Home Techno GOTRO, Aplikasi untuk Bantu Korban Bencana Pertama di Indonesia

GOTRO, Aplikasi untuk Bantu Korban Bencana Pertama di Indonesia

Wednesday, May 23, 2018 - 17:15
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kondisi alam di Indonesia yang sangat beragam memang menjadi kelebihan dan kekurangan sendiri, Urbaners. Kalau bahas kelebihannya tentu nggak ada habis-habisnya, Indonesia sangat kaya dengan hasil alam yang melimpah ruah. Tapi dari semua kelebihan tersebut, ada kekurangannya, Urbaners. Indonesia masuk sebagai negara paling rawan terjadi bencana menurut PBB.

Pemerintah Indonesia udah dengan sigap mendata daerah yang rawan bencana di Indonesia sehingga penanganan pertama terhadap bencana bisa lebih mudah. Untuk membantu pemerintah, teman-teman mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membuat solusi teknologi yang sangat keren, Urbaners. Mereka membuat GOTRO, aplikasi untuk mengetahui daerah korban bencana di Indonesia mana kah yang harus cepat dibantu.

Gotong Royong

Ketika salah satu wilayah di Indonesia terjadi bencana, salah satu informasi mengenai bencana tersebut adalah dari media sosial dan berita televisi. Padahal banyak orang di Indonesia yang nggak sempat melihat media sosial dan juga berita. Nah, GOTRO hadir untuk menutup kekurangan tersebut. Di aplikasi GOTRO akan tertulis dengan lengkap bencana apa yang sedang dihadapi, bantuan apa yang paling dibutuhkan, dan lewat mana bantuan tersebut bisa disalurkan.

GOTRO adalah singkatan dari gotong royong, yang berarti saling bantu membantu. Aplikasi ini diciptakan agar seluruh bantuan yang masuk bisa lebih terkoordinir dan masuk ke dalam satu pintu. Bahkan di dalam aplikasi tersebut, akan tertulis secara lengkap biodata korban yang akan diberi bantuan sampai bantuan dari sisi psikologis.

Akan di-update bersama volunter

Dalam masa-masa awal ini, GOTRO masih akan bergantung pada volunter yang ada di seluruh Indonesia. Seperti dilansir dari jakartapost.com, M. Anggri Setiawan, salah satu developer dari GOTRO ini mengatakan bahwa sekarang hanya ada 1 admin untuk melakukan verifikasi data yang masuk dari para volunter.

“Dengan aplikasi ini, informasi bencana alam di Indonesia diharapkan bisa lebih cepat terdistribusi,” ujar Anggri.

 

Untuk mengakses aplikasi GOTRO, lo bisa download lewat Google Play Store di Android, ya.