Home Music Ambon Resmi Jadi Kota Musik Dunia
Tulisan ‘Ambon City of Music’ di salah satu wilayah Kota Ambon, tulisan berwarna merah.

Ambon Resmi Jadi Kota Musik Dunia

Friday, November 8, 2019 - 10:54
Bagikan
Facebook Twitter Email

Dalam rangka Hari Kota Sedunia yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober, UNESCO menobatkan Ambon sebagai salah satu kota musik dunia. Dengan penobatan ini, Ambon secara resmi bergabung dengan Jaringan Organisasi kota Kreatif yang terdiri dari 246 kota di dunia. Jaringan tersebut menyatukan kota-kota yang dinilai memiliki pengembangan kreativitas dengan baik dalam berbagai bidang, mulai dari seni dan kerajinan rakyat, musik, bioskop, desain, sastra, seni digital, hingga gastronomi.

 

Ambon Punya Semua Aspek dalam Musik

Pemandangan Jembatan Merah Putih di Ambon yang terlihat dari atas.

Penobatan Ambon sebagai salah satu Kota Musik tentunya bukan tanpa alasan, Urbaners. Dilansir dari situs Good News from Indonesia, Anthony Gustav selaku Sekretaris Kota Ambon menyatakan bahwa Ambon dinilai punya semua aspek dalam musik. Ada begitu banyak musisi asal Ambon yang sukses menuai prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, Ambon juga dikenal akan seruling bambu yang menjadi ciri khas kotanya. Nggak mengherankan kalau banyak musisi Indonesia yang akhirnya menyelenggarakan Konferensi Musik Indonesia. Hal ini jugalah yang berhasil meningkatkan nilai Kota Ambon hingga 12 poin.

 

Butuh Persiapan Selama 3 Tahun

Glenn Fredly mengenakan kaus putih dan scarf merah, sedang tampil di salah satu acara musik.

Perjalanan Ambon untuk menjadi Kota Musik memakan waktu yang nggak sebentar. Persiapannya sendiri butuh waktu selama kurang lebih 3 tahun. Banyak pihak yang terlibat untuk mewujudkan hal ini, di antaranya Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), persatuan musisi serta publik Ambon, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Maluku, dan Pemerintah Kota Ambon.

Bahkan musisi nasional seperti Glenn Fredly dan Ridho Hafiedz dari Slank juga ikut membantu mengawal persiapan Ambon menjadi Kota Musik. Pada Mei 2019 lalu, keduanya membuat petisi tentang majunya Ambon ke kancah dunia untuk kemudian dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

 

Bukan Hanya Ambon yang Jadi Kota Musik

Pada Hari Kota Sedunia 2019 ini, Ambon bukan satu-satunya kota yang dinobatkan sebagai Kota Musik. Masih ada 15 kota lainnya, di antaranya adalah Vranje (Serbia), Veszprem (Hongaria), Valparaiso (Chili), Valledupar (Kolombia), Santo Domingo (Republik Dominika), Sanandaj (Repiblik Islam Iran), Ramallah (Palestina), Port of Spain (Trinidad dan Tobago), Metz (Prancis), Lliria (Spanyol), Leiria (Portugal), Kirsehir (Turki), Kazan (Federasi Rusia), Havana (Kuba), dan Essaouira (Maroko).

 

Dengan dinobatkannya Ambon sebagai Kota Musik, sekarang Indonesia punya 3 kota kreatif. Selain Ambon, ada juga Bandung (design) dan Pekalongan (craft and folk arts). Selamat untuk Kota Ambon!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesia.id, travel.kompas.com