Trending
Kamis, 02 Februari 2017

Kota Besar Dengan Tradisi Imlek di Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi

  • Share

Euphoria Tahun Baru Imlek masih bisa dirasakan. Perayaan yang selalu diramaikan dengan berbagai event serta dekorasi-dekorasi menarik di tempat-tempat umum ini jadi hari yang paling ditunggu masyarakat Tionghoa di Indonesia. Ada banyak ritual yang dipercaya mampu mendatangkan kemakmuran di tahun baru ini. Dan menariknya, beberapa kota di Indonesia memiliki tradisi Imlek yang unik. Dimana saja?

 

Grebeg Sudiro – Solo

Mungkin lo bakal bingung ketika datang di acara Grebeg Sudiro yang diadakan di Solo ini. Pasalnya, meski dilaksanakan untuk memeriahkan Imlek, namun nuansa Jawa terasa sangat kental di acara ini. Arak-arakan gunungan berisi kue keranjang serta aneka hasil bumi digotong oleh masyarakat dengan busana lurik khas masyarakat Jawa. Di belakangnya, di susul barongsai yang jadi kebudayaan khas suku Tionghoa.

Sudiroprajan yang jadi pusat perayaan ini merupakan kampung dimana masyarakat suku Jawa dan Tionghoa tinggal berdampingan dan selalu rukun sejak berabad-abad lamanya. Bila lo pengen nonton tradisi ini, datang saja ke kampung tersebut 7 hari sebelum Tahun Baru Imlek. Acara ini biasanya ditutup dengan Festival Kembang Api yang meriah.

 

Pasar Semawis – Semarang

Tak jauh dari Solo, tepatnya di Semarang, terdapat kawasan Pecinan bernama Pasar Semawis. Di hari biasa, kawasan ini memang sudah ramai. Namun ketika Hari Imlek tiba, kawasan Pasar Semawis akan jauh lebih meriah dibanding biasanya. Banyak berjajar lampion serta beragam dekorasi khas Imlek. Nggak cuma itu, ada juga penampilan wayang potehi (wayang boneka khas Tionghoa), gambang Semarang, jipin, twa kok djwee, hingga kesenian wushu yang diramaikan klenteng pecinan sekitar.

Selain pertunjukan serta ornamen khas Imlek, ada juga beragam kuliner yang wajib lo coba, mulai dari Nasi Goreng Babat hingga makanan non-halal seperti sate babi. Dijamin puas lahir batin.

 

Tatung – Singkawang

Momen Imlek di Singkawang akan sangat meriah, apalagi ketika masuk masa Cap Go Meh, atau 15 hari setelah Hari Raya Imlek. Di Singkawang diselenggarakan event Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara.

Pawai Tatung adalah tradisi yang paling ditunggu di Singkawang. Patung Tatung memiliki penampilan yang cukup menyeramkan. Warga sekitar percaya Tatung akan mengusir roh jahat dari seluruh penjuru kota. Itulah mengapa patung ini diarak keliling kota.

Jadi, menurut lo, mana tradisi yang paling unik dan wajib untuk didatangi?

Comments

Nice lah min
Mantapnyaaaaa