Trending
Jumat, 20 September 2019

Ideliasme Menjadi Karakter Pada Album Perdana MLDJAZZPROJECT Season 4

  • Share

MLDJAZZPROJECT Season 4 resmi masuk di industri musik Indonesia! Bertepat di Ecology Bistro Kemang - Jakarta pada 18 September 2019, MLDJAZZPROJECT Season 4 meluncurkan album perdananya. Berisi 10 lagu yang terdiri dari 4 lagu remake yang diaransemen oleh Ronald Steven dan 6 singel ciptaan masing-masing personel dengan Nikita Dompas sebagai music director. Berbagai media --mulai dari radio sampai media cetak-- yang datang sangat antusias mengenai album perdana mereka ini. Seperti apa sih keseruan press conference kala itu? Check this out!

 

Hal Yang Paling Seru Berasal Dari Luar Musik

Puspa bernyanyi saat press conference album perdana MLDJAZZPROJECT Season 4

Lucunya, saat ditanya oleh MC apa hal terseru saat menggarap album perdana mereka ini, Puspallia mengungkapkan bahwa mengenal lebih dekat para personel lain adalah hal yang tak terlupakan. Selama kurang lebih 3 minggu mereka selalu bersama untuk menggarap seluruh lagu yang ada di album tersebut. Selain warna musik, momen itu menjadikan mereka lebih dekat secara personal. Mengetahui karakter masing-masing hingga kebiasaan yang terkadang mengundang tawa. Menciptakan keluarga baru secara instan, itulah momen yang sangat berharga.

 

Ronald Steven Cerita Tentang Tantangan Pembuatan Album Ini

Suasana press conference album pedana MLDJAZZPROJECT Season 4

Puspallia dan Timoti Hutagalung sebagai perwakilan MLDJAZZPROJECT Season 4 dengan ditemani oleh Ronald Steven dan Nikita Dompas selaku music director bercerita bagaimana keseruan proses pembuatan album perdana mereka yang bisa dibilang cukup cepat. Ronald Steven mengungkapkan tantangan terbesar pembuatan album ini adalah bagaimana moderasi lagu pop yang diaransemen ulang menjadi lagu jazz, tetapi masih bisa dinikmati para pecinta musik yang bukan beraliran jazz. Mencari benang merah genre "hybrid" tersebut adalah hal yang cukup tricky. Siapa sangka, lagu yang terdengar cukup simpel yakni "Selepas Kau Pergi" dari Laluna justru menjadi lagu yang paling sulit untuk diaransemen oleh Ronald Steven.

Nikita Dompas berbicara saat Press Conference Album Perdana MLDJAZZPROJECT Season 4

Meskipun Ronald Steven yang mengaransemen ulang keempat lagu remake tersebut, tetapi ia juga memberi kesempatan pada para personel MLDJAZZPROJECT Season 4 untuk elaborate lagu-lagu tersebut dengan style mereka. Ronald Steven yang sudah melakukan pembagian komposisi sekitar 50%, saat rekaman, ia membiarkan para personel mengeksplorasi nada-nadanya sendiri. "Karena jika 100% gue aransemen ulang, nanti namanya jadi 'Ronald Steven Jazz Project' dong?," ungkapnya sambil tertawa.

 

Pembuktian Bahwa "You Are More Than You Think"

Timoti Hutagalung dan Puspallia sedang tertawa saat merespon pertanyaan di MLDJAZZPROJECT Season 4

Setelah itu ada Nikita Dompas yang bercerita tujuan pembuatan lagu ini adalah membuktikkan bahwa MLDJAZZPROJECT Season 4 tidak hanya piawai bermain musik, tetapi juga menghasilkan musik berkualitas. Hal ini didukung oleh pengakuan Puspallia yang bercerita sebelumnya ia tidak pernah membuat lagu. Puspallia tidak menyangka bahwa dirinya bisa menciptakan musiknya sendiri dengan sangat indah. Ini adalah kepuasan yang melebihi apapun baginya.

Timoti juga menambahkan bahwa dengan album ini, harapannya selain dapat menyukai musik mereka, para musisi muda lain juga dapat terinspirasi untuk menciptakan komposisi. Karena menurutnya, hal tersebut adalah sebuah ekspresi untuk memperkenalkan diri lo seutuhnya. Baik untuk orang lain ataupun diri sendiri.

 

Para Tamu Media Sangat Penasaran Dengan Album MLDJAZZPROJECT Season 4 Ini

Salah satu media bertanya pada MLDJAZZPROJECT Season 4

Media yang hadir bahkan lebih banyak dari undangan. Dari 50 media cetak dan radio, tercatat ada 56 yang hadir, ini membuktikkan antusiasme mereka akan MLDJAZZPROJECT Season 4 cukup tinggi. Pada sesi pertanyaan di press conference saat itu saja, para wartawan tidak berhenti menanyakan hal-hal yang membuat mereka penasaran. Salah satunya ada wartawan asal Bandung yang menanyakan beberapa pertanyaan yakni bagaimana mereka membangun chemistry begitu cepat. Mengingat bahwa sebuah band biasanya membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan chemistry. Timoti langsung menjawab dengan raut wajah ceria yang menjadi ciri khasnya, ia mengakui bahwa semua personel MLDJAZZPROJECT Season 4 sudah sering mengikuti jamming session, sehingga sudah belajar untuk fit in sebelumnya. Sehingga tidak sulit untuk mereka yang tadinya tidak mengenal satu sama lain, menjadi satu harmoni dalam MLDJAZZPROJECT Season 4.

Pertanyaan selanjutnya yang menarik adalah setiap musisi memiliki idealismenya masing-masing, lalu bagaimana MLDJAZZPROJECT Season 4 mengatasi hal itu pada pembuatan album perdanya. Timoti kembali mengangkat mic dan menjawab bahwa mereka --MLDJAZZPROJECT Season 4-- tidak mengeliminasi idealisme-idelisme tersebut, malah menjadikannya sebuah karakter. Beruntungnya semua personel diakui sangat kreatif dan profesional, sehingga tidak sulit untuk menyatukan karakter yang beragam tersebut.

 

Playlist Lagu Album MLDJAZZPROJECT Season 4

Buat lo yang penasaran, seperti apa sih album mereka? Ini dia list lagu yang bisa lo intip di digital platform favorit lo!

Pertama                              MLDJAZZPROJECT Season 4

Sakura                                 MLDJAZZPROJECT Season 4

Selepas Kau Pergi            MLDJAZZPROJECT Season 4

Semua Bisa Bilang           MLDJAZZPROJECT Season 4

The Misconductor           Noah Revevalin

Renjana                              Yosua Sondakh

Asa                                      Puspallia

Angry Zayn                         Anggi Harahap

Beautiful Flaw                   Timoti Hutagalung

Kee                                      Hafiz Aga

 

FYI, mereka juga sudah memiliki video klip perdana lho, Urbaners!

 

 

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!