Trending
Jumat, 20 November 2020

Berbagai Bentuk Thanksgiving Culture di Berbagai Belahan Dunia Termasuk Indonesia!

  • Share

Buat west culture di luar sana – bulan November cukup identik dengan satu perayaan yang dinilai hangat. Hal ini dikarenakan dengan perayaan tersebut, seseorang bisa bersama orang-orang terkasih melewati satu malam di hari terakhir di bulan tersebut dengan meja makan yang penuh dengan menu-menu menggugah selera. Apalagi kalau bukan Thanksgiving!

Terkait dengan meja makan yang penuh dengan menu-menu luar biasa, sampai-sampai Thanksgiving cukup lekat dengan menu ayam kalkun panggang. Lo bisa bayangin bagaimana besarnya ayam kalkun utuh dipanggang dan disajikan utuh juga di atas meja makan.

Tapi terlepas dari bentuk atau secara visual bagaimana Thanksgiving dirayakan, apakah di antara lo semua yang sedang membaca artikel ini tahu sebenarnya apa inti atau substance dari Thanksgiving? Tenang bro, kalau belum tahu, di bahasan kali ini lo bakal tahu apa substance dari perayaan ini.

Jika ditelisik lebih dalam, bulan November di west culture biasanya waktu di mana musim panen datang. Di mana para petani di sana – sedang memanen hasil yang mereka tanam sebelumnya. Melimpahnya hasil panen patut mereka syukuri.

Nah, substance dari perayaan Thanksgiving dengan meja makan yang penuh dengan menu-menu luar biasa, itu sebagai tanda, simbol, sebagai rasa bersyukur mereka terkait hasil panen yang melimpah. Substancenya adalah mereka bersyukur kalau hasil panen dan orang-orang terkasih bisa berkumpul bersama.

Eits, lo sudah kepikiran mau ajak gebetan buat ngerayain Thanksgiving, nih?

Kalau dari substance seperti itu, sebenarnya di budaya Indonesia – sudah terbiasa dengan hal-hal seperti itu, nggak sih? Misalnya nih bro – ketika lo bekerja di tempat baru dan mendapatkan gaji pertama – biasanya pasti digunakan untuk traktir teman-teman, gebetan, pacar atau siapapun yang dekat dengan lo – sebagai wujud syukur lo sudah menerima hasil dari pekerjaan yang sudah lo lakukan.

Well, konsep bersyukur ini sepertinya either di west culture atau east culture sepertinya nggak terlalu jauh berbeda. Makan-makan bersama, jadi simbol dari rasa bersyukur itu tadi. That is the substance, bro!

Nah, di berbagai belahan dunia lainnya – masih banyak lho bentuk perayaan yang secara substance mirip dengan Thanksgiving. Penasaran seperti apa saja bentuknya? Buat tahu selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Thanksgiving di Indonesia: Sangat Beragam!

Inti dari perayaan thanksgiving adalah rasa bersyukur buat hasil panen yang melimpah. Masih ada bentuk rasa bersyukur yang lain dan unik bro!

Credit Image: kompas.com

Pacu Jawi yang biasanya dilakukan oleh publik di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat – sehabis panen, mereka biasanya mengadakan lomba seperti karapan sapi – di mana ada penunggangnya dan balapan sapi di lapangan yang berlumpur.

Segala keseruan yang ada, baik dari publik yang ramai datang menonton acara tersebut, makan-makan yang ada di acara itu juga – semua bentuk dari rasa bersyukur mereka kalau panen sudah selesai dan mereka mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kalau di tanah Jawa, yang cukup populer adalah Grebeg Syawal dan Sekaten di Yogyakarta, Seret Taun di Jawa Barat, sampai Festival Dewi Sri di Bali – semuanya berkaitan dengan substance bersyukur tadi. Wah seru banget ya bro!

 

Makan Kue Mochi di Jepang!

Inti dari perayaan thanksgiving adalah rasa bersyukur buat hasil panen yang melimpah. Masih ada bentuk rasa bersyukur yang lain dan unik bro!

Credit Image: viator.com

Lain di Indonesia – lain di Jepang – setiap bulan Maret pada tanggal 15 – Jepang punya salah satu festival yang cukup menarik banyak wisatawan buat mampir ke Jepang. Honen Matsuri adalah ritual buat mereka yang menganut agama Shinto, di mana mereka meminta kepada kepercayaan mereka buat panen yang melimpah untuk beberapa bulan mendatang.

Nah di perayaan ini, nantinya para pemimpin Shinto bakal membagikan kue mochi atau kue beras nih! Wah penasaran serunya seperti apa nggak bro?

 

Blessing of The Sea di Yunani!

Terakhir! Dari tanah para dewa-dewi sesuai kepercayaan mereka, publik Yunani punya perayaan dengan nama Blessing of the Sea di mana perayaan ini bakal digelar tiap tanggal 6 Januari. Di perayaan ini, bakal ada pemimpin agama yang melempar salib ke dalam laut.

Nah nantinya ada relawan, biasanya laki-laki yang akan melompat dan bersaing untuk mendapatkan salib tersebut, bro. Nah, siapapun yang dapat – konon katanya bakal mendapatkan berkah dan keberuntungan untuk waktu-waktu ke depannya.

Wah seru ya perayaan bersyukur yang mirip dengan Thanksgiving! Kalau punya kesempatan buat nonton langsung perayaan tersebut, lo mau pilih perayaan yang mana nih bro?

 

Feature Image – metro.co.uk

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!