikatan antara Spider-Man dan Venom, kemungkinan besar fans bakal tetap happy.

 

Bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah lo termasuk tim yang excited menunggu kehadiran Tom Holland di film Venom 2 nanti?

 

 

Sources: media.skyegrid.id, hai.grid.id, cinemags.co.id