Trending
Senin, 31 Agustus 2026

Kenapa Adidas Punya Dua Logo? Ternyata Ini Alasannya!

  • Share
  • fb-share
Kenapa Adidas Punya Dua Logo? Ternyata Ini Alasannya!

Lo pasti tau lah kalo Adidas tuh punya dua logo yang ikonik sampai sekarang, yaitu Three-Stripes dan Trefoil. Ternyata, ada maksud tertentu di balik kedua logo ini!

Sekarang, dua logo ini lagi sering diomongin banyak orang. Khususnya karena beberapa klub bola yang kerja sama dengan Adidas menggunakan logo yang berbeda. Kehadiran logo trefoil sendiri kayak ngasih kesan vintage gitu.

Gue mau jelasin alasan kenapa Adidas punya dua logo yang berbeda gini. Scroll sampai bawah ya buat tau infonya!

Diawali Dari Tiga Garis

Jauh sebelum trefoil dan three-stripes muncul, adidas masuk ke industri sepatu olahraga dengan logo yang sebenarnya unik banget. Di mana sepatunya, pake three-stripes tentunya, berada di antara ekor dua huruf D yang membentang ke atas.

Logo tersebut menampilkan nama brand plus tulisan dalam bahasa Jerman, “Sportschuhe” yang berarti sepatu olahraga. Nah, three-stripes yang ada di sepatu pada logo ini secara konsisten dimunculin dalam setiap artikel adidas.

Ternyata, tiga garis ini menjadi ikonik dan nempel banget sama brand adidas. Bahkan sampai sekarang. Kalo ngeliat tiga garis, kita udah langsung mikir brand bikinan Adolf “Adi” Dassler ini.

Enter Trefoil Era

Waktu awal muncul, adidas cuma fokus ngejual sepatu doang. Tapi mereka perlahan melakukan ekspansi dan mulai ngenalin produk-produk apparel. Nah, tepatnya pada tahun 1972, adidas memperkenalkan logo Trefoil-nya.

Logo Trefoil ini terinspirasi dari daun semanggi. Tiga daun dalam logo ini melambangkan peta dunia meliputi benua Amerika, Eropa/Afrika, dan Asia yang disatukan oleh tiga garis ikonik adidas.

Nah, ketika pertama kali digunakan, logo Trefoil sebenarnya cuma dipakai di apparel doang. Makanya, logo ini kebanyakan muncul di beberapa item lifestyle seperti streetwear sampai fashion urban. Empat tahun berselang, barulah logonya digunakan di produk sepatu juga.

Penegasan Lewat Three Stripes

Logo adidas yang kita kenal sekarang baru muncul di era 90’an. Jadi, waktu itu, adidas mulai dapet persaingan yang cukup ketat sama brand-brand olahraga lainnya. Makanya, adidas ngerasa butuh suatu penegasan kalau produknya bisa ngasih perlengkapan yang lebih mantap.

Tiga garis yang membentuk segitiga, atau kita kenal dengan sebutan ‘The Mountain’, ini punya filosofi yang kerena. Di mana adidas ngegambarin olahraga sebagai perjalanan yang penuh rintangan. 

Logo ini diharapkan bisa ngasih motivasi tersendiri buat para atlit saat menghadapi tantangan demi ngejar goals-nya. Oleh karena itu, ‘The Mountain’ sering muncul di item-item yang berhubungan dengan performance. Walaupun, beberapa activewear juga tetap make logo ini.

Comments
No one has commented yet. Be the first to comment on this article!