Trending
Kamis, 30 Mei 2019

Ammossi: Aksesoris Eksklusif Para Traveler

  • Share
  • fb-share
Ammossi: Aksesoris Eksklusif Para Traveler

Aksesoris fashion anak gunung yang sudah menjadi gaya andalan eksklusif para traveler atau hiker mungkin seringkali berasal dari brand internasional. Tapi Urbaners tahu nggak kalau ada brand lokal Indonesia yang mengkhususkan diri menjual aksesoris bagi para traveler atau hiker juga? Tentunya dengan kualitas yang nggak kalah saing. Nama brand-nya ialah Ammossi.

 

Jeli Melihat Peluang

Berawal dari hobi mendaki gunung sejak tahun 2010 bersama rekan-rekannya, Ecky Anugrah, pemilik brand Amossi juga hobi nongkrong di toko-toko perlengkapan outdoor. Melihat bahwa hingga 2016 masih belum ada brand lokal yang menjual pernak-pernik khusus pencinta aktivitas outdoor, Ecky pun mengambil peluang dan membentuk Ammosi.

Brand Amossi dibentuk untuk memenuhi gap yang masih ada pada saat itu. Ecky pun memulai kreasinya lewat gelang kulit dan kalung autentik dengan mengangkat tema yang kental akan khasanah Indonesia. Ammossi sendiri diambil dari nama ritual adat masyarakat Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Jeli Melihat Peluang

Meski barang utama yang dijual adalah gelang dan kalung, namun baru-baru ini Ammossi mengembangkan produknya ke kaos, jaket, dan juga tas guna menjangkau pasar yang lebih luas. Harga yang dibanderol pun terjangkau, mulai dari Rp65 ribu untuk gelang hingga yang termahal adalah Rp275 ribu untuk jaket.

 

Menyasar Kaum Urban dan Millennials

Melalui pertimbangan panjang, Ecky menargetkan Ammossi untuk banyak menyasar generasi millennials dengan kisaran umur 20 hingga 35 tahun dari serangkaian produknya. Pembeli Ammossi juga di dominasi 90% oleh pria.

Terlebih, kebanyakan pembelinya pun merupakan kaum urban atau masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Rata-rata yang mengenal Ammossi pun adalah mereka yang suka traveling. Melihat tren saat ini, pembelinya kebanyakan membeli produk kaos dan tas, meskipun gelang dan kalung tetap menjadi ciri khas utama dari Ammossi.

Menyasar Kaum Urban dan Millennials

Berbicara mengenai strategi pemasaran, Ammossi masih banyak mengandalkan media sosial terutama Instagram sebagai pemasaran online-nya. Kalau pemasaran secara offline, Ammossi sudah bergabung ke dalam asosiasi toko outdoor dan mengikuti banyak pameran, seperti di Indofest 2018 dan juga BCA Expoversary 2019. Karena sudah tergabung ke dalam asosiasi, Ecky pun memiliki akses untuk menyuplai produknya ke toko-toko rekanan di dalam asosiasi tersebut.

Di tahun 2019 ini pun, Ecky sedang fokus untuk ekspansi ke banyak mitra toko offline dan menyewa ruang khusus disana untuk memajang produk Ammossi. Dalam waktu dekat ini Ammossi akan meluncurkan website resminya lho, Urbaners!

 

Konsisten Dengan Value

Ecky merancang seluruh konten dan desain dari setiap produknya sendiri, mulai dari motif hingga simbol-simbolnya. Bahkan untuk sebagian produk pun dibuat secara handmade.  Ia pun berkomitmen untuk tetap konsisten mengangkat tema ke Indonesia-annya, karena hingga saat ini banyak pembelinya yang tertarik pada desain dan kemasan yang ia rancang.

