Trending
Rabu, 29 November 2023

HARI KETIGA IMGS 2023: KEBUTUHAN INSPIRASI TERPENUHI

  • Share
  • fb-share
HARI KETIGA IMGS 2023: KEBUTUHAN INSPIRASI TERPENUHI

Indonesia Millennial & Gen Z (IMGS) Summit 2023 akhirnya mencapai puncaknya. Banyak banget rekam keseruan selama tiga hari beruntun dari 24-26 November 2023 yang tentunya inspiratif dan ninggalin kesan tak terlupakan. Cerita soal pecahnya hari pertama dan kedua, bisa lo baca di artikel sebelumnya. Nah kali ini, gue mau cerita tentang hari ketiga yang nggak kalah "menyala" dan bikin siapa aja yang datang susah move on. Kita mulai yuk.

Jika di hari pertama dan kedua sempat diwarnai hujan, hari ketiga IMGS 2023 diselimuti cuaca yang cerah. Beberapa pengunjung gue liat udah ada yang datang sejak pagi. Kebanyakan yang gue tanya sengaja datang lebih awal karena pengen sekalian nikmatin suasana akhir pekan di Senayan Park yang memang lagi hits belakangan ini. Adanya danau yang menghubungkan Pulau Satu dan Pulau Dua di sini jadi sasaran generasi muda untuk berfoto-foto atau bahkan bikin konten video buat media sosial mereka. 

Nah pas banget, sesi Conference hari ketiga IMGS 2023 kali ini pun menghadirkan banyak narasumber yang membahas soal media sosial. Di sesi pertama ada sesi "The Collaborative Canvas : Empowering Creators and Business Through Reels". Salah satu pembicara yang diundang, Clarissa Putri, nge-share tips gimana caranya maksimalin Reels di Instagram. Menurutnya, untuk jadi konten kreator itu harus autentik dan unik supaya bisa bikin followers betah nonton konten-konten yang kita buat. 

"Kalau aku, gimana caranya penonton mau stay di Reels aku, aku bikin seautentik dan seunik mungkin. Boleh ikut tren, tapi tetap ada value yang lain, yang berbeda. Be authentic, be unique," kata Clarissa. "Aku juga selalu menempatkan diri sebagai audience, mikirin bagaimana posisi kita sebagai audience karena aku pun sendiri masih suka lihat Reels orang. Ini jadi pelajaran aku melihat hal yang ramai di Indonesia, ramai di media sosial," lanjutnya.

Well, setuju sih. Dengan memposisikan diri sebagai audience, kita justru jadi bisa lebih relate dan deket ygy. Nah, lalo kedekatan ini udah terjalin, yakin banget sih akan menciptakan loyalitas sehingga followers juga jadi selalu menunggu-nunggu konten kita berikutnya. 

Sesi conference berikutnya yang mau gue ceritain itu sesinya Deddy Corbuzier. Mengusung topik Speak Up Properly: Scale up Argument Responsibly, Deddy yang ditemenin host Coki Pardede banyak berbagi cerita dan ngajak audience untuk lebih berani berpendapat. Tapi bukan asal berpendapat ya, melainkan harus cerdas juga dalam penyampaian aspirasinya. 

Sepengamatan gue, sesi ini penuh banget loh, Bro. Yakin sih sesi ini adalah sesi dengan jumlah penonton terbanyak selama event IMGS 2023. Soalnya nggak cuma kursi aja yang terisi penuh, sisi kanan kiri Dome juga disesaki penonton yang rela berdiri. Pokoknya emang serame itu deh. Terus yang bikin sesi ini unforgettable, ada segmen debat Deddy versus audience yang ditunjuk secara random. Total ada 6 anak muda yang berani menantang Deddy untuk berdebat. Keenamnya ngomongin topik yang berbeda dan memang relate dengan kondisi yang dialami milenial & Gen Z pada umumnya. 

