Home Movie Arrival, Film Sci-fi Terbaik Tahun 2016

Arrival, Film Sci-fi Terbaik Tahun 2016

Tuesday, November 22, 2016 - 18:18
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sudah nggak terhitung berapa banyak film bergenre sci-fi yang diproduksi oleh Hollywood. Namun, nggak semuanya meninggalkan makna mendalam di benak para penontonnya. Nah, kehadiran film Arrival bakal menyegarkan indutstri film bergenre sci-fi yang sepertinya sedang loyo selama beberapa waktu belakangan ini. Sejauh ini, mayoritas review yang masuk memiliki nada super positif!

 

Adaptasi dari Cerita Pendek

Karya tulis sepertinya masih menjadi inspirasi yang cukup besar dalam pembuatan film ya, Urbaners. Coba perhatikan, tahun ini banyak banget film Hollywood yang diadaptasi dari buku. Ternyata, Arrival pun juga sama. Bedanya, Arrival diadaptasi dari sebuah cerita pendek berjudul Story of My Life karya Ted Chiang, seorang penulis yang pernah memenangkan penghargaan Sturgeon pada tahun 1999 di Nebula Award for Best Novella (penghargaan untuk cerita pendek bergenre sci-fi dan fantasi di USA).

Arrival berkisah tentang kedatangan dua belas pesawat misterius dari luar angkasa yang disebut Shells oleh badan militer US. Tujuan kedatangan mereka sama sekali tidak jelas. Louis Banks (Amy Adams), seorang ahli bahas, ditunjuk untuk memimpin tim memasuki salah satu Shells yang mendarat di Montana. Di dalam tim tersebut juga ada Ian Donnelly (Jeremy Renner) dan Kolonel Weber (Forest Whitaker). Bersama-sama, mereka berusaha untuk menemukan jawaban dari maksud kedatangan Shells.

 

Mendapat Banyak Review Positif

Sebelum tayang secara resmi di bioskop internasional pada tanggal 11 November 2016 lalu, Arrival udah lebih dulu tayang di Venice Film Festival pada tanggal 1 September 2016. Pada festival tersebut, Arival memenangkan kategori Future Film Festival Digital Award. Tidak hanya itu, Arrival juga menjadi nominasi untuk kategori Golden Frog Award pada ajang penghargaan bernama Camerimage.

Sementara itu, kalau melihat di situs-situs review film seperti Rotten Tomatoes, Arrival pun mendapat rating yang cukup tinggi, yakni 8.3/10 dari 218 review. Metacritic juga memberikan review yang positif, dengan skor 81 dari 100. Selain karena segi cerita yang menarik, salah satu keunggulan Arrival lain bisa lio lihat dari performa akting Amy Adams yang kabarnya begitu memukau.

Bagi yang hobi menonton film sci-fi, Arrival benar-benar nggak boleh lo lewatkan. Arrival bakal menjadi salah satu film sci-fi Hollywood yang bakal membekas secara positif di pikiran lo. Selamat nonton!

 

 

Sources: En.wikipedia.org, Vox.com