Trending
Kamis, 27 Juli 2017

Folk Musik Festival 2017, Bangkitkan Musik Folk di Indonesia

  • Share
  • fb-share
Folk Musik Festival 2017, Bangkitkan Musik Folk di Indonesia

Musik folk diambil dari kata folklore yang berarti sekelompok orang yang masih setia dengan budaya dan adat istiadat masa lampau. Dalam bermusik, musik folk ini kebanyakan digunakan oleh folklore dengan menggunakan peralatan musik yang sederhana. Oleh karena itu, musik folk ini biasanya hanya dimainkan dengan akustik dengan irama cenderung lambat.

Di Indonesia, musik folk sedang masuk ke dalam masa puncak. Beberapa band indie di Indonesia banyak yang mengusung musik folk. Dengan lagu dan musik yang sangat sederhana, ternyata mereka mampu menghipnotis sebagian besar anak muda Indonesia. Puncaknya, pada awal bulan Juli kemarin diselenggarakan Folk Musik Festival 2017 di Malang yang menampilkan penyanyi dan band indie dari seluruh Indonesia.

 

Musik Folk yang Sederhana

Musik folk nggak bisa membuat lo untuk angguk-angguk kepala, maksimal musik folk akan membuat badan lo goyang sedikit. Musik folk juga nggak membutuhkan belasan instrumen musik modern, tetapi cukup dengan perkusi atau bahkan gitar aja. Seperti yang dilakukan oleh Silampukau, Urbaners. Band folk asal Surabaya ini bahkan sering tampil berdua saja tanpa band pengiring.

Silampukau menjadi salah satu lineup Folk Musik Festival 2017 kemarin. Selain Silampukau, ada pula nama Payung Teduh, Float, Stars and Rabbit, Monita Tahalea, dan penyanyi folk lain. Lokasi acara di Kusuma Agrowisata Batu, yang dikenal sangat dingin, berubah hangat dengan kehadiran mereka.

 

Nggak Cuma Soal Band

Menariknya, acara Folk Musik Festival 2017 ini nggak menampilkan band-band besar. Ada beberapa diskusi musik yang menampilkan langsung pakarnya. Beberapa topik seperti How to manage your band and tour dan diskusi mengenai gitar juga dibuka untuk umum bagi penonton. Jadi, acara ini nggak sekedar menghibur, tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi para penonton yang ingin berdiskusi langsung dengan pemusik folk.

Musik folk memang sekilas agak mirip dengan musik jazz. Monita Tahalea merupakan salah satu penyanyi spesialis musik jazz. Suara merdunya seakan menyempurnakan Folk Musik Festival 2017 kemarin. Band folk apa yang menjadi favorit lo, Urbaners?

Comments
Putra ragil
Good inspiration
AHMAD SAFII
Musik Folk yang Sederhana