Trending
Sabtu, 26 Oktober 2019

Kreasi Hand Painting Bareng Ornare Industry

  • Share

Memiliki custom item memang bisa menjadi pilihan bagi lo yang nggak suka punya barang pasaran. Untuk memiliki item seperti ini tentunya lo bisa mendapatkannya dengan proses DIY atau meminta tolong pada pada ahlinya. Salah satunya seperti Ornare Industry yang menawarkan jasa customized hand-painted melalui keahliannya dalam melukis pada fashion goods.

Medium yang menjadi kanvas bagi Ornare Industry sendiri meliputi tas, sneakers, kaus, dompet, jaket, dan masih banyak lagi. Lewat jasa custom item ini, fashion goods yang lo punya bisa kelihatan lebih keren, personal, dan tentunya nggak pasaran. Meski begitu, menyediakan jasa custom item bukan satu-satunya kelebihan dari Ornare Industry, lho! Langsung simak aja sisi menarik lain dari Ornare Industry di sini!

 

Lanskap Bisnis yang Terus Berkembang

Jasa custom painting Ornare Industry bisa diaplikasikan pada berbagai bahan dan medium

Saat pertama kali muncul pada pertengahan 2017 lalu, Ornare Industry awalnya memiliki lanskap bisnis yang lebih sederhana. Para pendirinya, Rizki Rizaldi dan Shavierra Arvinda menawarkan jasa custom painting saja. Keduanya hanya menerima barang dari orang lain yang nantinya dipoles dengan teknik hand painting sesuai dengan permintaan gambar yang diinginkan. Fokus bisnis tersebut tentu efektif, tapi rasa puas mereka nggak berhenti sampai situ.

Setelah sekian banyak barang yang telah mereka custom, fokus bisnis Ornare Industry pun kian melebar. Mereka merasa visi Ornare Industry bisa jauh lebih besar dibanding hanya membuat custom barang-barang orang lain saja. Ornare Industry pun akhirnya memutuskan untuk membuat produk sendiri. Mereka menyediakan topi, gantungan kunci, clutch, serta aneka art merchandise lainnya dengan sistem pre-order dan ready stock dengan jumlah yang terbatas.

Lagi-lagi, Ornare Industry terus bertumbuh selama masih diberikan ruang bagi bisnisnya untuk berkembang. Sejak 2018 lalu, Shavierra pun menginisiasi Ornare Industry untuk mengadakan workshop class. Melalui kelas-kelas tersebut, Ornare Industry membagikan ilmu cara pengaplikasian teknik hand painting pada produk-produk pakaian. Nggak hanya ingin menikmati proses ini sendiri, mereka ingin membagikan keseruan proses hand painting sebagai saluran kreativitas yang memiliki daya jual tinggi.

 

Kelas Lukis untuk Kompetensi Kreatif

Workshop class dari Ornare Industry selalu dipenuhi antusias orang-orang yang ingin mengasah kemampuan melukisnya

Proses berbagi kreativitas dari Ornare Industry pada workshop class ini bisa lo temukan sebulan sekali. Ornare Industry bekerja sama dengan Jakarta Creative Hub dalam membuka kelas melukis tersebut.  Meski begitu, Ornare Industry nggak melulu cuman bisa lo temukan di Jakarta Creative Hub saja, kok Urbaners. Soalnya, mereka juga aktif hadir di event atau collaboration lain yang nggak kalah menarik seperti Jakarta Artpreneur, Erlangga Talent Week, sampai BEKRAF Habibie Festival.

Keinginan Ornare Industry untuk membuka workshop ini sejalan dengan tujuan dibentuknya bisnis tersebut, yaitu meningkatkan kompetensi kreatif masyarakat dalam menghasilkan produk handmade. Harapannya, ke depan masyarakat bisa memiliki berbagai skill yang dapat dikembangkan dan bermanfaat dalam kehidupan. Meskipun Ornare Industry bergerak di industri kreatif, tapi mereka justru nggak pelit untuk berbagi ilmu.