Meski penuh dengan tawa, canda, dan sedikit bumbu-bumbu kritik, Founder Close The Door ini serius menegaskan kepada audience untuk selalu ingat pada tanggung jawab. Seperti kita tahu, kebebasan berpendapat di media sosial sekarang sering bikin orang lupa bahwa tiap kata yang diucapkan atau diketik bisa aja melanggar kode etik yang ada. Berani berpendapat adalah keharusan, tapi tanggung jawab adalah risiko yang juga jangan dilupakan. 

"Kita sering terjebak membenarkan sesuatu karena terbiasa. Padahal semestinya kita harus membiasakan sesuatu yang benar," tutup Deddy. 

Selanjutnya, suasana juga pecah di sesi Approaching 2024: The Countdown to a New Era. Lo tau siapa yang jadi pembicara di sesi ini? Ada Praz Teguh dan Aldi Taher! Hahaha! Kebayang nggak tuh gimana ramenya. Dan bener dong, meski dia diundang sebagai pembicara, Aldi Taher yang jadi sosok fenomenal 2023 ini malah nyanyi ngebawain lagu “Yellow” dari Coldplay! 

Pokoknya sepanjang sesi, Aldi memang ngehibur banyak orang dengan aksi panggungnya yang kocak-kocak. Tiap kali obrolan lagi mode serius, kelakukan konyol Aldi Taher acapkali membuyarkan talkshow. Praz Teguh pun jadi nggak pernah selesai menyampaikan pendapatnya karena selalu dipotong Aldi Taher dengan lemparan jokes-jokesnya. 

“Bang Aldi ini sebenernya visioner, lho. Indonesia butuh orang-orang begini. Orang capek Senin-Jumat butuh orang-orang begini,” kata Praz. Nah itu dia. Meski penuh gimmick canda, sesi ini sebenernya memberi pesan positif akan pentingnya menjaga mental health. Di tengah padatnya aktivitas lo mengejar mimpi, jangan lupa untuk utamakan keseimbangan hidup. Setuju, Bro? 

 

DITUTUP DENGAN PENAMPILAN MEMUKAU FIERSA BESARI

Rangkaian acara IMGS 2023 pun ditutup dengan manis oleh penampilan memukau dari Fiersa Besari di area Festival. Pokoknya malam itu, Pulau Satu Senayan Parks bener-bener mendadak jadi arena karaoke bersama. Dibuka dengan lagu Pelukku untuk Pelikmu, Fiersa melanjutkan lagu "Lekas Pulih" untuk Feby Putri. Fyi, Feby Putri sebenernya juga jadi performer di hari ketiga ini. Hanya saja musisi muda yang lagi naik daun ini berhalangan hadir karena ibundanya meninggal dunia. 

Fiersa kemudian lanjut bikin galau generasi muda yang datang dengan memainkan alunan piano. Tapi di tengah permainan, Fiersa malah bikin penonton tertawa karena nyempilin kata-kata ‘gwaenchana, I’m fine’ yang lagi ngetren di media sosial. Hahaha! Setelah lagu Garis Terdepan dan Runtuh, Fiersa pun menutup malam spesial kemarin dengan lagu Celengan Rindu. Semua tampak bersemangat sing along, melepas semua energi dan emosi, dan menutupnya dengan sambutan tepuk tangan meriah. 

Menurut gue, acara kayak Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) ini memang harus selalu ada buat generasi muda. Generasi ini butuh wadah untuk bisa bertemu langsung dengan banyak sosok inspiratif. Mereka butuh tempat untuk berbagi wawasan, ide, dan motivasi untuk membentuk masa depan Indonesia. Gimana menurut lo? 

Nah, itu tadi cerita gue, Bro. Gimana dengan pengalaman lo di tiga hari ini? Cerita dong di komen. Biar keinget lagi sama keseruannya, intip akun medsos MLDSPOT. Kita lanjut ngobrol di sana ya. Sampai ketemu di acara-acara inspiratif lainnya, karena di mana ada inspiring event, di situ ada MLDSPOT!



Comments
John Hutabarat
keren abis
Putra Pratama
Mantap bro