• Techno
  • Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata

Thu, 22 August 2019
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata

Urbaners, menikmati keindahan alam di tempat wisata sudah tentu jadi hal paling menyenangkan yang bisa lo lakukan selama berlibur. Beruntung saat ini lo bisa menggunakan bantuan teknologi drone untuk menelusuri beragam keindahan dari ketinggian. Dengan perspektif kamera drone, lo bisa menemukan sisi lain yang selama ini mungkin nggak bisa dilihat dari jarak dekat. Tapi, sebelum menerbangkan drone di tempat wisata, ada beberapa hal yang wajib lo perhatikan.

 

Lakukan Riset tentang Regulasi yang Berlaku

Lakukan Riset tentang Regulasi yang Berlaku

Pastikan lo sudah lebih dulu melakukan riset tentang regulasi atau peraturan menerbangkan drone di tempat wisata yang dituju. Hal ini penting agar lo bisa mengantisipasi kalau-kalau memang tempat tersebut nggak memperbolehkan pengunjung menerbangkan drone. Misalnya di Bali, lo nggak bisa menerbangkan drone di area Tanah Lot, Pura Besakih, Uluwatu, dan Pantai Pandawa.

 

Izin Menerbangkan Drone

Untuk menerbangkan drone di tempat wisata, lo wajib memiliki surat izin terbang dan registrasi drone dari pihak yang berwenang. Di Indonesia sendiri, persoalan izin menerbangkan drone sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak. Jadi, kalau sampai lo melakukan pelanggaran dan menerbangkan drone tanpa surat izin, maka akan ada sanksi yang diberikan.

 

Menyertakan Flight Plan untuk Drone

Menyertakan Flight Plan untuk DroneNah, Urbaners, saat lo mengurus perizinan untuk menerbangkan drone di tempat wisata, jangan lupa menyertakan flight plan atau rencana terbang. Flight plan yang lo buat harus dilengkapi dengan berbagai informasi terkait pengoperasian drone. Mulai dari identifikasi unit pesawat drone yang digunakan, jenis penerbangan yang akan dilakukan (fotografi, ekspedisi, uji performa, dll), peralatan yang dibawa, titik lepas landas, estimasi waktu, kecepatan terbang, ketinggian drone, hingga rute penerbangan dan area manuver pengoperasian.

 

Persiapkan Baterai Cadangan

Jangan lupa untuk membawa baterai cadangan saat lo berencana menerbangkan drone di tempat wisata. Pastikan lo sudah mengisi baterai hingga penuh sebelum mulai diterbangkan. Selama perjalanan menuju tempat wisata, sebaiknya lo menyimpan baterai cadangan drone di tempat yang aman dengan suhu ruangan sekitar 22 – 28 derajat Celsius. Hindari mengisi daya saat suhu baterai cukup panas, hal ini akan membuat baterai berpotensi meledak.

 

Menghargai Privasi

Menerbangkan drone dari ketinggian juga harus memerhatikan privasi area pribadi milik orang lain maupun kehidupan satwa liar yang ada di sana. Jangan sampai drone yang lo terbangkan justru merugikan dan mengurangi kenyamanan mereka dalam beraktivitas. Ingat, lo dilarang menerbangkan drone terlalu dekat dengan hal-hal yang sangat privasi tersebut.

 

Jadi, Urbaners, apa lo sudah siap menerbangkan drone di tempat wisata?

 

 

Source: cnnindonesia.com, liputan6.com

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times