Dari hasil pengamatannya, ia menyimpulkan bahwa ada banyak sekali brand asli Indonesia yang berhasil, namun taste yang ditawarkan banyak mengarah kepada taste luar negeri banget, nggak ada ciri khas Indonesia-nya. “Nah, disinilah gue membangun Ammossi dengan khasanah ke Indonesia-an, tapi gak kuno alias jadul dan bisa tetap asyik bagi penggunanya,” ujar Ecky.

Konsisten dengan value adalah kunci Ammossi gigih menghadapi setiap kompetitornya. Nggak melulu harus mengikuti arus pasar yang ada, Ecky pun masih bisa idealis mengembangkan Ammossi karena pemain di ranah ini masih cenderung sedikit sekali.

 

Aksesoris Unik nan Memikat

Aksesoris Unik nan Memikat

Meski kedengarannya jenis produk Amossi itu umum di pasaran, Ammossi punya desain unik yang menjadi ciri khasnya. Adapun artikel yang baru-baru ini dirilis adalah mengangkat “Archipelago Pattern”, desainnya berupa simbol-simbol 7 pulau besar di Indonesia. Desain tersebut diaplikasikan di seluruh produk Ammossi, baik di gelang, kalung, tas, jaket, hingga kaos.

Selain itu, produk Ammossi yang selalu memukau mata para konsumennya adalah kalung yang bandulnya terbuat dari bahan resin. Jadi, kalung ini bisa menyala ketika dalam keadaan gelap alias glow in the dark. Dengan desainnya yang unik layaknya pecahan berlian yang berpadu dengan material kayu dan tali sintetis, nggak heran bila produk seharga Rp75 ribu ini menjadi salah satu produk terlaris.

Selain kalung glow in the dark, Ammossi juga menjual kalung yang bandulnya bisa berfungsi sebagai peluit. Bandulnya terbuat dari stainless steel dan menggunakan tali sintetis berlapis. Jadi ketika lo merasa tersesat di hutan, lo bisa banget langsung menggunakan kalung peluit yang dibanderol seharga Rp125 ribu ini untuk memberi sinyal.

Setiap produk apparel Ammossi diproduksi dengan menggandeng produsen dari Bandung. Namun, untuk produk aksesoris diproduksi sendiri oleh Ecky bersama para pengrajin Ammossi. Rata-rata Ecky membutuhkan waktu minimal 3 bulan untuk meluncurkan produk atau desain terbarunya.

Saat ini kantor pusat Ammossi berada di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat. Selain menjadikan kantornya tersebut sebagai tempat produksi dan display produk Ammossi, ternyata Ecky juga menjadikannya rumah sekaligus gudangnya lho, Urbaners!

 

Bahu-membahu

Bahu-membahuGak hanya seorang diri, Ammossi pun dibesarkan oleh dukungan istrinya. Masing-masing memiliki tugas yang berbeda, Ecky memegang pengembangan produk dan pemasaran, sementara istrinya yang mengelola keuangan dari bisnis Ammossi.

Di tahun 2018, Ecky dan istrinya pun memutuskan untuk merekrut 1 orang pegawai sebagai tenaga sales di Ammossi. Komposisi tim intinya berjumlah 3 orang, namun Ecky juga menggunakan jasa freelancer untuk mengurusi video dan desain ketika kerjaannya sedang padat dan nggak bisa diselesaikan sendiri.

Setelah berjalan selama 3 tahun lebih, banyak pencapaian yang sudah diraih oleh Ammossi, contohnya adalah dukungan produk gelang bagi pemeran film Negeri Dongeng, lalu membuat produk kolaborasi dengan federasi panjat tebing di Indonesia, dan Ammossi pun sempat menjadi finalis 20 besar pada ajang kompetisi startup nasional bernama The Big Start Indonesia Season 2 pada tahun 2017. Wah hebat sekali ya!

Kalau lo mau kepoin produknya Ammossi, langsung aja intip penampakannya di akun Instagram @ammossi atau @ammossi.shop. Selamat bertualang, Urbaners!

 

Comments
Sadam Husaeni tulloh
Mantappppppp
RACHMAN EFFENDI
aksesoris yang sangat keren pastinyaa