Trending
Senin, 12 Oktober 2020

5 Hal yang Nggak Boleh Lo Lakukan Saat Makan Sushi!

  • Share

#MauLagiDimanapun baik di restoran atau di rumah, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan saat akan makan sushi. Sushi adalah hidangan etnik Jepang di mana lo akan makan ikan mentah! Eits, walau begitu, sushi dinilai menjadi hidangan yang aman kok. Karena para Chef biasanya sudah tahu bagaimana menghidangkan sushi dengan benar dan aman.

Sushi jadi sangat populer di mana cita rasa dari hidangan etnik ini memang memberikan warna tersendiri di dunia kuliner. Oleh karena itu, restoran sushi hampir ada di setiap negara, seperti di Amerika Serikat – bahkan Indonesia.

Ketika masuk ke Indonesia – sushi mengalami adaptasi. Adaptasi tersebut terjadi di cita rasa dan proses bagaimana membuatnya. Jika pada umumnya sushi dimakan mentah, ada sushi fusion di Indonesia di mana daging ikan atau daging bahan seafood lainnya bisa melalui proses ‘pematangan’ tersendiri seperti dibakar dengan flamethrower dan proses lainnya.

Ada lima hal yang tidak bisa lo lakukan saat makan sushi #MauLagiDimanapun baik di resto atau di rumah. Keadaan seperti ini atau pandemi yang berkepanjangan ini, membuat banyak restoran akhirnya membuka fitur delivery agar lo bisa tetap menikmati hidangan mereka dari rumah saja.

Bukannya makan sushi ya tinggal makan saja ya, bro? Memangnya ada hal-hal apa saja sih yang dimaksudkan? Di antara lima hal yang akan dijelaskan di bawah ini, salah satunya mungkin jadi kesalahan umum yang laing sering dilakukan. Apakah lo juga melakukan hal tersebut?

 

Jangan Pernah Campur Wasabi dan Soy Sauce!

Berikut 5 hal yang tidak perlu lo lakukan saat makan sushi

Credit Image: itsyourjapan.com

Perlu lo ketahui nih bro kalau wasabi dan soy sauce adalah dua kondimen yang tidak perlu lo campurkan jadi satu. Banyak kalangan yang mengakui pernah mencampurkan wasabi dan soy sauce dalam satu wadah.

Eits, apakah lo juga pernah melakukan ini? Santai bro, yang penting sekarang lo tahu kalau hal ini tidak perlu lo lakukan. Lagipula, terkadang sushi yang sudah dibuat sudah diberikan sedikit wasabi dan soy sauce – jadi tidak perlu lo tambahkan lagi.

Kebanyakan makan wasabi bakal membuat sushi lo terlalu pedas dan tidak begitu nikmat untuk dimakan, bro!

 

Nggak Perlu Celup Sushi Nigiri ke Soy Sauce Lagi

Berikut 5 hal yang tidak perlu lo lakukan saat makan sushi

Credit Image: insider.com

Sebenarnya gini, bro – aturan dalam membuat sushi, sang Chef sebenarnya sudah mengoleskan soy sauce di atas potongan daging ikan atau bahan seafood lainnya. Jadi tidak perlu lagi nih lo celupkan ke soy sauce lagi.

Kalaupun dicelupkan lagi, kebanyakan soy sauce malah tidak bisa menikmati dan merasakan rasa asli dari ikan dan bahan seafood lainnya, bro. Kebanyakan soy sauce malah membuat potongan sushi lo akan semakin asin.

 

Sekali Hap Itu Penting

Nigiri sushi biasanya mempunyai bentuk yang memang didesain untuk sekali hap masuk ke mulut semua. Kalau di antara lo melakukan hal ini, sepertinya ini jadi salah satu kesalahan makan sushi, bro. Nigiri sushi tidak perlu lo gigit untuk dibagi dua.

Di dalam tradisi asli Jepang, seperti yang sudah disebutkan di atas – nigiri sushi memang didesain dan dibentuk untuk sekali makan saja. Jadi nigiri sushi tidak akan pernah dibuat melebihi kemampuan seseorang untuk memakan satu potongan sushi tersebut.

 

Potongan Jahe Dimakan Setelah Lo Selesai

Berikut 5 hal yang tidak perlu lo lakukan saat makan sushi

Credit Image: clubfoody.com

Cukup dipahami kalau lo pernah bingung bagaimana cara memakan sushi dengan benar karena terkadang lo dibuat bingung dengan beberapa kondimen di dekatnya. Sebut saja seperti ada soy sauce, wasabi dan juga potongan lembar jahe.

Bro, jangan pernah menggabungkan potongan lembar jahe tersebut di dalam potongan sushi lo dan dimakan bersamaan. Karena itu bukan pasangannya. Potongan jahe ini dimaksudkan sebagai cleanser atau pencuci mulut.

Sushi, baik dalam bentuk nigiri, gulungan atau bahkan sashimi – tentu lama kelamaan akan meninggalkan rasa yang pekat di dalam mulut lo. Untuk menetralkan itu semua, lo bisa mengunyah potongan jahe tersebut agar mulut kembali segar.

 

Sumpit Bukan Mainan!

Sebenarnya ini sederhana, bro – tapi kalau seandainya lo makan di sushi bar sungguhan di Jepang – memainkan sumpit adalah salah satu bentuk bercandaan yang bisa fatal akibatnya. Hal ini sebenarnya terkait dengan etika baik, bro.

Menurut tradisi Jepang, memainkan sumpit ketika makan, atau bahkan sesudah makan dinilai sebagai etika yang kurang baik atau bahkan kasar. Oleh karena itu, lo jangan melakukan hal ini ya bro!

Wah bagaimana nih? Dari lima hal di atas – pastikan lo tidak melakukan semua hal tersebut, ya. Karena lo sudah tahu bagaimana hal-hal tersebut berjalan sesuai dengan kaidah yang ada. Jangan lupa buat lo terapkan ya bro!

 

Feature Image – freepik.com

 

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!