Saat ditanya apa nggak takut bertambah saingan di bisnis custom paint ini karena rajin mengadakan workshop class, Ornare Industry justru malah menyambutnya dengan positif. “Kita senang mereka bisa ngejual karya dari hasil workshop. Kalau mereka juga buka bisnis custom painting hasilnya pasti beda dengan Ornare Industry,” jelas Rizki. Ornare Industry justru berharap produk merek lokal bisa berkembang dan lebih dihargai masyarakat.

 

Mencoba Menjangkau Seluruh Kalangan

Ornare Industry turut membantu customer untuk proses kreatif model lukisan apa yang akan dikerjakan

Dari berbagai workshop class yang sudah diadakan, Ornare Industry nggak membatasi siapa saja yang bisa bergabung dengan kelas lukis tersebut. “Jenis workshop dibedakan hanya pada media fashion. Misal khusus yang berusia lebih muda, biasanya kami membuka kelas untuk painting di kaus atau totebag. Kadang kami buka kelas sneakers untuk umum dan rata-rata orang dewasa yang ikut. Kalau pouch kulit dan totebag biasanya langganan ibu-ibu,” papar Rizki.

Ornare Industry punya harapan agar budaya kreatif ini dapat menular dan menjangkau siapa saja. Kalau lo nggak tinggal di Jakarta dan tertarik ikut workshop class mereka, lo cukup rajin-rajin aja cek media sosial Ornare Industry biar nggak ketinggalan info terbaru. Soalnya beberapa waktu lalu Ornare Industry pun sempat melipir ke Bandung. Tentunya, Bandung bukan jadi kota terakhir yang akan mereka sambangi untuk menyebarkan budaya kreatif ini!

Bicara soal Urbaners yang ada di luar wilayah Jakarta, Ornare Industry juga siap menerima jasa custom paint barang kesayangan lo, kok! “Tujuannya bisa cek di Google Maps Ornare Industry dan bisa kirim pakai jasa layanan delivery. Asal setelah kirim barang kasih nomor resi biar kita pantau atau cek via situs jasa tersebut,” ungkap Rizki. Lo ada di Jakarta dan mau lebih instan? Ornare Industry juga terima paket kiriman ojek online!

 

Mendapat Respon Positif atas Usahanya

Customized sneakers jadi salah satu fashion goods paling populer yang ditangani Ornare Industry

Jasa custom painting yang ditawarkan Ornare Industry ini nggak pernah sepi peminat. Menurut Rizki, salah satu alasannya adalah karena harga yang ditawarkan Ornare Industry terbilang cukup terjangkau. Namun, tetap harus dilihat dulu seberapa sulit tingkatan desain dan medium yang dipakai. Belakangan ini pun Ornare Industry nggak hanya melukis fashion goods saja. Barang klien seperti helm, motor, mobil, sampai koper juga bisa mereka sulap menjadi jadi lebih artsy!

Selain harga yang miring dan fleksibelnya medium kanvas, pengalaman pada workshop turut membantu proses pemasaran Ornare Industry. Berbagai trik yang diajarkan, penjelasan soal betapa mudahnya melukis di medium outerwear, serta cara mudah buat pelukis pemula untuk paint like a pro membuat ‘murid-murid’ yang pernah mengikuti kelas tersebut bisa datang kembali sampai berkali-kali.

Adanya antusias dari masyarakat membuat Ornare Industry punya harapan jangka panjang akan usahanya. Ornare Industry ingin sekali punya studio dan ruang ruang workshop pribadi. “Kalau bisa itu studio satu bangunan sama rumah pribadi. Jadi customizer yang datang juga kaya bertamu ke rumah teman atau kerabat bawaannya chill,” sahut Rizki yang punya keinginan pribadi agar Ornare Industry bisa berkolaborasi dengan merek sepatu kenamaan, Vans.

 

Comments

Kreasi yang sangat bagus
Keren banget nih!