Trending
Kamis, 16 November 2017

Film Wage untuk Mengenang WR Supratman

  • Share
  • fb-share
Film Wage untuk Mengenang WR Supratman

Semua orang Indonesia pasti kenal lagu Indonesia Raya, yang selalu dikumandangkan tiap upacara 17 Agustus. Tapi, apa lo tahu gimana sejarah hidup W.R. Supratman, sosok pahlawan yang berjasa dalam pembuatan lagu tersebut? Banyak simpang siur yang beredar tentang kehidupan beliau. Demi menguatkan sejarah tersebut, dibuatlah sebuah film berjudul Wage, yang diambil dari nama depan sang pahlawan.

 

Diangkat oleh rumah produksi asal Jombang

Kisah mengenai Wage Rudolf Supratman oleh sebuah rumah produksi dari Jombang, Opshid Media. Ide untuk membuat film ini diprakarsai oleh M. Subchi Azal Tsani, yang bertindak sebagai Eksekutif Produser. Sementara itu, kursi sutradara di tempati oleh John de Rantau yang sebelumnya sudah pernah menggarap film Denias: Senandung di Atas Awan dan Obama Anak Menteng.

 

Riset yang panjang karena kesulitan merunut sejarah

Dilansir dari situs Detik, baru-baru ini kru film Wage mengadakan “Diskusi Sejarah dan Film Wage Rudolf Supratman” di Purworejo, Jawa Tengah. Dalam diskusi tersebut, John bercerita mengenai kesulitannya dalam merunut sejarah demi pembuatan film ini.

Wage merupakan film kebangsaan tentang sosok kehidupan nyata namun tidak pernah terlihat jelas bagaimana hidupnya, tentang sejarah gelap bangsa Indonesia yang tidak terbuka dengan baik,” ujarnya.

Nggak heran kalau proses riset film Wage memakan waktu hingga tujuh tahun. Selama itu, John berulang kali membaca sumber tertulis yang mengulas sejarah hidup Wage, memburu karya-karya karangannya, hingga mewawancarai ahli waris beliau.

 

Sosok Wage diperankan oleh aktor pendatang baru

Dalam film ini, sosok Wage akan diperankan oleh aktor pendatang baru bernama Rendra Bagus Pamungkas. Ia mengaku sempat khawatir karena merasa kurang merepresentasikan sosok Wage yang seorang seniman, Namun, Rendra akhirnya memantapkan hati untuk memerankan sosok pencipta lagu Indonesia Raya tersebut. Selain Rendra, beberapa aktor dan aktris lain yang juga bakal muncul dalam film Wage ini adalah Prisia Nasution, Teuku Rifnu Wikana, dan Putri Ayudya.

 

Film Wage udah tayang di bioskop Indonesia sejak 9 November 2017 lalu, Urbaners. Buruan ajak teman-teman lo buat nonton bareng sebelum filmnya turun dari layar lebar!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesia.co.id, hot.detik.com 

Comments
AKHMAT KHUDDORI
Diangkat oleh rumah produksi asal Jombang
Sukamto
Yes..mantaf bro