Home Sport Ingin Nonton Asian Games di Palembang? Ini Cabang Olahraga yang Bisa Lo Lihat
asian games

Ingin Nonton Asian Games di Palembang? Ini Cabang Olahraga yang Bisa Lo Lihat

Friday, August 10, 2018 - 17:35

Asian Games 2018 akan dilaksanakan di dua tempat, Jakarta dan Palembang. Ingin nonton Asian Games? Bagi lo yang nggak tinggal di seputaran Jakarta ataupun Palembang, mungkin informasi dari perkembangan venue Asian Games 2018 kebanyakan datang dari Jakarta aja, sedangkan informasi dari Palembang ini cukup sedikit. Padahal ada beberapa cabang olahraga keren yang juga dipertandingkan di Palembang. Total ada 12 cabang olahraga yang dipertandingkan di sana.

Cabang olahraga yang paling banyak menyita perhatian adalah panjat tebing. Pada Asian Games Palembang 2018 ini, panjat tebing masuk ke daftar nomor 2 sebagai cabang olahraga yang ditargetkan tinggi, yaitu 2 emas. Panjat tebing hanya kalah dari pencak silat yang ditarget 5 emas. Selain panjat tebing, ada dayung yang diselenggarakan di Danau Jakabaring. Di cabang olahraga ini Indonesia ditargetkan 1 emas.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas beberapa cabang olahraga dan venue yang ada di Palembang. Siapa tahu dalam waktu dekat lo sedang berada di Palembang, jadi lo bisa menonton beberapa pertandingan olahraga di sana.

 

Panjat Tebing di Sport Climbing Arena

panjat tebing

 

Salah satu cabang olahraga yang ditarget mendulang beberapa emas adalah panjat tebing. Panjat tebing adalah cabang olahraga yang paling underrated, nggak pernah masuk ke televisi maupun pemberitaan, tetapi mempunyai prestasi kelas dunia. Pada kejuaraan panjat tebing di Tiongkok bulan Mei 2018 kemarin, atlet Indonesia berhasil mendapatkan 3 medali, salah satunya medali emas yang direbut oleh Aspar Jaelolo di nomor speed.

Selain Aspar, ada pula pemanjat tebing Indonesia yang terkenal akhir-akhir ini. Dia adalah Aries Susanti Rahayu, wanita berhijab yang sukses mendapatkan medali emas di ajang IFSC World Cup 2018. Aries berhasil mengalahkan Anna Tsyganova dari Rusia di kategori woman speed. Dengan kesuksesan para atlet panjat tebing Indonesia di kancah dunia, wajar jika KONI menarget 2 emas untuk cabor panjat tebing.

Untuk melihat olahraga panjat tebing secara langsung, lo tinggal menuju ke komplek Jakabaring Sports Center. Di sana lo bisa langsung ke Sport Climbing Arena, yang tempatnya berada di dekat Danau Jakabaring. Cabang olahraga panjat tebing akan dimulai 23 Agustus 2018.

 

Tennis di Tennis Court

 

Jika lo ingin bergeser sedikit dari Sport Climbing Arena, lo akan sampai di Jakabaring Tennis Court yang berada tepat di sebelah venue panjat tebing. Di sini lo bisa melihat pertandingan cabang olahraga tenis dan soft tenis. Kerennya lagi, venue Jakabaring Tennis Court ini adalah salah satu venue baru. Di sini bahkan dibangun 8 lapangan tenis baru, lho. Jadi, lo bisa melihat secara lengkap seluruh cabang olahraga tenis.

Sedangkan lapangan utamanya dibuat menyerupai lapangan Tennis Indoor Senayan. Kapasitasnya pun ditingkatkan menjadi seribuan orang. Sayangnya, untuk cabang olahraga tenis, KONI nggak menarget timnas Indonesia terlalu tinggi.

 

Dayung di Danau Jakabaring

asial games terbaik

 

Cabang olahraga selanjutnya yang bakal seru banget adalah dayung yang dilaksanakan di Danau Jakabaring. Sebenarnya, Danau Jakabaring ini sudah dibangun sejak lama, tetapi karena ada persyaratan dari komite Asian Games, Danau Jakabaring pun dilebarkan hingga 2,500 meter! Selain cabang olahraga dayung, di Danau Jakabaring juga diselenggarakan rowing dan triathlon.

Dayung merupakan salah satu cabang olahraga yang ditargetkan mendapatkan medali emas, salah satunya dari dragon boat atau perahu naga. Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) mengatakan sebenarnya perahu naga bisa menyumbangkan 2 medali emas. Tetapi mengingat pada Asian Games 2014 kemarin, Indonesia hanya mampu menyumbang 1 medali perunggu, target realistisnya berubah menjadi 1 medali emas. Cabor dayung ini akan dimulai 21 Agustus 2018.

Selain 3 cabang olahraga di atas, ada pula sepak bola wanita, sepak takraw, bowling, voli pantai, menembak, dan sepatu roda. Semuanya diselenggarakan di Jakabaring, jadi lo nggak perlu ribet bolak-balik venue. Selain itu, lo pun bisa menikmati LRT yang baru saja diresmikan sehingga lo bisa ke Jakabaring dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan mudah.

 

Source: asiangames2018.id