10 Tahun Pisah, John Frusciante Kembali Gabung Red Hot Chili Peppers - MLDSPOT
  • Music News
  • 10 Tahun Pisah, John Frusciante Kembali Gabung Red Hot Chili Peppers

10 Tahun Pisah, John Frusciante Kembali Gabung Red Hot Chili Peppers

Thu, 19 December 2019
gaya khas Frusciante saat memainkan gitar di atas panggung

Kabar gembira datang dari band rock legendaris asal Califronia, Red Hot Chili Peppers (RHCP). Dalam sebuah postingan di akun resmi Instagram-nya, RHCP membuat sebuah kejutan terkait kembalinya gitaris lama mereka, John Frusciante, pada hari Minggu (15/12) waktu setempat, setelah 10 tahun hengkang. Pengumuman ini pun mendapatkan beragam tanggapan dari fans.

 

Sempat 2 Kali Hengkang

Aksi panggung John Frusciante bersama bassist RHCP, Flea dalam sebuah konser.

John Frusciante banyak memberikan sentuhan tersendiri bagi RHCP dalam menelurkan lagu hits mereka. Sebut saja seperti pada album Californication, By the Way, dan Stadium Arcadium. Sebelumnya, posisi gitaris RHCP dipegang oleh Hillel Slovak, yang sayangnya mengalami overdosis pada 1988. Setahun kemudian, Frusciante masuk menggantikan Slovak.

Beberapa tahun berselang, saat RHCP berada di puncak kejayaan, Frusciante sempat mengalami frustrasi. Kemalasan yang menjadi gaya hidupnya semakin parah dan dia memutuskan hengkang dari band yang membesarkannya tersebut pada tahun 1992. Posisinya digantikan dengan Arik Marshall dan Dave Navarro.

Tahun 1998, Frusciante kembali bergabung dengan RHCP dalam penggarapan album Californication dan beberapa single terbaik. Kemudian, pasca rilisnya album Stadium Arcadium yang berhasil menyabet Grammy Awards 2007, Frusciante kembali hengkang keluar dari RHCP.

 

Gantikan Josh Klinghoffer

Josh Klinghoffer dalam sebuah aksi panggung di konser terakhirnya bersama RHCP.

Setelah sempat hengkang dua kali dari RHCP, band asal California ini kemudian mendapuk Josh Klinghoffer pada tahun 2010 silam. Keterlibatan Josh dalam RHCP bisa lo lihat dari penggarapan 2 album, yaitu I’m With You pada 2011 dan The Gateway pada 2016.

Meskipun hanya 2 album, andil Josh Klinghoffer cukup besar dalam menjaga gaya bermusik RHCP. Bahkan dalam akun resminya, RHCP menyebut jika Josh adalah musisi terbaik yang mereka cintai dan hormati. Lebih lanjut, RHCP menyatakan rasa bahagianya selama Josh bergabung dan banyak momen yang nggak terhingga sudah mereka lewati bersama.

 

Respon Positif dari Penggemar

Bergabungnya kembali John Frusciante ke RHCP mendapatkan respon beragam dari para penggemarnya. Sebagian dari mereka merasa sedih berpisah dengan Josh Klinghoffer, namun sebagian besar para fans merasa kembalinya Frusciante menjadi sebuah momen reuni dan melepas kerinduan bersama gitaris lama.

Para netizen meyakini bahwa kembalinya Frusciante dapat membuat album baru RHCP meledak dan laku keras di pasaran. Netizen lainnya pun beranggapan Frusciante adalah hadiah Natal sekaligus tahun baru teristimewa bagi para fans RHCP seantero dunia.

Selain itu, di tahun 2020 mendatang, RHCP merencanakan konser tur Amerika Serikat mereka pada 15 Mei di Gulf Shore, Alabama’s Hangout Festival dan dilanjutkan tanggal 24 Mei di festival Boston Calling. Nggak sabar, kan, melihat aksi John Frusciante kembali lagi di band lamanya?

 

 

Source: Rollingstone.com, Kumparan.com

Sudah Ada yang Dengar "Sampaikan" Lagu Terbaru Dari Coldiac?

Mon, 23 November 2020
ada pesan penting dari single terbaru dari Coldiac yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan bahasa indonesia pada liriknya

Sebelumnya dikenal sebagai salah satu band lokal yang punya deretan lagu yang liriknya bahasa Inggris semua, di single terbarunya ini – akhirnya Coldiac menggunakan lirik berbahasa Indonesia di single “Sampaikan”.

