Trendings
Senin, 04 Januari 2021

Gaya Hidup Ramah Lingkungan: Tertarik Untuk Coba Zero Waste Living?

  • Share

Sekarang ini udah banyak orang yang udah sadar dengan lingkungan dan keadaan bumi yang ternyata semakin menua setiap harinya. Mengingat bumi adalah satu-satunya planet yang bisa kita huni, makin banyak muncul gerakan dan organisasi yang mengajak kita untuk hidup lebih peduli dengan lingkungan, bro!

Tanpa kita sadari, banyak kegiatan sehari-hari kita yang ternyata merugikan keadaan bumi, bro. Salah satu gerakan yang mengajak lo untuk mulai menjaga bumi – salah satunya dengan mencoba gaya hidup zero waste. Seperti namanya, gaya hidup ini mengajak lo untuk hidup tanpa sampah!

Sebagai orang yang setiap hari masih bergantung dengan plastik, kebayang nggak, bro, kalau harus hidup tanpa mengeluarkan sampah sama sekali? Penting untuk lo ketahui, coba simak artikel dibawah ini ya, bro!

Bukan Mengurangi Plastik, Tapi Benar-benar No Plastic!

Bisa bayangin hidup tanpa sampah? simak gaya hidup zero waste ini, bro!

Credit image – freepik

Mungkin sekedar gerakan go green atau less plastic bakal mengajak lo untuk mengurangi sampah plastik, tapi di zero waste – lo diajak untuk hidup tanpa plastik, bro!

Memang sih, nggak bisa dipungkiri kita masih menggunakan sampah plastik di kehidupan sehari-hari, tapi di zero waste ini lo sebisa mungkin nggak menggunakan plastik sama sekali, bro. Gimana ya, kira-kira?

Di Indonesia memang belum terlalu banyak, untuk berbelanja lo bisa menggunakan kantong berbahan dasar singkong atau bahan organik lainnya yang lebih mudah larut didalam air – dengan cara ini, lo bisa menggunakan ‘plastik’ tanpa harus merusak bumi, bro!

Untuk keperluan lain seperti packaging dari barang yang lo beli, sebisa mungkin untuk memanfaatkan kembali penggunaan dari plastik, box, dan packaging dari tempat yang lo beli itu, bro – tujuannya satu, biar nggak jadi sampah lagi, bro!

Olah Sampah Bukan Dengan 3R Aja

Untuk memulai hidup tanpa sampah, lo harus mulai mengelola sampah selain dengan cara 3R, bro – alias nggak Cuma reduce, reuse, dan recycle!

Untuk barang dan sampah kering, lo bisa mengakali dengan memanfaatkannya kembali, bro – dengan bikin jadi kerajinan, barang-barang yang kreatif, atau jadi barang lain yang bisa menguntungkan lo, bro.

Kalau dengan sampah kering lo bisa memanfaatkannya dengan recycle, lain halnya dengan sampah basah atau sampah dapur dan makanan, bro. Dari sifatnya yang basah, tentu mengolahnya juga memerlukan effort yang cukup tinggi, bro – dengan cara mengumpulkannya dan membuatnya menjadi pupuk kompos.

Dengan beberapa bulan, lo pasti bisa bikin kebun sendiri dengan pupuk produksi lo sendiri, bro!

Beririsan Dengan Gaya Hidup Minimalis

Bisa bayangin hidup tanpa sampah? simak gaya hidup zero waste ini, bro!

Credit image - newyork post

Sebelumnya, mldspot pernah membahas mengenai gaya hidup minimalis. Dari gaya hidup itu kita belajar untuk menerapkan hidup ‘cukup’ – dengan nggak membeli barang yang berlebihan, maka akan semakin sedikit juga sampah yang akan lo hasilkan, bro!

Kalau lo merasa hidup dengan zero waste terlalu memberatkan, lo bisa mulai dari minimalis dulu, bro – ketika lo sudah bisa menjadi minimalis, baru deh lo upgrade ke zero waste!

Yang paling penting dalam menerapkan gaya hidup ini adalah – lo mau menjaga bumi untuk hidup lebih panjang. Mungkin ketika lo baca ini lo merasa nggak mungkin – tapi harapannya dengan gaya hidup apapun, kita bisa sama-sama menjaga ya, bro!

Feature image - macaubusiness

Comments

oke sekali
Dimulai dari diri sendiri