Trending
Senin, 09 Mei 2016

Incognito, Band Acid Jazz yang Siap Bikin Mood Balik

  • Share
  • fb-share
Incognito, Band Acid Jazz yang Siap Bikin Mood Balik

Penggemar musik acid jazz mungkin nggak akan asing dengan nama band yang satu ini, Incognito. Band asal Inggris ini mulai terbentuk di tahun 1979 dan hingga kini masih eksis di belantika musik jazz dunia. Beberapa kali bahkan Incognito bolak-balik tampil di Jakarta untuk menunjukkan taringnya, meski kebanyakan personilnya udah berumur. Lantas apa rahasia band ini masih bisa eksis dari dulu hingga sekarang?

 

Mood kembali setelah dengar lagunya

Nama Incognito di dunia jazz mungkin nggak asing lagi bagi pecinta musik jazz Indonesia bahkan internasional. Sebutlah frontman mereka, Jean-Paul ‘Bluey’ Maunick, yang menjadi dedengkot band beraliran acid jazz ini. Selain Bluey, beberapa anggota band lainnya seperti Linda Muriel, Jocelyn Brown, Maysa Leak, Tony Momrelle, Imaani, Vanessa Haynes, Mo Brandis, Natalie Williams, Carleen Anderson, Pamela Anderson, Kelli Sae, dan Joy Malcolm sangat berperan dalam menaikkan popularitas Incognito hingga sekarang.

Perpaduan antara jazz-funk, acid jazz, soul, hingga pop membuat lagu-lagu Incognito terdengar menyenangkan dan mampu mengembalikan mood yang hilang setelah kerja seharian penuh.

 

Sempat vakum 1 dekade

Bluey dan Paul ‘Tubbs’ Williams adalah dua orang yang berjasa membentuk Incognito. Keduanya merupakan pentolan grup disko-funk, Light of the World, yang terkenal di era 1970an. Setelah ngerilis album ketiga, Light of the World mengganti anggota band mereka dan menamakan grup tersebut menjadi Incognito.

Debut Incognito dimulai saat merilis single pertama, Parisienne Girl, dan album debut mereka, Jazz Funk, yang dirilis pada tahun 1981. Sayang, sepanjang tahun 80an, Incognito vakum. Meski vakum, Bluey tetap bikin lagu untuk Incognito dan Tubbs mengundurkan diri dan pindah ke Finlandia.

Berkat Gilles Peterson, seorang DJ yang juga penggemar Incognito, mereka bangkit dari vakum. Peterson yang mendirikan label Talkin’ Loud mengajak Incognito untuk bergabung. Hasilnya, single Always There dirilis pada tahun 1991. Single tersebut jadi hits di Inggris dan acid jazz mulai banyak disukai disana.

Hingga saat ini, sudah ada 16 album yang dirilis oleh Incognito. Yang terakhir berjudul Amplified Soul dirilis pada tahun 2014 lalu. Album ini sempat menduduki urutan kedua tangga lagu jazz Amerika Serikat.

Penasaran dengan lagu-lagu milik Incognito? Lo bisa mulai ngedengerin Always There atau Don’t You Worry ‘bout A Thing yang sempat jadi hits di era 90an. Pasti ketagihan.

 

 

Source: Wikipedia.org, incognito.london

Comments
Trisna
Perpaduan antara jazz-funk, acid jazz, soul, hingga pop membuat lagu-lagu Incognito terdengar menyenangkan dan mampu mengembalikan mood yang hilang setelah kerja seharian penuh.
THIAS HASTININGSIH
Mood kembali setelah dengar lagunya