Coba kasih tahu lagu Coldiac yang mana nih yang paling lo suka?

Single terbaru dengan judul “Sampaikan” ini jadi salah satu single yang segar dari Coldiac. Band pop asal Malang ini masih berada di naungan JUNI Records. Lalu kenapa single ini dinilai sebagai lagu terbaru dari mereka yang segar?

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau baru di single terbaru ini, Coldiac akhirnya menggunakan lirik dengan bahasa Indonesia. Nah, terkait dengan lagu terbaru ini – ternyata banyak isi kepala yang tercurahkan di “Sampaikan”.

Dari beberapa cover album atau materi digital yang ada, Coldiac dengan empat personelnya berada di sebuah gurun pasir dengan memakai seragam cokelat dengan pose-pose yang membuat siapapun yang melihat materi ini bakal kepikiran ‘maksudnya apa ya?’.

Well, kalau lo punya pertanyaan yang sama, dan mencoba menebak-nebak sendiri apa yang mau disampaikan oleh Coldiac dari single terbaru ini, sekarang – sila simak bahasan kali ini buat tahu selengkapnya ya bro!

 

Berproses di New Normal

ada pesan penting dari single terbaru dari Coldiac yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan bahasa indonesia pada liriknya

Credit Image: genius.com

Hal pertama terkait single terbaru dari Coldiac yang berjudul “Sampaikan” ini adalah proses pembuatannya yang berada di masa new normal. Di tengah segala pembatasan yang pada saat itu diterapkan, Coldiac tetap berusaha melahirkan karya yang luar biasa.

Nah, untuk proses penulisan lirik dan segala penyusuaian yang ada, Derry sebagai keyboardist bersama Sambadha di vokal, menurut mereka – single “Sampaikan” ini membawa perubahan yang signifikan buat Coldiac sendiri.

Terlepas dari keputusan mereka yang menggunakan bahasa Indonesia di single yang satu ini, lagu terbaru dari mereka ini juga terasa sekali pop 90an layaknya band-band besar sebelumnya. Sebut saja seperti Dewa 19, Potret dan lainnya.

Nuansa 90an ini semakin kental ketika mendengar bagian dari pemilihan suara khas gitar vintage terutama saat di bagian solo gitarnya, bro.

Masih dari USSFEED – lagu ini sendiri ingin menceritakan bahwa sebagai manusia, lo mungkin tidak pernah tahu apa isi kepala setiap orang, maka dari itu – hal tersebut mesti ditumpahkan. Kalau dari Sambadha, ide lagu ini berangkat dari sesuatu yang dekat dengan keseharian. Seperti momen menyatakan sesuatu ke orang lain tapi ragu dan akhirnya dipendam begitu saja. Padahal, kalau dipikir hidup itu singkat dan pastinya kalau seperti itu jadi penyesalan begitu saja.

 

Bagaimana Soal Video Musiknya?

ada pesan penting dari single terbaru dari Coldiac yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan bahasa indonesia pada liriknya

Credit Image: ussfeed.com

Berbarengan dengan rilisnya single terbaru mereka ‘Sampaikan’ ini – Coldiac juga sekalian menyajikan video musik dari lagu tersebut. Video musiknya sendiri ini cukup unik bro. Mereka perlu datang ke pegunungan Bromo untuk mendapatkan apa yang mereka maksudkan.

Latar pegunungan Bromo beserta lautan pasirnya ini sendiri mempunyai pesan kuat terkait dengan single yang baru saja mereka rilis ini. Menurut Prialangga sebagai sutradara dari video musik ‘Sampaikan’ – padang pasir Gunung Bromo ini jadi simbol-simbol komunikasi tersendiri.

Personil Coldiac sendiri tampil mewakili ragam akibat jika terdapat suatu pesan yang tidak tersampaikan.

Wah bagaimana nih bro? Dari lirik dan video musiknya, ‘Sampaikan’ jadi warna tersendiri dalam bentuk karya atau ekspresi di mana isinya memang membuat lo untuk semakin berani mengungkapkan sesuatu.

Terkait dengan single terbaru dari Coldiac ‘Sampaikan’ buat lo yang mau dengar lagunya, langsung saja dengarkan lagunya di bawah ini ya bro!

 

Feature Image – kompas.com