Trending
Selasa, 26 April 2016

Airlander 10, Pesawat Terbang Terbesar di Dunia

  • Share
  • fb-share
Airlander 10, Pesawat Terbang Terbesar di Dunia

Panjangnya mencapai 302 kaki, yang mana lebih panjang 50 kaki daripada jet komersil yang pernah ada di dunia. Pesawat ini sudah dikembangkan oleh perusahaan Inggris bernama Hybrid Air Vehicles atau HAV selama 9 tahun lamanya. Airlander 10, adalah sebuah pesawat yang mencatat rekor sebagai pesawat terbesar yang pernah dibuat oleh manusia hingga saat ini. Pesawat ini awalnya dikembangkan untuk digunakan oleh tentara Amerika Serikat pada tahun 2009 namun kemudian akhirnya berbelok dan dikembangkan menjadi pesawat komersil.

 

Pesawat Plus Helikopter

Yap, Airlander 10 tidak hanya memiliki sistem seperti pesawat yang biasa kita lihat terbang di angkasa Urbaners, tapi juga seperti helikopter. Pesawat ini diyakini mampu take off secara vertikal dan mendarat di hampir semua permukaan, mulai dari es, pasir, bahkan air! Airlander 10 dianggap sebagai sebuah bentuk dari air travel masa depan.

 

Akan Beroperasi Pertama Kali Tahun Ini

Saat ini, pesawat yang menghabiskan biaya yang cukup besar dalam masa pengembangannya ini sedang berdiam diri di Cardington dan akan segera bergerak segera di tahun 2016 ini. Lo kalau lihat bentuknya emang unik banget dan daripada seperti pesawat, Airlander 10 lebih berbentuk seperti pesawat-pesawatan mainan yang berbentuk balon. Tanpa emisi, Airlander 10 membutuhkan 1.3 juta kubik kaki helium untuk bisa terbang ke udara. HAV mengatakan bahwa mereka ingin membuat 12 Airlander di tahun 2018 dan aircraft untuk penumpang bisa mengangkut hingga 48 orang. Pesawat ini membutuhkan lebih dari 200 jam tes penerbangan untuk akhirnya benar-benar bisa diterbangkan secara komersil.

 

Bentuknya Unik dan Sempat Menjadi Bahan Meme

Lo yang lihat bentuknya mungkin bakal ingat dengan “sesuatu”, yap, bentuk unik dari Airlander 10 ini bahkan sampai di buat meme-nya oleh para pengguna internet. Penasaran? Lo bisa cari sendiri di google dengan mengetik “Airlander 10 meme” Urbaners. Lucu banget deh pokoknya, nggak kalah sama meme viral internet lainnya.

Teknologi manusia semakin hebat saja ya Urbaners? Mulai dari robot yang bisa bergerak mirip dengan manusia hingga pesawat super besar dengan bentuk seperti balon yang bisa mendarat di hampir semua permukaan. Siap untuk melihat masa depan yang cerah dengan semua teknologi ini?

 

 

Source: Telegraph.co.uk

Comments
Heni Oen
Airlander 10 dianggap sebagai sebuah bentuk dari air travel masa depan
DITA KURNIA
Pesawat Plus Helikopter