Trending
Rabu, 23 November 2022

Bluesky Social, Platform Media Sosial Baru dari Eks-CEO Twitter

  • Share
  • fb-share
Bluesky Social, Platform Media Sosial Baru dari Eks-CEO Twitter

Di saat miliarder Elon Musk mengakuisisi Twitter secara sepenuhnya, mantan pendiri sekaligus CEO platform tersebut, Jack Dorsey, langsung memperkenalkan media sosial terbaru miliknya bernama Bluesky Social.

Mengutip lansiran dari Business Insider, pengguna baru yang sudah menggunakan Bluesky diharapkan menjalani tahap pengujian beta. Bahkan setelah dua hari pengumuman rilisnya, mereka mengklaim sudah ada 30 ribu akun yang telah sign up.

Sampai saat ini Bluesky menjalani uji coba protokol aplikasi, di mana Bluesky rencananya menggunakan jaringan sosial gabungan yang dijalankan beberapa situs, yaitu Authenticated Transfer Protocol (AT Protocol). Salah satu nilai jual utama Bluesky adalah tentang teknologi canggih tersebut yang akan memberikan kendali para pengguna atas algoritma mereka sendiri.

Proyek besar Bluesky adalah semacam proyek media sosial open source yang menghubungkan platform media sosial saat ini dan masa depan. Contoh kecilnya saja kalo lo punya akun Instagram, Facebook, ataupun Twitter, lo juga bisa berinteraksi dengan mereka juga melalui Bluesky. Yahoo Finance juga berbagi opini bahwa Bluesky bakal menjadi jaringan media sosial yang terpisah dengan sistem kurasi dan moderasi sendiri tapi tetap berinteraksi satu sama lain.

Bluesky dibangun dengan perangkat lunak open source yang mengartikan bahwa enggak ada perusahaan lain yang memilikinya. Jack Dorsey sedang menyiapkan tim khusus terdiri dari lima pembuat kode yang ditugaskan untuk membangun sebuah platform sampai membuat algoritma sendiri, yang fungsinya akan mengontrol apa yang dilihat ketika pengguna sedang aktif menggunakan akunnya.

Keunggulan dari segi bisnis Bluesky di antaranya  mereka punya tim pengembangan sendiri tanpa adanya saham pengendali yang dipegang oleh Twitter. Yayasan pengembangan juga menyadari bahwa sikap kemandirian menjadi unsur paling penting dalam keberhasilan proyek.

Media sosial berbasis blockchain ini diisukan menjadi pesaing berat Twitter. Sempat dikabarkan juga kalo Bluesky adalah wujud solusi dari kegagalan Twitter. Dorsey mengunggah sebuah tweet menggambarkan Bluesky sebagai pesaing perusahaan mana pun yang mencoba memiliki dasar-dasar yang mendasari media sosial atau data orang-orang yang menggunakannya.

Menurut lo apakah Bluesky bisa bersanding dengan platform media sosial favorit lainnya? Bagikan komentar lo di bawah ya!

Kunjungi situs resmi mldspot.com dan kumpulin MLDPOINTS lo sebanyak-banyaknya. Banyak hadiah keren mulai dari iPhone, PS5, sampai official merchandise MLDSPOT bisa lo dapetin gratis, Bro!

Comments
Dimas Rifqi
Nice article
RIZKY ARI PUTRA NUGRAHA
Bluesky Social