Trending
Kamis, 04 April 2019

Konsep Splashproof ala Tas Niion: Unik dan Praktis!

  • Share

Unik, keren, praktis. Siapa sih yang nggak mau bepergian ditemani tas Niion? Tas ini bisa jadi alternatif pilihan yang fashionable dengan berbagai macam outfit. Selain terkenal dengan berbagai desain yang unik, tas Niion juga memiliki keunggulan lain, yaitu tas ini dapat dilipat hingga compact dan punya bahan yang splashproof. Bagaimana proses kreatif pembuatan tas ini? Yuk, simak penjelasannya di sini!

 

Latar Belakang Memilih Usaha Kreatif Tas Niion

Latar Belakang Memilih Usaha Kreatif Tas Niion

Kehadiran tas Niion dimulai sejak Mei 2013. Berawal dari founder NIION, Adit Yara, yang pernah bekerja di Singapura dan melihat behavior masyarakat Singapura yang cenderung lebih santai dalam berpakaian saat weekend. “Kalau dilihat-lihat, orang Singapura saat weekdays memilih pakaian yang formal dan tas utama untuk kebutuhan sehari-hari, karena cocok untuk kerja. Lalu, saat weekend, mereka menggunakan tas dan pakaian yang simpel dan kasual,” kata Adit.

Saat kembali ke Indonesia, Adit Yara melanjutkan studi S2 di MBA ITB. Ketika memilih jurusan ini, setiap mahasiswa wajib memiliki bisnis yang dirintis sendiri. Terinspirasi dari gaya hidup orang Singapura, Adit kemudian memilih usaha kreatif jenis tas kasual, dan lahirlah tas Niion pada 2013.

 

Tas Niion, Unggulkan Konsep Fun dan Praktis

Tas Niion, Unggulkan Konsep Fun dan Praktis

Niion sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu Neon dan Nylon. Neon adalah warna-warna yang terdapat di dalam pilihan tas Niion, warna-warna cerah, dan spotlight. Material nylon adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan tas Niion yang kemudian menjadi karakter khas produk. Keunggulan utama tas Niion adalah sifatnya yang splashproof (tahan cipratan air) dan dapat dilipat. Tentunya ini membuat Niion unik, karena banyak tas di pasaran justru akan rusak ketika terkena cipratan air. Niion memiliki teknik pembuatan khusus dan material yang dapat membuat setiap produknya splashproof.

Selain itu, tas Niion memiliki berbagai pilihan desain dan terbuat dari bahan yang less material. Karena unik dan praktis, banyak orang mengandalkan tas ini untuk melengkapi outfit dengan tampilan yang fun dan keren. Nggak perlu takut terkena cipratan air, karena semua barang lo pasti aman di dalam tas Niion, Urbaners!

Tas Niion yang dapat dilipat bukan cuma berfungsi untuk mengikuti tren yang sedang digemari masyarakat saja, tapi juga sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, di berbagai acara lo membutuhkan tas berukuran besar, sementara di kesempatan lain, lo hanya membutuhkan tas berukuran sedang. Daripada membeli dua tas untuk kebutuhan berbeda, lebih baik lo memiliki tas ala Niion yang fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Hal inilah yang membuat tas Niion menjadi unik dan banyak dicari orang: fleksibel, kompak, dan kekinian!

 

Proses pembuatan Tas Niion

Proses pembuatan Tas Niion

Urbaners, semua produk yang dikeluarkan oleh Niion sudah mengalami proses research and development (R&D) yang oke punya, lho. Awalnya, tim kreatif Niion akan memantau dan melihat tren pasar yang kekinian, serta mengantisipasi tren yang akan datang. Setelah menemukan ide, maka mereka akan mematangkan konsep, menciptakan identitas produk, dan memberikan added value yang bisa membuat setiap produk unggul dibandingkan kompetitor lain di pasaran. Ketika memiliki konsep yang matang, tim desainer kreatif akan menuangkannya ke dalam lembar sketsa.

“Nantinya jika proses sketsa selesai, kami akan masuk ke dalam proses pembuatan prototipe untuk membuat dimensi tas yang lebih nyata. Setelah itu, masuk ke proses final, yaitu membuat sampel dengan bahan asli dan dimensi yang sudah disesuaikan,” kata staf Public Relations Niion, Lulu Aladawiya.

Untuk proses pembuatan satu tas Niion, tim desainer membutuhkan waktu 3-7 hari, tergantung dari kesulitan tiap detail tas yang akan dibuat. Setelah itu, proses produksi memakan waktu sekitar 5-7 hari untuk mencari bahan dan material sampai pada proses penjahitan dan pengecekan kelayakan barang hingga tas layak untuk dipasarkan. Jadi, lo benar-benar akan mendapatkan produk yang telah lulus standar tertinggi.

Tas Niion terbuat dari beberapa bahan, seperti nylon polyester, kanvas, dan mika. Keunggulan bahan polyester dan mika bersifat watersplash, sedangkan bahan nylon dapat dilipat secara praktis. Tas ini dijual dengan harga mulai dari Rp129.000 – Rp450.000, mulai dari desain backpack, sling bag, waist bag, pouch, tas laptop, hingga tas poncho.

Menurut Lulu, koleksi tas yang paling banyak diminati saat ini adalah waist dan sling bag yang kekinian di kalangan anak muda. Bestseller Niion adalah tas Hipbag, Lunar Urban, Waister, Lunar Running dan Nui.

“Dalam satu tahun, biasanya kami melakukan dua kali launching, yaitu di awal tahun Summer Season dan Fall Winter saat menjelang akhir tahun,” tambah Lulu. Jadi, buat Urbaners yang mau memiliki tas keren, praktis, dan tahan banting, tas Niion bisa jadi pilihan tepat!

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!