Trending
Selasa, 28 Juni 2016

Ikan Tuna Sirip Kuning, Ikan Termahal di Indonesia

  • Share
  • fb-share
Ikan Tuna Sirip Kuning, Ikan Termahal di Indonesia

Sebagai informasi, harga satu kilo ikan mujair sekitar 20 ribu, lalu ikan bandeng ini sekitar 15 ribu. Tetapi harga sekilo dari ikan tuna sirip kuning adalah 100 ribu sampai 150 ribu. Nggak sampai disitu Urbaners, satu ikan tuna sirip kuning ini mempunyai beratnya mencapai 100 hingga 300 kilogram. Jadi jika ditotal 1 ekor ikan tuna sirip kuning ini, harganya sekitar 400 hingga 600 juta rupiah. Wajar ikan tuna sirip kuning dianggap sebagai ikan seharga mobil Alphard.

 

Tapi sering dicuri

Di daerah selat Makassar di dekat kepulauan Flores, terdapat laut dengan luas mencapai 605 ribu kilometer persegi. Di tengah-tengah laut tersebut, banyak ditemukan ikan tuna. Mulai dari ikan tuna sirip kuning, biru, ikan tuna mata besar, albacore dan beberapa jenis ikan tuna lainnya. Karena letaknya yang sangat besar itu, banyak sekali kapal-kapal asing yang sengaja lewat perairan ini untuk menjaring ikan tuna sirip kuning. Kapal-kapal dari Thailand dan juga Filipina banyak yang tertangkap karena melakukan penjaringan secara illegal.

Nggak hanya dari kapal asing, dari Indonesia sendiri banyak sekali melakukan penyelundupan ikan tuna sirip kuning. Karena harganya sangat mahal, para cukong-cukong ini berani membayar mahal kepada para nelayan. Menurut informasi, harga ikan tuna sirip kuning ini di luar negeri dijual perkilonya sebesar 500 ribu hingga 1 juta.

 

Sangat terkenal di Jepang

Ikan tuna sirip kuning sangat terkenal di Jepang. Orang Jepang yang memang suka dengan makanan mentah, khususnya ikan bisa membayar mahal setiap kilo ikan sirip kuning. Setiap ikan tuna sirip kuning ini biasanya digunakan untuk bahan sashimi. Tetapi nggak sembarangan restoran yang menyajikan ikan tuna sirip kuning. Jadi setiap restoran yang menyajikan sashimi ikan tuna sirip kuning atau biru, biasanya menyajikannya secara eksklusif.

Pengen coba ikan tuna sirip kuning? Lo bisa coba mampir ke restoran Jepang yang ada di daerah lo. Tapi jangan kaget dengan harganya ya.

 

Source : agriculturelibrary.com

Comments
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya
Miftachul Rahardoni
keren banget