Trending
Jumat, 07 Mei 2021

3 Tips Kelola Keuangan: Dompet Anti Kempes Sebelum Lebaran

  • Share

Nggak terasa bulan puasa udah mau selesai ya, bro, tinggal beberapa hari lagi menyambut hari Idul Fitri. Nah menjelang hari raya lebaran, THR biasanya jadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu.

Uang itu nantinya bisa lo gunakan buat kebutuhan lebaran atau keperluan yang lain. Tapi kebanyakan orang biasanya bakal menghabiskan uang THR dengan nggak bijak pada awal menerimanya dan bahkan nggak sadar habis sebelum lebaran? Apa lo pernah merasakan hal ini, bro?

Kalo iya, tentunya lo nggak mau kan merasakan hal ini terjadi terus-menerus? Keterampilan dalam mengelola keuangan memang penting banget, bro - terlebih menjelang hari raya yang perlu banyak persiapan.

Tapi tenang, lo berada di artikel yang tepat. Buat menghindari hal ini terjadi, berikut beberapa tips yang akan membuat lo nggak pernah merasa kehabisan uang, check this out!

Tentukan Skala Prioritas

Mengelola Keuangan

Credit image - Freepik

Tips pertama yang harus lo pahami yaitu skala prioritas yang tentu sangat dibutuhkan untuk mengelola uang dengan bijak. Sebaiknya sebelum membelanjakan uang THR, lihat kembali prioritas yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Mulai dari membayar hutang hingga membeli bahan pokok. Atau hal lain yang mungkin lo rasa sangat penting.

Ini adalah hal yang paling utama yang harus lo terapkan supaya pengeluaran bisa dialokasikan dengan baik. Misalnya antara tagihan listrik, wi-fi, dan keinginan beli baju lebaran lebih mendesak mana? Pastinya tagihan rumah tangga karena jika hal tersebut ditunda maka akan bisa menyebabkan telat bayar dan denda yang kian membengkak. Kalau udah di-break down seperti ini, pastinya lebih mudah bukan mengatur aliran uang lo? Tentunya itu bisa bikin lo boncos, bro.

Membuat Kategori Pengeluaran

Kalo udah menyusun skala prioritas, langkah selanjutkan lo perlu memisahkan uang tersebut sesuai kategori. Siapkan beberapa kategori pengeluaran berdasarkan skala prioritas, kemudian pisahkan uang tersebut. Dengan begitu, pembelanjaan uang THR lo bakal terstruktur.

Selain itu, membuat daftar alokasi pendapatan untuk menabung ataupun investasi agar dana yang lo punya bisa dimanfaatkan dengan baik. Selanjutnya, apabila semua udah selesai dan masih ada sisa dana maka itu baru bisa digunakan dengan bebas seperti untuk membeli baju, membeli makanan di luar ataupun ditabung lebih baik. Terlebih lagi dalam situasi new normal seperti ini yang umumnya banyak orang yang pendapatannya menurun dan pas-pasan sehinggg perencanaan keuangan ini cocok banget buat lo lakuin, bro.

Lo bisa coba break down dulu untuk mengetahui budget uang yang bakal lo keluarkan. Contohnya adalah jika lo mendapat THR 6 juta, dan lo ingin menabung sebesar Rp 2 juta setiap bulannya, maka lo bisa menggunakan Rp 4 juta lainnya untuk keperluan menjelang hari raya.

Lakukan Sesuai Kemampuan

Mengelola Keuangan

Credit image - Dccu.us

Udah jadi tradisi turun temurun saat hari lebaran membagikan uang kepada sanak saudara yang masih kecil seolah jadi tradisi saat Idul Fitri. Namun, pertimbangkan kembali budget secara realistis. Jangan utamakan gengsi untuk mengalokasikan uang tersebut secara impulsif.

Alih-alih menjaga kehormatan atau martabat diri, justru malah bikin dompet lo kempes, bro. Dompet kosong sebelum hari raya, padahal belum lama dapat THR bisa bikin lo nggak nyaman.

Gunakan Uang dengan Bijak

Menyimpan uang dengan bijak merupakan seni pengelolaan keuangan. Meski sulit buat menekan pengeluaran, tapi belum tentu hal ini nggak mungkin dilakukan. Nah lo bisa ikutin beberapa tips cara mengelola uang dengan baik, biar dompet lo anti kempes sebelum lebaran.

Daripada lo tergoda membeli barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan atau ikut-ikutan karena mengejar gengsi, justru malah berujung menyesal di kemudian hari. Jadi, bersikaplah bijak dalam menggunakan uang demi kenyamanan lo di masa depan, bro.

 

Featured image - Residencestyle.com

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Pengennyasi gitu
Hope you like that