Trending
Selasa, 20 Oktober 2015

Coffee Roasting untuk Penikmat Kopi

  • Share

Lo penikmat kopi sejati? Tapi lo sering banget menikmati kopi lo di café, bar dan juga restoran kopi lainnya? Itu sudah nggak jaman! Lo harus coba bikin kopi dari hasil kreasi lo sendiri Urbaners. Lo bisa panggang kopi dan lo proses sendiri di rumah sampai bisa menjadi secangkir kopi yang sangat sedap dan beraroma harum. Gimana caranya lo bisa bikin kopi sendiri?

 

Alasan kenapa lo harus Coffee Roasting sendiri di rumah

Alasan yang utama adalah menghemat keuangan lo. Selain itu, lo bisa merasakan sensasi dari rasa kopi asli yang sebenarnya. Kopi asli bakalan berada di puncak rasanya kalau didiamkan setelah 12 sampai 24 jam setelah dipanggang. Urbaners, lo juga harus merelakan kalau minum kopi di cafe, rasa asli kopinya sudah hilang karena rasa asli dari biji kopi 40 % bakalan hilang setelah disimpan dalam kurun waktu 2 minggu saja.

Urbaners, memanggang kopi itu memang harus dibutuhkan alat khusus biar kopinya matang dengan sempurna sampai kedalam. Jangan khawatir, lo bisa memanggang kopi lo sendiri dirumah dengan panci ditaruh diatas kompor atau dengan loyang yang lo taruh di dalam oven dan lo juga bisa pakai mesin untuk membuat popcorn.

 

Cara memanggang kopi

Urbaners, biji kopi kalau udah dipanggang bakalan berubah dari warna aslinya. Warna yang terbaik dari biji kopi ini adalah coklat tua, dimana proses memanggangnya dengan api kecil biar keseluruhan biji kopi ini matang. Kebanyakan orang nggak sabaran dalam memanggang biji kopi, oleh karena itu biji kopi yang mereka dapat itu cenderung berwarna hitam. Dari warna hitam ini, isi kopi ini nggak matang sepenuhnya. Jadi diluarnya gosong dan di dalamnya belum matang.

Cara memanggang kopi dengan menggunakan penggorengan lo harus dimulai dari memasukkan kopi kalau temperaturnya emang benar-benar panas banget. Lalu lo aduk terus-terusan, jangan berhenti. Kalau tangan lo capek banget, lo bisa pakai kain dan yang perlu lo lakuin hanya menggoyang-goyangkan penggorengan lo. Jangan sampai kopi itu berdiam dipenggorengan terlalu lama. Ntar bisa-bisa kopinya nggak matang merata.

 

Tahap selanjutnya untuk menyajikan secangkir kopi nikmat

Urbaners, sebelum lo santai menikmati kopi, lo harus melengkapi beberapa tahap dalam proses pembuatan bubuk kopinya. Tahap yang pertama sudah lo selesaikan, yaitu tahap memanggang kopi. Setelah itu lo bsia menggiling kopinya, dan yang terakhir lo bisa menyeduh kopimu. Dari proses tahap awal hingga akhir ini, buat lo yang memang benar-benar pencinta kopi lo bakalan merasakan suatu pengalaman baru yang menyenangkan.

Urbaners, lo sudah bisa memanggang kopimu sendiri dirumah dengan cara yang kita sudah jelaskan diatas. Sebagai penikmat kopi, lo wajib mencobanya loh karena lo pasti ketagihan menikmati aroma kopi asli waktu dipanggang. Selamat mencoba!

Baca Juga : 7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak di Pagi Hari

 

Source: jpwcoffee.com, lintaspos.com , idyllwildcoffeeroasters.com ,  www.jpwcoffee.com

 

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!