• Techno
  • GOTRO, Aplikasi untuk Bantu Korban Bencana Pertama di Indonesia

GOTRO, Aplikasi untuk Bantu Korban Bencana Pertama di Indonesia

Wed, 23 May 2018

Kondisi alam di Indonesia yang sangat beragam memang menjadi kelebihan dan kekurangan sendiri, Urbaners. Kalau bahas kelebihannya tentu nggak ada habis-habisnya, Indonesia sangat kaya dengan hasil alam yang melimpah ruah. Tapi dari semua kelebihan tersebut, ada kekurangannya, Urbaners. Indonesia masuk sebagai negara paling rawan terjadi bencana menurut PBB.

Pemerintah Indonesia udah dengan sigap mendata daerah yang rawan bencana di Indonesia sehingga penanganan pertama terhadap bencana bisa lebih mudah. Untuk membantu pemerintah, teman-teman mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membuat solusi teknologi yang sangat keren, Urbaners. Mereka membuat GOTRO, aplikasi untuk mengetahui daerah korban bencana di Indonesia mana kah yang harus cepat dibantu.

Gotong Royong

Ketika salah satu wilayah di Indonesia terjadi bencana, salah satu informasi mengenai bencana tersebut adalah dari media sosial dan berita televisi. Padahal banyak orang di Indonesia yang nggak sempat melihat media sosial dan juga berita. Nah, GOTRO hadir untuk menutup kekurangan tersebut. Di aplikasi GOTRO akan tertulis dengan lengkap bencana apa yang sedang dihadapi, bantuan apa yang paling dibutuhkan, dan lewat mana bantuan tersebut bisa disalurkan.

GOTRO adalah singkatan dari gotong royong, yang berarti saling bantu membantu. Aplikasi ini diciptakan agar seluruh bantuan yang masuk bisa lebih terkoordinir dan masuk ke dalam satu pintu. Bahkan di dalam aplikasi tersebut, akan tertulis secara lengkap biodata korban yang akan diberi bantuan sampai bantuan dari sisi psikologis.

Akan di-update bersama volunter

Dalam masa-masa awal ini, GOTRO masih akan bergantung pada volunter yang ada di seluruh Indonesia. Seperti dilansir dari jakartapost.com, M. Anggri Setiawan, salah satu developer dari GOTRO ini mengatakan bahwa sekarang hanya ada 1 admin untuk melakukan verifikasi data yang masuk dari para volunter.

“Dengan aplikasi ini, informasi bencana alam di Indonesia diharapkan bisa lebih cepat terdistribusi,” ujar Anggri.

 

Untuk mengakses aplikasi GOTRO, lo bisa download lewat Google Play Store di Android, ya.

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com