Trendings
Minggu, 10 Maret 2019

Eric Novianto Setiawan, Angkat Keunikan Pariwisata Indonesia Di Ajang Mister Tourism World

  • Share

Nggak perlu diragukan lagi, keragaman dan keunikan pariwisata Indonesia memang jadi primadona di mata dunia. Nah Urbaners, ada banyak cara yang bisa lo lakukan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia biar makin maju. Inilah contoh yang dilakukan oleh Eric Novianto Setiawan.

Melalui kompetisi internasional Mister Tourism World 2018, pria asal Jakarta ini memperkenalkan keunikan serta potensi wisata bahari di Pulau Pahawang, Lampung. Pulau Pahawang memang terkenal karena panorama bawah laut yang memukau para turis lokal dan mancanegara. Hasilnya, ia berhasil menyabet gelar 4th runner-up Mister Tourism World 2018 dan juga Best National Costume, lho!

 

Perjalanan Panjang mengikuti Mister Tourism World 2018 di Roma, Italia

Perjalanan Panjang mengikuti Mister Tourism World 2018 di Roma, Italia

Perjalanan Eric mengikuti kompetisi bergengsi di Roma berawal dari keikutsertaannya di ajang Mister Indonesia pada tahun 2017. Mister Indonesia merupakan kontes yang diadakan oleh IMP Organization sejak 2014 untuk mendorong generasi muda menjadi pribadi yang percaya diri, berwawasan tinggi, serta memiliki skill komunikasi yang lebih baik. Para pemenang dari Mister Indonesia akan menjadi wakil Indonesia dalam beberapa kontes pageant Internasional lain, seperti Mister Supranational dan Mister Universal Ambassador.

Saat itu, Eric Novianto mewakili Provinsi Bangka Belitung dan menjadi salah satu kontestan yang diunggulkan. Ia mengenakan baju adat dengan tema vanka kreasi Pablo Iskandar. Sedari awal, ia juga mengusung misi untuk mempromosikan Bangka Belitung sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Berkat performanya yang meyakinkan, ia pun berhasil menyabet juara 2nd Runner Up Mister Indonesia, dan berhak mewakili Indonesia dalam ajang Mister Tourism World 2018.

 

Suka Duka di Ajang Mister Tourism World

Suka Duka di Ajang Mister Tourism World

Selama mengikuti kompetisi Mister Tourism World di negeri pasta, Eric mengakui ada banyak hal yang menjadi tantangan. Ia harus mempersiapkan kebutuhan pakaian fashion show dari jauh-jauh hari, melatih mental agar kuat bersaing dengan puluhan kontestan lain dari berbagai negara, menjaga kebugaran tubuh, hingga mempelajari Bahasa Inggris agar semakin fasih dalam berkomunikasi.

Walaupun begitu, Eric nggak pernah mengeluh. Ia merasa bahwa tantangan-tantangan baru ini menjadi pengalaman pembelajaran yang nggak terlupakan. "Banyak hal yang gue rasakan selama di Roma, salah satunya adalah bisa punya teman dari berbagai negara. Pergi ke Roma juga adalah mimpi yang jadi nyata, karena ini pertama kalinya gue menginjakkan kaki di Eropa," tutur pria yang hobi berenang dan nge-gym ini.

Salah satu hal paling berkesan bagi Eric adalah ketika para kontestan ditantang untuk merasakan sensasi pariwisata di Roma dengan semua fasilitas yang disediakan. Panitia penyelenggara telah menyediakan 1 hari full, dimana para kontestan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Eropa yang mengharuskan naik kendaraan umum seperti bus umum, Metro, kereta, dan sebagainya.

 

Promosikan Keindahan Bahari Lampung

Promosikan Keindahan Bahari Lampung

Di ajang Mister Tourism World, Eric banyak memaparkan tentang potensi pariwisata Pulau Pahawang di Lampung. Ia memilih Pulau Pahawang karena namanya sebagai ikon wisata bahari belum sepopuler wisata laut lainnya di Indonesia. Salah satu yang ia lakukan adalah mempresentasikan beberapa solusi untuk mengembangkan potensi pariwisata Pulau Pahawang, namun tetap menjaga kualitas lingkungan agar kekayaan alam tidak rusak. Selain itu, di gelaran fashion show, Eric juga mempromosikan  dan menggunakan berbagai baju adat Indonesia, mulai dari baju adat yang berasal dari pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi hingga Papua.

Ia mengungkapkan, “Salah satu masalah besar di bidang industri pariwisata Indonesia saat ini adalah kurangnya pengetahuan atau kurang pedulinya masyarakat terhadap sustainable responsible tourism, yaitu praktik pengelolaan pariwisata yang bertanggung jawab. Jika dibangun dan dikelola dengan baik, destinasi wisata akan lebih terjaga dan bisa memberikan dampak positif dalam jangka waktu yang lama.”

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya industri pariwisata, Eric terus menjalin kerja sama dengan KBRI Roma, Mister Tourism World Organization, dan Kementerian Pariwisata untuk mengkampanyekan Sustainable dan Responsible Tourism. Eric mengaku siap membantu KBRI Roma dan Dinas Pariwisata dalam kegiatan apa pun yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Tak hanya itu, Eric juga  menggunakan akun media sosialnya (@erich_ns)  untuk mempromosikan pariwisata Indonesia agar semua orang dapat mengenal Indonesia. Pria penyuka warna biru ini beranggapan bahwa kekuatan media sosial saat ini menjadi senjata ampuh untuk melakukan promosi yang dapat menjangkau kalangan luas dari berbagai usia dan negara mana pun.

Bagi Urbaners yang ingin mengikuti kompetisi di ajang internasional, Eric membagikan beberapa tips biar lo juga bisa mengharumkan nama Indonesia. Pertama, jangan pernah takut dengan bully-an netijen, selalu berusaha stand out dengan memperkenalkan budaya Indonesia kepada siapapun di momen karantina. Selain itu, lo juga harus rendah hati, senyum, dan menyapa setiap orang. Fokuslah pada setiap momen dan lakukan apapun dengan enjoy. Yang terakhir, jangan lupa juga untuk berdoa dan selalu bersyukur. Setuju nggak, Urbaners?

 

Comments

sip mantul....
Luar biasa indonesiaku