Home Music Penjualan Album Menurun, Musik Berpotensi Masuk ke Masa Kelam
Penjualan Album Menurun, Musik Berpotensi Masuk ke Masa Kelam

Penjualan Album Menurun, Musik Berpotensi Masuk ke Masa Kelam

Wednesday, November 14, 2018 - 15:04
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jumlah penjualan album fisik di tahun 2018 ternyata hampir sama dengan setengah penjualan album fisik tahun 2015. Ada perbedaan yang cukup signifikan setelah masuknya penetrasi streaming musik online, sekarang pangsa pasar album fisik benar-benar terkuras. Rollingstone menyebut bahwa penjualan album fisik di Amerika Serikat pada tahun 2018 ini mencapai 246 juta dolar. Jumlah yang cukup besar sebenarnya untuk penjualan album fisik, tetapi ternyata jumlah tersebut turun setengah dari tahun 2016 kemarin.

 

Nama besar masih mengandalkan album fisik

Nama besar masih mengandalkan album fisik

Salah satu pendongkrak dari penjualan album fisik di tahun 2018 adalah banyaknya nama-nama besar yang ternyata masih setia dengan album fisik. Sebut saja Drake, Eminem, Travis Scott, dan Kanye West yang menjual secara eksklusif album fisik. Walaupun begitu, nggak bisa dipungkiri bahwa sekarang banyak nama besar yang juga melakukan promo di streaming music seperti Spotify atau Apple Music.

Di tahun 2014 kemarin, sang pendiri Spotify mengatakan hal yang sangat mencengangkan. Di masa mendatang, habit orang akan berubah dalam mendengarkan musik. Sekarang penyanyi nggak akan mendapatkan penjualan jutaan album fisik. Perkataan Daniel Ek ini sudah terjadi.

 

Solusi yang sedang dilakukan

Solusi yang sedang dilakukan

Salah satu hal yang menjadi masalah pendapatan dari music streaming ini ternyata jumlahnya masih kalah dengan penjualan musik online. Walaupun begitu, bagi penyanyi yang hanya dikenal dengan sebutan one hit wonder, music streaming ini menjadi penyelamat karena para penggemarnya nggak perlu susah-susah untuk membeli album fisik.

Sekarang para musisi banyak melakukan pembaruan mengenai marketing dan promo album. Jumlah lagu pun nggak terlalu banyak jika dibandingkan dengan biasanya. Efeknya bisa dilihat dari album Drake berjudul Scorpion. Dari promosi yang dilakukan satu per satu itulah ternyata bisa meningkatkan jumlah pendengar di setiap lagunya.

Di Inggris, beberapa waktu lalu sudah diinisiasi sebuah program bertajuk National Album Day. Jadi, setiap label rekaman, publisher, dan musisi bisa bekerja sama untuk terus mengeluarkan album fisik.

 

 

Source: rollingstone.com