Home Techno Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata

Thursday, August 22, 2019 - 15:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, menikmati keindahan alam di tempat wisata sudah tentu jadi hal paling menyenangkan yang bisa lo lakukan selama berlibur. Beruntung saat ini lo bisa menggunakan bantuan teknologi drone untuk menelusuri beragam keindahan dari ketinggian. Dengan perspektif kamera drone, lo bisa menemukan sisi lain yang selama ini mungkin nggak bisa dilihat dari jarak dekat. Tapi, sebelum menerbangkan drone di tempat wisata, ada beberapa hal yang wajib lo perhatikan.

 

Lakukan Riset tentang Regulasi yang Berlaku

Lakukan Riset tentang Regulasi yang Berlaku

Pastikan lo sudah lebih dulu melakukan riset tentang regulasi atau peraturan menerbangkan drone di tempat wisata yang dituju. Hal ini penting agar lo bisa mengantisipasi kalau-kalau memang tempat tersebut nggak memperbolehkan pengunjung menerbangkan drone. Misalnya di Bali, lo nggak bisa menerbangkan drone di area Tanah Lot, Pura Besakih, Uluwatu, dan Pantai Pandawa.

 

Izin Menerbangkan Drone

Untuk menerbangkan drone di tempat wisata, lo wajib memiliki surat izin terbang dan registrasi drone dari pihak yang berwenang. Di Indonesia sendiri, persoalan izin menerbangkan drone sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak. Jadi, kalau sampai lo melakukan pelanggaran dan menerbangkan drone tanpa surat izin, maka akan ada sanksi yang diberikan.

 

Menyertakan Flight Plan untuk Drone

Menyertakan Flight Plan untuk Drone

Nah, Urbaners, saat lo mengurus perizinan untuk menerbangkan drone di tempat wisata, jangan lupa menyertakan flight plan atau rencana terbang. Flight plan yang lo buat harus dilengkapi dengan berbagai informasi terkait pengoperasian drone. Mulai dari identifikasi unit pesawat drone yang digunakan, jenis penerbangan yang akan dilakukan (fotografi, ekspedisi, uji performa, dll), peralatan yang dibawa, titik lepas landas, estimasi waktu, kecepatan terbang, ketinggian drone, hingga rute penerbangan dan area manuver pengoperasian.

 

Persiapkan Baterai Cadangan

Jangan lupa untuk membawa baterai cadangan saat lo berencana menerbangkan drone di tempat wisata. Pastikan lo sudah mengisi baterai hingga penuh sebelum mulai diterbangkan. Selama perjalanan menuju tempat wisata, sebaiknya lo menyimpan baterai cadangan drone di tempat yang aman dengan suhu ruangan sekitar 22 – 28 derajat Celsius. Hindari mengisi daya saat suhu baterai cukup panas, hal ini akan membuat baterai berpotensi meledak.

 

Menghargai Privasi

Menerbangkan drone dari ketinggian juga harus memerhatikan privasi area pribadi milik orang lain maupun kehidupan satwa liar yang ada di sana. Jangan sampai drone yang lo terbangkan justru merugikan dan mengurangi kenyamanan mereka dalam beraktivitas. Ingat, lo dilarang menerbangkan drone terlalu dekat dengan hal-hal yang sangat privasi tersebut.

 

Jadi, Urbaners, apa lo sudah siap menerbangkan drone di tempat wisata?

 

 

Source: cnnindonesia.com, liputan6.com