3 Cerita Legenda Gunung-Gunung di Indonesia - MLDSPOT
  • Traveling
  • 3 Cerita Legenda Gunung-Gunung di Indonesia

3 Cerita Legenda Gunung-Gunung di Indonesia

Fri, 23 September 2016

Di Indonesia, khususnya Pulau Jawa hampir terdapat puluhan gunung. Mulai dari gunung yang nggak cukup rendah sampai gunung yang bisa berhari-hari untuk mendaki. Di setiap gunung di Indonesia ini, pasti terdapat cerita menarik dibaliknya. Mungkin yang paling terkenal adalah bagaimana kisah legenda Gunung Tangkuban Perahu. Tetapi sekarang yang akan dibahas adalah 3 cerita legenda yang mungkin belum pernah lo dengar sebelumnya.

 

Legenda Gunung Bromo

Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur sekarang menjadi salah satu tujuan wisata karena pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Legenda bagaimana kisah hidup pasangan suami istri Joko Seger dan Roro Anteng yang bertapa di gunung karena belum dikaruniai seorang anak. Kedua pasangan tersebut pun melakukan perjanjian dengan iblis, bahwa nantinya kedua pasangan tersebut pasti dikaruniai banyak anak, tapi harus rela mengorbankan anak pertamanya. Janji nggak ditepati, Gunung Bromo pun meletus tetapi Roro Anteng dan Joko Seger pun membuat upacara Kasado untuk menanggulangi bencana tersebut. Suku Tengger pun diambil dari nama Roro Anteng dan Joko Seger.

 

Legenda Gunung Semeru

Selanjutnya ada legenda Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki legenda yang sangat keren. Alkisah Pulau Jawa ini dulunya pulau yang terombang-ambing di lautan. Para dewa mempunyai inisiatif untuk memaku Pulau Jawa, Dewa Wisnu pun berubah menjadi kura-kura raksasa dan Dewa Brahma berubah menjadi ular raksasa untuk mengangkat Gunung Meru dari India untuk ditancapkan ke Pulau Jawa. Tertancapnya Gunung Meru di Pulau Jawa pun membuat pulau ini diam. Sekarang saking sakralnya Gunung Semeru, masyarakat Hindu masih sering melakukan upacara keagamaan di sini.

 

Legenda Gunung Slamet

Jika lo lihat bahwa Gunung Slamet ini adalah gunung yang letaknya di tengah-tengah Pulau Jawa. Dulu Syeh Maulana dari Gresik tiba-tiba sakit gatal-gatal dan meminta pertolongan untuk diberi kesembuhan. Akhirnya Syeh Maulana diberi mimpi untuk datang ke Gunung Gora dan mandi di sana. Setelah mandi, Syeh Maulana pun sembuh. Akhirnya Syeh Maulana mengubah nama Gunung Gora menjadi Gunung Slamet, yang berarti memberikan keselamatan.

Nah itulah Urbaners ketiga gunung di Indonesia yang mempunyai legenda sangat menarik. Asik kan kalau naik gunung sambil mengetahui apa sih kisah legenda di balik gunung cerita.

 

Source: boombastis.com

Jalan-jalan Virtual ke Paris: Sekarang Lo Bisa Menikmati Museum Louvre Secara Gratis!

Thu, 15 April 2021
Museum Louvre

Bagi penikmat seni, rasanya pergi ke tempat instalasi seni atau tempat yang memiliki nilai seni punya daya tariknya tersendiri. Di Jakarta sendiri beberapa waktu lalu sempat ada Moja Museum yang menyediakan instalasi seni yang juga menyediakan beberapa hiburan untuk dinikmati.

Kalo lo memang seorang penikmat seni – pastinya datang ke Museum Louvre udah masuk bucketlist lo banget dalam hidup, bukan? Museum yang mencatat punya 482.000 koleksi ini udah mengumpulkan karya seni sejak perang dunia kedua. Nggak heran kalo di dalam museum ini terdapat banyak jenis seni yang antik.

Berlokasi di kota paling romantis di dunia – yaitu Paris, Museum Louvre saat ini membatasi pengunjung yang datang untuk menikmati instalasi seni yang ada. Mengingat di era new normal ini banyak border dari setiap negara dilakukan secara terbatas, Museum Louvre membuat gebrakan baru – yaitu membuka museumnya secara online!

Tanpa harus terbang ke paris, lo bisa menikmati koleksi-koleksi antik di Museum Louvre dengan cara cuma-cuma. Mau tau gimana caranya? Langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Jalan-jalan Virtual ke Museum Louvre

Museum Louvre

Credit image – The Guardian

Nggak perlu rumit dan sulit – untuk jalan-jalan virtual ke Museum Louvre lo bisa langsung mengakses database online. Database ini diperuntukkan untuk lo para penggemar seni.

Nggak cuma para penggemar seni – museum Louvre juga membuka untuk para peneliti dapat menjelajahi berbagai koleksi dengan mudah. Para pengunjung website nantinya bakal dapat akses untuk mengakses karya seni melalui album yang sudah melewati proses kurasi.

Segala karya seni dalam Louvre dapat dengan mudah diakses melalui berbagai device – baik komputer desktop hingga smartphone!

Nggak Cuma Berkunjung, tapi Juga Bisa Beli!

Sebagai museum yang termasuk paling diminati oleh para peminat seni, Museum Louvre menyadari bahwa di era new normal ini banyak yang sebenarnya ingin berkunjung namun terbatas oleh keadaan.

Dengan dibukanya Museum Louvre ini secara online, lo nggak cuma bisa berkunjung – tapi lo juga bisa membeli, meminjam, dan melihat semua koleksi yang ada dan ditawarkan. Surga banget buat lo para pecinta seni ya, bro!

Harapannya, setelah dibukanya Museum Louvre secara online ini bisa memperkenalkan budaya yang dimiliki oleh dunia dan membukakan inspirasi bagi para penikmat seni. Meskipun cuma lewat virtual, harapannya nanti para penikmat seni juga bisa berkunjung secara langsung. Well, siapa juga yang nggak mau ya, bro!

Disampaikan oleh Direkturnya Sendiri!

Museum Louvre

Credit image – The Tour Guy

Dari penjabaran di atas, semua hal itu benar adanya sesuai dengan apa yang disampaikan sendiri oleh direktur dari Museum Louvre sendiri – yaitu Jean-Luc Martinez. Pada kesempatan yang diberikan, Jean mengatakan:

For the first time, anyone can access the entire collection of works from a computer or smartphone for free, whether they are on display in the museum, on loan, even long-term, or in storage.”

Dengan ini, artinya lo semua diundang untuk datang ke Museum Louvre ini secara virtual sebelum akhirnya nanti berkunjung ke sana, bro!

Buat lo yang penikmat seni dan emang senang melukis, dengan dibukanya Museum Louvre secara virtual ini bisa lo manfaatkan untuk mendapat inspirasi lebih banyak lagi. Untuk database kunjungannya sendiri bisa langsung lo akses di sini. Enjoy, bro!

 

Feature image – Nohat